Terkena Kanker Hakim Agung Ruth Bader Ginsburg Tutup Usia

441

Who were we mourning over the weekend?

RIP Hakim Agung Amerika Serikat, Ruth Bader Ginsburg (RBG). 
Hakim Agung Ruth yang juga dikenal dengan inisialnya RBG baru aja meninggal pada Jumat lalu diusianya yang ke-87 tahun karena penyakit kanker pankreas. Ginsburg pertama kali diangkat jadi Hakim Agung Amerika Serikat sejak tahun 1993, dan merupakan perempuan kedua yang menduduki posisi tersebut di AS.
Selama hidupnya, RBG dikenal vokal dalam menyuarakan kesetaraan gender dan berbagai isu progresif lainnya kayak hak aborsi, pernikahan sesama jenis, imigrasi, dan kesehatan. RBG sendiri sering banget mengalami diskriminasi gender di bidang kerjanya yang emang sangat didominasi sama laki-laki. Jadi sejak awal lulus dari Columbia Law, RBG yang juga lulusan terbaik itu sempet susah nyari kerja sebagai pengacara. Dalam wawancaranya, RBG menyebut bahwa hal ini nggak lain karena latar belakangnya yang seorang Jewish, perempuan, dan ibu. Despite everything, she managed to soar high in her career
Advertisement
 dan pada tahun 1993 itu, beliau dinominasikan jadi hakim agung sama Presiden Bill Clinton. Sepanjang hidupnya, RBG banyak meninggalkan “warisan” terkait kesetaraan, salah satunya adalah beliau jadi sering “ngajarin” perspektif gender pada rekan kerjanya yang cowok-cowok. Menurut RBG, pengalaman ini bikin dia merasa punya peran sebagai “guru TK”.
Bagi RBGa meaningful life is ‘living not for oneself, but for one’s community’.
Advertisement