Temuan Paket Berisi Racun Di Gedung Putih Amerika

23

When you’ve been receiving new packages for the 121821th time this month…

Yep, makin lama di rumah, makin sering juga kita nerima paket dari…online shop. We’re soooo guilty as charged. 
 
OK…
Nah kali ini, kita juga lagi mau bahas soal paket-paketan di Istana Merdekanya Amerika Serikat, Gedung Putih, yang baru aja menerima paket juga. But a quite unpleasant one.
What package?
Jadi paket yang ditujukan buat Presiden Donald Trump dan nyampe ke White House minggu lalu itu ternyata mengandung risin, yang merupakan racun. Diduga kuat bahwa paket ini datang dari Kanada.
 
WHOAAA…
Yep, menurut keterangan dari pihak keamanan AS, dijelaskan bahwa paket-paket yang mau masuk ke White House biasanya di-screening dan dites dulu, dan setelah dua kali melewati prosedur pemeriksaan, ketauan lah bahwa paket ini beracun.
OMG….Does Canada have a say, though?
Yep, Juru bicara Menteri Keamanan Publik Kanada Mary Liz-Power menyebut bahwa pihaknya sudah mengetahui terkait penemuan ini. Beliau juga bilang bahwa Kanada udah menjalin kerja sama dengan pihak keamanan AS untuk menyelidiki kasus ini secara lebih jauh. Selain itu, karena proses investigasinya sedang berlangsung, mereka nggak bisa komentar lebih banyak.
Wait, what is this “ricin” thing like?
Jadi, Ricin itu semacam racun alami yang dibuat dari castor beans. Racun ini biasanya digunakan ketika mau melakukan teror ke orang lain dan bisa berbentuk bubuk, pellet, kabut, atau acid form. Kalau sampe kemakan, racun ini bisa menyebabkan mual, muntah, dan pendarahan pada perut dan usus yang akhirnya bisa menyebabkan gagal hati, ginjal, hingga meninggal.
OMG, ngeri juga.. 
Yep.  Menurut pihak berwajib, ditemukan juga beberapa paket yang sama di wilayah Texas. Diduga juga, paket-paket ini dikirimkan dari orang yang sama dari Kanada. Terkait penemuan ini, pihak FBI, Secret Service dan US Postal Service lagi menginvestigasi lebih jauh dan menyatakan bahwa so far, paket-paket ini tidak mengancam keamanan publik.