Pilkada Serentak Tetap Digelar Tahun Ini, Menteri Keuangan “Ibu Sri Mulyani” Prediksi Ekonomi Indonesia Negatif 1 Persen, Riset Kepribadian Orang Di Lingkungan Kerja “Kamu Yang Mana?”, Suka Pakai Aplikasi “ZOOM” Kaaan? Omsetnya Gak Main-main Gengs

36

What’s ooooone party that is not cancelled due to Covid-19?

Sumber foto: Indeksnews.com

Wait, there is?
Yep. Everyone, meet: Pilkada Serentak 2020. Pilkada Serentak 2020, meet: everyone.

Why is it a party? 
Yha kan pemilu itu pesta demokrasi HEHEHE also it will be held secara serentak dalam satu hari di 270 daerah di seluruh daerah di Indonesia, so, it’s prettty much….huge. FYI kalo kamu mau ngecek apakah daerah tempatmu tinggal menggelar Pilkada Serentak atau enggak, you can check it here.

I see. Now tell me more about it.
Jadi guys, Pilkada Serentak ini bakal memungkinkan kamu yang tinggal di ratusan daerah tadi untuk memilih pasangan bupati/wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota, sampe gubernur dan wakil gubernur. Awalnya, Pilkada Serentak ini bakal digelar pada 23 September, tapi yha karena Covid-19, penyelenggaraan Hari H aka pencoblosannya diundur ke 9 Desember nanti.
So you tell me this because…
Well, secara Pilkada ini tahapannya panjang banget sampe nanti kamu nyoblos, we think you might interested on where we are right now. Saat ini, Komisi Pemilihan Umum aka KPU lagi bersiap menerima pendaftaran calon kepala daerah karena proses tersebut bakal digelar pada 4-6 September mendatang. Yang menarik…

Apa tuh…

Yha calon-calonnya. Jadi dalam Pilkada kali ini bakal ada beberapa nama yag mungkin gak asing buat kamu. Adapun yang udah hampir pasti bakal daftar sih anaknya Pak Jokowi, Gibran Rakabuming yang bakal daftar jadi Wali Kota Solo. Ada juga mantunya Pak Jokowi, Bobby Nasution yang kabarnya bakal maju di Pilkada Medan, Ponakannya Menhan Pak Prabowo, Rahayu Saraswati yang maju di Pilkada Tangerang Selatan, anaknya Wapres Pak Kiai Ma’ruf Amin namanya Siti Nur Azizah yang juga bakal maju di Tangerang Selatan, sampe aktor Adly Fayruz yang juga bakal maju di Pilkada Karawang.

I see. Terus abis pendaftaran ada apa?

Abis pedaftaran, KPU sebagai pihak panitia di masing-masing daerah bakal memproses berkas-berkas pendaftarannya untuk mengecek apakah para bakal calon ini memenuhi syarat apa enggak. kemudian pengumuman bakal calon yang sah bakal dilaksanakan pada 23 September, abis itu mulai deh masa kampanye.
Hah kampanye lagi Covid-19 gini aman?
Yha dari KPU sih mereka mengimbau supaya para calon lebih banyak kampanye lewat sosial media dan daring untuk memperkenalkan program kerjanya. Menurut Komisioner KPU Pak Viryan Azis, pokoknya formulanya sederhana, yaitu kegiatan offline, kemudian dipindahkan ke online. Beliau juga meminta jajarannya di KPU daerah untuk lebih memanfaatkan sosial media sebagai wadah untuk sosialisasi dan berkomunikasi dengan masyarakat.

What’s been predicted by international organizations? 

Sumber foto: cnnindonesia.com
Indonesia’s economy. 
 
What’s the prediction?
Kata Menteri Keuangan RI Ibu Sri Mulyani beberapa lembaga ekonomi dan keuangan internasional udah memproyeksikan bahwa ekonomi Indonesia bakal minus di akhir tahun ini. Padahal sebelumnya, proyeksinya masih positif. Hal ini disampaikan Bu Ani saat lagi meeting sama DPR RI kemarin.
Whoaaaa siapa yang memprediksi gituuu? 
Pertama, ada Asian Development Bank aka Bank Pembangunan Asia (ADB) yang memprediksi bahwa ekonomi nasional kita bakal tumbuh positif 2,5 persen di tahun ini. Nah, terus angka tersebut diganti ke negatif 1 persen.  Kedua, Dana Moneter Internasional (IMF) juga mengganti prediksinya yang awalnya menyebut bahwa ekonomi domestik akan tumbuh 0,5 persen jadi minus 0,03 persen.
Go on…
Ok. Third, Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) yang awalnya memprediksi kalau ekonomi Indonesia bakal tumbuh positif sebanyak 4,8 persen, juga merevisi prediksinya jadi minus 3,9 – minus 2,8.
Gaada yang prediksinya positif?
Yhaa ada, yaitu prediksinya Bank Dunia yang di angka 0 persen. Bu Ani menyebut, awalnya perkiraan Bank Dunia berada di kisaran -3,5 persen sampai positif 2,1 persen pada 2020, namun kini jadi 0 persen.
 
Kalo pemerintah sendiri prediksinya gimana?
Kalo dari Pemerintah Indonesia sih pertumbuhan ekonomi masih ada di antara 0,2 persen sampai minus 1,1 persen di tahun ini. Beliau juga merinci bahwa prediksi pertumbuhan konsumsi rumah tangga hanya akan berada di kisaran 0 persen sampai minus 1,3 persen. Lalu, konsumsi pemerintah di kisaran 2 persen sampai 4 persen.
Terus kapan naiknya? 
Tahun depan. Menurut Bank Dunia sih, diprediksi ekonomi Indonesia tahun depan bakal pulih di 4,8 persen. IMF juga menyebut pertumbuhannya bakal di angka 6,1 persen, dan ADB memprediksi di 5,3 persen.
Good to know. Anything else?
Well, Bu Ani juga memaparkan bahwa semua prediksi ini tergantung banget sama skenario penanganan Covid 19 berhasil atau nggak dan apakah vaksin bakal ada tahun depan atau enggak. Selain itu, hal-hal lain kayak akselerasi reformasi bidang struktural hingga kondisi ekonomi global juga akan sangat berpengaruh sama pertumbuhan ekonomi tanah air di tahun depan.

So fingers crossed, guys…


For when you’ve been dealing with a toxic co-worker at work…

Sumber foto: unsplash.com
I am gonna like where this is going but what kind of toxic co-worker?
Well, you know, if you’re dealing 
sama orang yang menurut kamu karakternya egois, licik, dan mau menang sendiri di kantor, well, here’s  fact: those behavior won’t get them anywhere.

 
What? 
Iya, jadi Hari Senin kemarin, para peneliti dari UC Berkeley baru aja mem-publish hasil riset-nya  di Journal Proceedings of the National Academy of Sciences. Hasil riset tersebut menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki karakter “me me me” aka hanya mementingkan dirinya sendiri di lingkungan kerja, actually ga akan dapet keuntungan apa-apa.
 
Hah kok bisa sih penelitiannya begini?
Iya, jadi emang menurut para peneliti, pertanyaan tentang: “apakah orang agresif, mau menang sendiri dan manipulatif memiliki karier yang lebih baik dibanding orang yang banyak disukai?” udah jadi pertanyaan klasik buat scholars dan philosophers, makanya mereka mau tau jawabannya. Dan ternyata jawabannya, jeng jeeeng….nggak gengs.
 
Got it. Now tell me more about the research. 
Lebih jauh hasil risetnya menjelaskan bahwa alasan dari “bad guy” ga akan advancing lebih jauh dalam karier dibanding “good guy” adalah karena sebenarnya, untuk meraih posisi lebih tinggi dalam karier, semua orang butuh dukungan orang lain. Karenanya menurut pemimpin penelitian ini, Cameron Anderson, jarang banget ada orang yang memiliki posisi tinggi dan berkuasa kalau hubungannya sama orang lain maupun coworkers jelek.
Realllly interesting. Go on. 
Penelitian ini juga dilakukan terhadap mahasiswa. Hasilnya diketahui bahwa mahasiswa yang lebih mudah bersosialisasi, enerjik dan assertive di kampus, kemudian memiliki posisi yang lebih tinggi di kariernya beberapa tahun kemudian, dibandingkan mahasiswa yang egois, agresif, dan tukang bohong. Menariknya, hal ini ditemukan regardless jenis kelamin, umur, etnisitas, budaya kerja, industri yang ditekuni, sampe IPK. Dengan penemuan ini, Anderson menegasan bahwa berlaku egois, licik dan suka mem-bully bener-bener gaakan membantu karier kamu.
 
Wah seru sih…
Right? Emang penelitian ini dilakukan untuk mematahkan asumsi selama ini di dunia kerja di mana kita harus “nginjek” orang lain biar bisa naik kariernya. Padahal ternyata enggak gengs, karena dengan begini, kamu justru most likely ga punya hubungan baik dengan co-workers maupun network-mu, and you know, poor network leads to poor opportunity.
Fine. What else then?
Well, don’t be afraid to actually be nice di kantor.  Nggak usah takut dibilang ‘innocent’ atau terlalu baik, karena hal ini yang bakal bantu karir kamu naik.  Intinya yang penting adalah gimana kamu bisa mem-balance antara menjadi tegas dan baik, karena kalo kamu bisa seimbang, kata Anderson “that’s the magic combo”.

Who’s just cashed in a lot of $$$?

Sumber foto: apnews.com
Zoom. 

Yep, by this point, kamu pasti setuju bahwa penggunaan Zoom saat meeting itu udah kayak kopi: wajib. Nah, seiring dengan makin banyaknya orang dan perusahaan yang pake Zoom, perusahaan asal California ini kemudian meraup kenaikan omzet yang nggak tanggung-tanggung, yaitu naik 350% dari tahun lalu!
Yuhuuu jadi berdasarkan laporan revenue-nya, pada periode Mei-Juli tahun ini, Zoom meraih keuntungan sebanyak US $663,5 juta. Seiring dengan diterbitkannya laporan keuangan ini, saham Zoom juga naik sampe 28%. Terus dari segi jumlah pelanggan, tahun lalu, total pelanggan Zoom adalah 66.300 customers, sedangkan tahun ini, angkanya meningkat tajam sampe 370.200 corporate customers. CEO Zoom, Eric Yuan menyebut bahwa salah satu corporate customers-nya adalah ExxonMobil (XOM).  FYI gengs, saking tingginya pertumbuhan perusahaan, Zoom menyatakan bahwa pihaknya bakal menambah tiga kali lipat karyawannya yang ada di Mumbai, India dan bakal bikin data centers baru di Bangalore dan Hyderabad.

“‘Lyra Antarctica Seaborn Sheeran.”

 
Bukan guyz, itu bukan nama pulau di Kutub Utara, tapi itu nama anak perempuannya penyanyi asal Inggris, Ed Sheeran yang baru lahir minggu lalu. Dalam postingan Instagramnya kemarin, Ed menyebut bahwa Lyra, ada dalam kondisi “beautiful and healthy daughter” dan dia lagi seneng banget atas kelahiran sang baby girl.
Name us a more Ariel-like baby name. We’ll wait.

Angel’s Stories

1. Beberapa hari ini gue lagi uring-uringan banget karna satu dan lain hal. Mostly karena pikiran negatif di otak gue yang ngerasa gue sangat useless karna berbulan-bulan masih ga dapet kerja padahal temen gue udah pada dapet. I got a little bit insecure and anxious dan jadi mempertanyakan kualitas diri sendiri. Sampe puncaknya kemaren gue bener-bener ke-trigger sama update-an salah satu temen di Instagram, dan bikin gue kepikiran hidup gue kenapa menyedihkan banget, sampe akhirnya gue deactive IG. Terus pagi ini (31 Agustus) gue buka CMU. Seperti biasa dan seketika tersentuh sama kalimat pembuka CMU yang bilang bahwa normal untuk stres dan insecure di kondisi sekarang karena emang situasinya lagi kaya gini. Gue jadi sadar, mungkin yang ngerasa kaya gini gak gue doang, dan hal ini normal. Gue jadi ngerasa gak sendiri lagi. Dengan ini gue mau ngucapin makasih banget sama CMU buat positive vibes-nya yang tiap pagi dikeluarin, apalagi semenjak ada nya Angel’s Stories. Gue jadi lebih banyak bersyukur. Hehe
🙂
2. So I just met this girl from Tinder. I thought we’ll just be chatting friends, but turned out she asked me to go out with her and it’s been the most exciting moment in this year. We talked a lot about everything. Dari cerita dia ngeliatin banget kalo dia ini orang yang hangat banget, from her eyes I knew she is the most sincere person after my mom. You’ve been through a lot, you deserve to get the world. Tapi inti dari pertemuan ini gua bersyukur banget bisa ketemu dia. Dia yang udah bikin hati gua tergerak lagi buat ber-progress di hidup ini. I hope we’ll always get a long. I’m waiting for another story with you. Long Live!
-farid asam lambung-
 
3. Jadi aku lagi terpukul banget karena seseorang yang sedang berada di hubungan serius denganku tiba-tiba mau mundur dari hubungan ini justru saat kita sudah mulai merencanakan pernikahan. Besoknya setelah kejadian itu, aku bantu dan temenin temen yang mau belajar buat SKB CPNS. Mereka masih kerja tapi gajinya dipotong banyak karena pandemi ini. Nah, sambil belajar, daku traktir aja mereka supaya makin semangat belajar buat SKB nya. Hal-hal kaya gitu bikin hatiku lebih lapang banget, ketemu temen, bisa ngobrol, bisa belajar bareng, bisa berbagi justru bikin perasaan ku lebih baik. Doain aku yaa, angels CMU!
-N.depok-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)

Catch Me Up! Recommendations

We take mental health very very seriously…so here’s 14 Instagram accounts to follow for your daily dose of mental health care tips. From gratitude to powerful quotes, here