Perdana Menteri Baru Jepang ‘Yoshihide Suga’

34

Who’s starting a new job?

Hah lagi Covid-19 malah dapet kerjaan baru? Siapa?
Perdana Menteri baru Jepang, Yoshihide Suga.
 
‘Coz I’m in the stars tonight…
We know what you’re thinking. Tapi ini bukan Suga yang itu gengs. Melainkan emang penggantinya PM Jepang Shinzo Abe yang baru aja mengundurkan diri bulan lalu. Nah Senin kemarin, PM Suga yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Kabinet kemudian terpilih sebagai PM Jepang pengganti Abe.
 
Tell me more about his CV.
Well, beliau merupakan orang lama di partai Liberal Democratic Party (LDP) yang juga merupakan partainya Abe. Selama delapan tahun kepemimpinan Abe, Suga dikenal oleh publik Jepang sebagai tangan kanannya Abe, sehingga banyak yang memprediksi, arah kebijakan di negeri matahari terbit itu nggak akan jauh-jauh dari pemerintahan sebelumnya.
 
Terus terus…
Nah, a little bit tentang proses terpilihnya PM Suga, dalam voting yang dilakukan oleh parlemen pada Hari Senin lalu, ada dua kandidat lain yang juga bersaing untuk meraih kursi perdana menteri. Mereka adalah Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba dan mantan Menteri Luar Negeri, Fumio Kishida. Dari hasil voting ini, Suga mendapatkan 377 suara, sedangkan kedua calon lain mendapat 157 suara in total. Dengan hasil ini, yaudah aja beliau menang telak.
 
Go on…
Nah, dalam keterangannya setelah terpilih, PM Suga menyebut bahwa rencana pemerintahannya adalah melanjutkan kebijakan PM Abe yang udah ada sebelumnya. Dalam hal ekonomi, beliau akan melanjutkan konsep ekonomi “Abenomics” yang meliputi aturan moneter yang lebih longgar, stimulus fiskal yang agresif, dan membuat program yang bikin cewek lebih mudah diterima di dunia kerja.
Anything about Covid-19?
Of course. Jadi emang upaya penanganan virus Covid-19 juga jadi fokus utama pemerintahan PM SUga, dan yang penting juga adalah supaya Olimpiade Tokyo 2020 yang ditunda karena corona, bisa dilaksanakan pada Juli 2021 nanti.