Penemuan Gas Fosfin Di Planet Venus

33

For when you reallly realllllly need to live on a new planet…

Yep, you read it right.
Ada banget nih, kemungkinan kehidupan di planet lain. No, we’re not talking about Mars, ladies and Gentlemen, please welcome: Venus
 
Hah serius?
Yep, jadi baru aja minggu lalu, para astrologist dan peneliti dibuat terkejut dengan ditemukannya lapisan gas bernama fosfin yang kalo di bumi sih, diproduksi oleh kehidupan mikroba. Penemuan ini kemudian memunculkan spekulasi bahwa sebenernya, di Venus bisa jadi ada kehidupan, instead of cuma awan-awan warna orange aja yang selama ini tertangkap kamera.
Whooaaaa.. tell me more.. 
Got it. Jadi dalam laporan terbaru di jurnal Nature Astronomy, disebutkan bahwa selama ini, Planet Venus yang merupakan planet paling deket ke bumi merupakan planet yang panassss banget hingga nggak memungkinkan kalo ada kehidupan di sana. Namun, seiring dengan ditemukannya lapisan gas yang namanya fosfin ini, para ahli be like…”wait a minute…”
Well, tell me about this Fosfin again.
Jadi, kalo di Bumi sih, fosfin itu diproduksi oleh mikroorganisme anaerobik, which means makhluk yang hidup di lingkungan bebas oksigen. Fosfin ini juga merupakan gas beracun yang pernah digunakan dalam Perang Dunia I, dan biasa ditemukan di rawa-rawa, lahan basah, hingga usus hewan. Selain itu, Fosfin juga gampang banget terbakar dan baunya nggak enak, yhaa pokoknya kalo menurut astronom dari MIT, Carla Souza-Silva, gaenak deh hidup dengan fosfin ini.
 
Lhaa terus kok gasnya bisa ada di Venus?
Yha gatau. Menurut para peneliti, ada beberapa skenario soal adanya fosfin di venus.  Ada yang bilang maybe karena aktivitas vulkanik, mikro meteorit, petir, dan proses kimiawi di dalam awan, namun para peneliti juga bilang, bahwa skenario-skenario tadi sebenernya nggak bisa “mengumpulkan” gas di atmosfer kayak yang mereka temukan dalam kejadian soal fosfin ini. Karena itulah, spekulasi soal adanya kehidupan di sana muncul.
I see, terus…
Yaudah sih. Menurut para scientist, susah banget menemukan penjelasan di balik penemuan fosfin di Venus. Bisa jadi emang reaksi geologi, kimia, atau emang ada aliens yang living next door. All in all, masih sedikit banget informasi yang kita tahu soal Venus, selain permukaannya yang panas banget dan highly acidic aka beracun, hingga sebenernya, hidup di sana itu nggak memungkinkan.