Kemendikbud Berikan Kuota Internet Untuk Pelajar

77

Who’s giving away free internet quota?

Kemendikbud aka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
I know that. Anything new?
Well, jadi mulai kemarin, Kemendikbud udah mulai kuota internet gratis untuk pelajar guru, mahasiswa dan dosen. Jadi untuk kuota ini ada dua jenis, yaitu kuota umum dan kuota belajar.
Wah…apa bedanya? 
Bedanya, kalau kuota belajar itu khusus untuk situs dan aplikasi yang tercantum di website kuota-belajar.kemdikbud.go.id.  Terus yang kuota umum itu maksudnya kuota untuk kegiatan internet secara umum. FYI, untuk kegiatan belajar berbasis video conference kayak Zoom, Google Meet, dll juga di-cover kok guys. Yuk, cek daftar aplikasi dan situs belajar yang bisa di akses pake kuota belajar, di sini.
Bentar. Jadi kita bisa dapet berapa banyak quota gratis?
Well, here’s the breakdown: 
  • Untuk siswa PAUD (Pendidikan anak usia dini):  5GB Kuota Umum dan 15GB kuota belajar.
  • Untuk siswa SD – SMA:  5GB Kuota Umum dan 30GB Kuota Belajar.
  • Untuk guru:  5GB Kuota Umum dan 37GB Kuota Belajar.
  • Untuk mahasiswa dan dosen:  5GB Kuota Umum dan 45GB Kuota Belajar.

I see, go on…

Dijelaskan juga bahwa kuota gratis ini bakal dikirim secara dua tahap per bulan.  Kuota bulan pertama dan kedua bakal berlaku selama 30 hari. Terus, bulan ketiga dan seterusnya bakal berlaku untuk 75 hari sejak kuota diterima.
 
Got it. Anything else?
Jadi penyaluran kuota gratis ini bakal dimulai di bulan September ini, di mana untuk tahap pertama rencananya akan dikirim oleh operator sejak minggu ini, khususnya tanggal 22 – 24 September.  Selanjutnya untuk tahap kedua, pulsa bakal dikirim pada tanggal 28 – 30 September. FYI guys, bantuan ini hanya diberikan untuk satu nomor HP si siswa atau gurunya ya.
Kamu termasuk siswa, mahasiswa, guru atau dosen dan mau dapet kuota gratis ini juga? Masih bisa daftar kok, cek caranya di sini ya!