Kebakaran Besar Di Southern California

43

Who’s on fire?

This girl?
Nope, we’re talking about Southern California, Amerika Serikat.
What happened? 
Jadi Hari Minggu kemarin, Los Angeles County di California baru aja dilanda suhu terpanas dalam sejarah, yaitu 121 degrees Fahrenheit. FYI, 121 degrees Fahrenheit itu sekitar 49 derajat celcius gengs!
Whooaa…that’s super hot! 
‘Tru dat. Nah karena suhu yang super panas itulah, api jadi gampang menyebar dan menyebabkan kebakaran hutan aka wildfires.
 
Is that what happened there?
Yep, jadi Senin kemarin, terjadi kebakaran hebat di Southern California di mana api telah melalap sekitar 7.386 hektar area dan menyebabkan evakuasi darurat atas sejumlah warga. Salah satu penyebabnya? acara gender reveal party…
 
What is that?
Jadi biasanya, gender reveal party ini dilakukan oleh pasangan yang mau punya anak untuk mengumumkan jenis kelamin calon bayinya. Nah pengumuman ini biasanya dilakukan dengan meluncurkan asap berwarna, di mana biru untuk laki-laki dan pink untuk perempuan. Diduga dari kegiatan inilah api kemudian menyebar dari lokasi acara di El Dorado Ranch Park di Yucaipa, ke arah utara.
Good lord…
Terkait hal ini, pemadam kebakaran di California menyebut bahwa pihak keluarga udah koordinasi sama otoritas berwajib dan mereka juga kooperatif dalam memberikan keterangannya. Selain itu, masih belum diketahui juga apakah pasangan tadi bakal dikenakan hukuman apa enggak.
 
I see…
Selain yang di El Dorado Ranch Park di Yucaipa, hawa panas yang menyebar over the weekend kemarin di California juga menyebabkan kebakaran hutan di beberapa wilayah lain seperti San Diego, sekitar 10.258 hektar, dan di Los Angeles seluas 4.871 hektar.
Whoaaa…fire, fire everywhere! 
Yeah, literally. Menurut berita, California udah dilanda kebakaran hutan (wildfires) sejak 15 Agustus lalu gara-gara gelombang panas yang juga disertai oleh hujan petir.  Sejak saat itu sampe sekarang, tercatat api udah melalap 1,7 juta hektar lahan dan menyebabkan 22.000 orang harus dievakuasi serta 3.300 bangunan hancur.