Jokowi Bentuk Tim Khusus Percepatan Pengembangan Vaksin Covid-19

54

For when there’s another Covid-19 team added to the list…

Sumber foto: cnbcindonesia.com
Everyone, meet: Tim Nasional Percepatan Pengembangan Vaksin Covid-19.

What is that?
Jadi kayak namanya, tim ini adalah tim yang ditugasin khusus sama Pak Presiden Jokowi untuk mempercepat pengembangan vaksin Covid-19 di Indonesia. Tim ini baru aja diumumkan sama Pak Jokowi kemarin, dan diisi oleh para menteri di kabinetnya.
Lah bukannya udah ada tim covid ya? 
Beda, karena tim ini bakal fokus aja ke pengembangan vaksin. Selain itu, tim ini juga bakal bertanggungjawab langsung ke Presiden. Disebutkan juga bahwa ada empat tujuan dari pembentukan tim vaksin covid-19, yaitu terkait pengembangan vaksin covid-19 di Indonesia, kayak melakukan penelitian, pengembangan dan pengkajian tentang vaksin covid-19.
I see. Jadi anggotanya ada siapa aja? 
Well, structurally, di timnya itu ada Pengarah, Penanggung Jawab, dan Pelaksana Harian.  Here’s for some detail:
 
Pengarah: 

  • Ketua Pengarah:  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian
  • Anggota Pengarah:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan,  dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

 Penanggung jawab: 

  • Ketua:  Menteri Ristek dan Teknologi/Kepala BRIN
  • Wakil Ketua I:  Menteri Kesehatan
  • Wakil Ketua II:  Menteri BUMN
  • Anggota: Menteri Luar Negeri, Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan; dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan.
Pelaksana harian:
  • Kemristek, Kemenkes, Kementerian BUMN, Kemenperin, Kemendag, Kemdikbud, BPOM, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, perguruan tinggi, dan badan usaha.
 Got it.
Cool. FYI jadi dalam menjalankan tugasnya itu, Ketua Penanggung Jawab wajib ngasih laporan ke presiden dan tim pengarah paling sedikit satu kali dalam enam bulan, atau tergantung kapan dibutuhkan. Tim ini rencananya nya bakal kerja sampai 31 Desember 2021.