Friday Pause: I have a dream

23

For the love of Meme: 2020 calendar in a nutshell…


When you’ve been having nightmares… 

Trust us, we all do.

It’s been around six months since we started the home quarantine. No eating out, no hanging out with friends, no happy hours, no movies at the cinema, and everything comes down to…. your screen. Nah, perubahan yang tiba-tiba ini tentunya bisa bikin tingkat stres kamu bertambah dan tiba-tiba…kamu jadi sering mimpi buruk.

Talking about nightmares, menurut professor David Geffen dari University of California, stres emang bisa memicu kita bermimpi buruk. Lebih jauh, mimpi buruk juga merupakan cara dari pikiran kita memahami peristiwa-peristiwa yang terjadi sehari-hari dengan cara ‘mengulang kembali’ kejadiannya ketika kita sedang tidur.  In other words, kalau keseharian kita menegangkan, kemungkinan kita mimpi buruk jadi lebih tinggi ‘cause basically we just repeat what happened earlier.  
Nah, kalo akhir-akhir ini kamu lagi sering banget mimpi buruk (like, two or three times a week), ini dia beberapa tips supaya kamu bisa tidur lebih nyenyak dan terhindar dari mimpi buruk:

  • Bikin rutinitas untuk meningkatkan kualitas tidur: Here’s the thing, mimpi buruk itu biasanya terjadi di fase ketika otot-otot kamu merilekskan diri dan siap masuk ke fase bermimpi. Ketika kamu mengalami mimpi buruk, chances are, ototmu akan bergerak secara aktif dan kamu akan kebangun dan membuat tubuh kamu jadi stress. Untuk menghindari hal ini, kamu perlu meningkatkan kualitas tidur biar tidurmu lebih nyenyak dan ga gampang kebangun. Caranya: tidur dan bangun pada jadwal yang sama, hindari minum kopi sebelum tidur, exercise regularly, dan pastikan kamarmu emang nyaman buat zzz…
  • Hindari alkohol:  Meminum minuman beralkohol sebelum tidur bisa bikin kamu gelisah dan kebangun tengah malem. Selama ini, banyak yang berasumsi bahwa minum alkohol sebelum tidur itu bikin kamu gampang ngantuk, tapi sebenernya ya nggak ugha. Menurut para peneliti, kalo emang butuh minum banget, try to drink at least tiga jam sebelum tidur, tapi kalo abis itu kamu jadi restless, let’s just cut it back into earlier time during the day. 
  • Jangan makan sebelum tidur:  Attention to all late-night snackers, jangan makan sebelum tidur kalau kamu sering mimpi buruk.  Hal ini karena diketahui, ngemil bisa meningkatkan metabolisme tubuh kita, yang ujungnya bikin otak kita lebih aktif dan berujung ke mimpi buruk. Setidaknya makan 2 atau 3 jam sebelum tidur ya gengs.
  • Cek obat-obatan:  Beberapa obat-obatan bisa memicu mimpi buruk karena mengganggu REM (rapid eye movement).  Contohnya obat melatonin yang biasa diminum supaya bisa tidur, justru bakal memicu mimpi buruk. Pokoknya any meds that you gonna take at night, jangan lupa dikonsultasikan dulu ke doktermu ya!
  • Latihan stress-relieving activities Contohnya, kamu bisa melakukan hal kayak stretching otot-otot dan relax them melalui nafas panjang. Hal ini karena kalau otot kita nggak tegang, kemungkinan kita mimpi buruk juga jadi lebih kecil.
  • Tulis journal/diary:  Kalau kamu punya banyak pikiran dan lagi khawatir tentang banyak hal, kamu bisa coba write down all your feeling on your journal aka diary. Dengan melakukan hal ini, kamu jadi memiliki media untuk “menumpahkan” perasaan kamu dan biasanya, kamu bisa lebih relax. Relaxed mind means relaxed sleep. 
  • Jangan nonton film serem:  Emang sih apa lagi menjelang Halloween gini, menggoda banget re-run film Final Destination dari awal sampe akhir, tapi ya kalo bisa sih jangan dilakukan sebelum tidur ya. Hal ini karena mimpi itu merupakan ‘siaran ulang’ dari hari kita, jadi sebaiknya, sebelum tidur tonton video orang lagi banyak duit aja gengs HEHEHEHEE.
  • Pake white noise machine atau kipas angin:  Untuk tidur nyenyak, silence is key.  Tapi bagi kamu yang nggak suka sunyi banget, atau yang suka tiba-tiba kebangun karena berisik, kamu bisa coba dengerin ‘background noise’. Biasanya kayak suara kipas angin atau AC, atau hujan, bisa bantu kita tidur nyenyak.  Kamu bisa cek beberapa mobile apps juga yang nyediain ‘white noise’ ini.
  • Cek kesehatan mental: Ini yang paling penting ya guizeeee Kalau hal-hal di atas ini nggak ngaruh dan kamu masih sering mimpi buruk, sebaiknya kamu konsultasi ke psikolog atau sleep therapist. Find out what your underlying causes are, then try to talk it out and remember: taking care of your mental health is just as important as taking care of your physical one. Seriously!


Your weekly quarantips is here!

Yep, because the weekend is around the corner, and you reallllly don’t have a lot of choices to go outside. Let’s see what we have here…
 
PS: We LOVE to hear what you love! Jadi kalo kamu punya rekomendasi-rekomendasi menarik yang bisa kita feature di sini, don’t be shy! Shoot away your favorite book/songs/podcast/movies/ aka ANYTHING here, and we will feature it here. Go go go!
  • If you are a huuuuge fan of fall season (like us!) then you should check this out. Because pumpkin spiced latte can also comes in a different costumes. (us)

  • Podcast “Decision Making with Irfan Agia”,Kak Agia ngebahas banyak banget hal yang menurutku #relate, dibahas pake jurnal-jurnal terpercaya dan diliat dari berbagai point of views juga, tapi dengerinnya pun ga berat! Pas banget didenger pas kamu beresin rumah atau commute to work (yang WFO) karena super insightful (@nadhirash._)

  • 1. Buku dengan judul Kim Ji Yeong, Lahir 1982. Buku ini nyeritain tentang sistem patriarki yang udah mengakar kuat dari jaman dulu dan perjalanan seorang wanita bernama Kim Ji Yeong yang berusaha buat keluar dari sistem patriarki tersebut.
    2. Buku dengan judul Drupadi oleh Seno Gumira Ajidarma. Ini menceritakan tentang tokoh pewayangan Drupadi, istri dari 5 Pandawa.
    3. Buku dengan judul Men Are from Mars, Women Are from Venus oleh John Gray. Buku ini menceritakan tentang perbedaan karakter perempuan dan laki-laki yang bikin kamu jadi ngerti tentang karakter pasanganmu dan bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan perbedaan-perbedaan tersebut.
    4. Novel genre metropop karya Almira Bastari yang berjudul Resign. Buku ini menceritakan perjuangan budak korporat yang bertaruh untuk resign lebih dulu dari kantor!
    5. Buku Gadis Minimarket oleh Murata Sayaka. Ini tentang perjuangan seorang Keiko untuk berusaha terlihat normal dengan menjadi seorang pegawai minimarket karena selama ini tanggapan orang selalu berpikir bahwa dia ngga normal. (@nuninggss)

  • Interested in knowing more about Elon Musk, Tesla, and SpaceX? I highly recommend you to read these long-post series on Wait But Why. Tim Urban wrote a super light explanation on everything related to Elon & his huge projects and you will not regret what you’ll read. Dijamin nambah ilmu pengetahuan banget, dengan penjelasan yang sama sekali ga ngebosenin. Go check it out! (Anonymous)

  • You cannot not, scream “awwww” when watching this video. (us)

  • During this pandemics we all need such a great motivation and positive insights to keep our sanity, kalo lagi stress berat biasanya gue nonton video di YouTube Channel-nya Siwon Choi (yes you heard it right that handsome guy from the famous Korean boy group Super Junior, tiap video dia berisi challenge yang berbeda dan inspiring banget some of them are also funny actually, I got so many positive insights after watching his videos. I hope his videos could give you guys that kind of vibe too, and also don’t forget to subscribe to his channel guys. You’ll never regret it. Trust me. (-Nadh)

  • Podcast RAPOT nya buat yang butuh hiburan. Mood gue jelek,auto baguus denger ini. (A.nnisach)

  • Here’s to someone who wrote roti isi vla jagung, try roti unyil jagung! (Anonymous)
  • How many types of self-care are out there? Yep, eight. And you ought to practice all of ’em. (us)
  • Bosen makan telur mata sapi? atau telur ceplok? atau scrambled eggs? Well, definitely mark thisKarena di sini, ada 31 cara to make your eggs. Egg-celent. (us)

Quote of the day:
 
“Take the first step in faith. You don’t have to see the whole staircase, just take the first step.”

-Martin Luther King Jr-

Angel’s Stories

  1. Setelah tadi malam mendengarkan berita kalau akan ada PSBB total lagi, perasaanku campur aduk. Aku baru saja putus dengan pacarku seminggu yang lalu, dan rutinitas ke kantor adalah salah satu caraku untuk ‘coping’ dengan rasa kehilangan. Aku tinggal sendiri dan sering teringat momen-momen bersama kami kalau di rumah. Ketika sampai di kantor hari ini, aku iseng mampir ke salah satu teman untuk menyapa. Tiba-tiba dia bilang kalau bawain aku bubur ayam untuk sarapan. Aku emang pernah bilang suka bubur ayam, tapi sama sekali gak pernah bilang kalau aku baru putus. Not only was my stomach full today, but so was my heart. Thank you, mbak, for your kindness 🙂
    -Sanisna-
  2. Jadi beberapa hari yang lalu, aku baru ketemu temen lama, sebut aja si A. Setelah ngobrol cukup lama, kita mutusin buat dateng ke rumah temen yang lainnya. Terus pas kita mau berangkat, si A kaya bawa wadah gitu, yang ternyata isinya makanan kucing. Aku perhatiin aja dia. Dan ternyata dia taburin makanan kucing itu ke sudut-sudut jalan supaya kucing liar yang lapar bisa makan. Seneng aja gitu masih banyak orang yang peduli sama makhluk hidup lainnya😍
    -Anonymous-
  3. Kemarin sore aku bersepeda keliling kota (yes sport is my kinda stress reliever) sambil niat mau sedekah. Akhirnya aku muter-muter ga jelas tanpa arah sambil nyari targetku. Udah hampir 1 jam tapi aku belum ketemu orang yang menurutku bener-bener butuh banget. Sekitar 500m sebelum sampai rumah, aku papasan sama seorang kakek tua yang manggul beberapa batang bambu bulat yang panjang (berani taruhan aku ga bakal kuat bawanya). Waktu itu kakeknya lagi nawarin ke warga yang lagi duduk sore di depan rumahnya, tapi ngga ada yg lagi butuh. Akhirnya aku putar arah dan nyalip kakek itu (nyari tempat yg rada sepi). Sebelum kakeknya tiba di tempatku berhenti, beliau sempat ngobrol sama abang becak, sekilas aku dengar, “Iya belum ada yg mau beli. Padahal walaupun ditawar 10rb ya bakal aku kasih.” Aku merinding, ngebayangin 10rb itu ngga bakal sebanding dengan harga bambunya, belum lagi kakek itu entah jalan berapa jauh dari rumahnya. Terus waktu aku kasih uangnya, kakeknya kaget dan berkali-kali bilang makasih sambil doain aku (aku ga paham2 banget soalnya beliau ngomong pake bahasa madura wkwk). Sore itu, aku seneng sekaligus bersyukur karena walaupun masih ga dapet-dapet kerja tapi Allah masih cukupkan rezekiku (ada tabungan) dan menggerakkan hatiku untuk berbagi.
    -Jebbing Kota Tape-

    (We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it 
    here. Come, share us your versions of angels!)