Donald Trump Tidak Pernah Bayar Pajak Penghasilan Selama 10 Tahun, Perpres Tetapkan Daftar Prioritas Penerima Vaksin Corona, Peringatan Golden Week Di Cina Bakal Alami Lonjakan Perjalanan Wisata, Tumpukan Lemak Di Badan Beresiko Kematian Dini.

27

What’s just making headlines in the US?

Laporan pajaknya Donald Trump.
 
HAH apa tuh?
Jadi minggu malam kemarin, The New York Times (NYT) baru aja menerbitkan laporan keuangannya presiden Amerika Serikat yang sebelum jadi presiden adalah bilioner tajir. Isinya? Trump dilaporkan nggak pernah bayar pajak penghasilan setidaknya 10 tahun dalam catatan 15 tahun terakhir gengs!
 
WHOA.
Iya kan? Secara dipotong pajak sama kantor tuh berasa banget *maap mimin curhat dikit* anyway balik lagi ke Trump, sedangkan pada tahun 2016 dan 2017 which is tahun ketika dia kepilih jadi presiden, Trump bayar pajak penghasilan sebesar US$750 aja. Padahal gengs, menurut data kantor pajaknya Amerika Serikat (namanya IRS), karyawan biasa aja bayar pajaknya bisa 17 kali lipat lebih dari itu, so everybody was like, are…you…kidding….me????

Mindblowing.
Begitulah. Jadi emang selama ini, laporan pajaknya Trump merupakan misteri bagi banyak orang. Padahal, membuka laporan pajak adalah “tradisi” yang biasa dilakukan sama para kandidat pilpres di Amerika Serikat pas mereka mau mencalonkan diri jadi presiden. Namun di tahun 2016 itu, pas maju jadi capres, Trump broke the tradition dengan menolak membuka laporan pajaknya.
 
Terus terus…kok bisa sih Trump bayar pajaknya rendah banget?
Karena dalam laporannya ke IRS, Trump banyak melaporkan bahwa bisnisnya rugi, termasuk di tahun pas dia nyapres. Jadi dengan laporan keuangan yang merugi ini, Trump jadi lolos dari kewajiban bayar pajak, secara dia lebih banyak kehilangan duit daripada dapet duit. Lebih jauh, record tadi juga menunjukkan bahwa Trump pernah berperkara sama IRS karena dia pengen pajaknya balik aka mendapatkan tax return sebesar US $73 juta.
 
So, balik lagi ke US$750…
Yep, itu adalah jumlah pajak penghasilan yang Trump bayar per tahunnya. Just to give you an idea, US$750 itu sekitar Rp11 juta rupiah per tahun, which is rendah banget untuk seorang billionaire. Selain itu, laporan NYT ini juga lengkap banget, segala disebutin bahwa Trump dapet pemotongan pajak dari pengeluaran sekitar US$70.000 untuk nge-hairstyle rambutnya di serial TV The Apprentice yang pernah dibintanginya…
 
Too much WTF moment this early in the morning.
Welcome to 2020. Lebih jauh, kamu pasti tahu bahwa Trump ini mayoritas bisnisnya kan di properti yah, nah dalam laporannya, disebutkan juga bahwa properti-propertinya Trump, termasuk lapangan golf dan hotel-hotel itu rugi jutaan dolar setiap tahun, jadi pajaknya lebih rendah. Selain itu, ditemukan juga bahwa Trump punya utang sebesar US$300 juta yang bakal jatuh tempo dalam empat tahun ke depan.
 
Well, I believe Trump has a say…
Iya dong. Ketika dikonfirmasi soal ini dalam kegiatan press briefing-nya di White House,  Trump membantah laporan tersebut dan bilang bahwa laporannya adalah fake news. Beliau juga bilang bahwa, “Gue bayar pajak banyak banget keleus…” tanpa memperjelas bayarnya berapa. Ditemui di tempat terpisah, pengacaranya Trump Alan Gartner juga bilang bahwa Trump udah bayar jutaan dollar untuk pajak pribadinya dan bahwa laporan NYT itu ngga bener.

OK, anything else?
Well, seiring dengan makin memanasnya sikon politik di Amerika Serikat menjelang Pilpres November mendatang, banyak pihak yang menilai bahwa urusan pajaknya Trump ini bakal jadi salah satu isu hangat dalam pemilu, khususnya menjelang debat capres AS pertama, yang bakal digelar nanti malam waktu setempat.
Get your popcorn ready…

For when you’ve been waiting for any updates on Covid-19 vaccine…

We got some updates! Well, we mean… the government.
 
Well, what update?
Jadi kan pemerintah udah memperkirakan tuh, bahwa vaksin Covid-19 bakal bisa mulai didistribusikan per Januari mendatang, nah selanjutnya, pemerintah juga udah menetapkan kelompok apa aja yang jadi prioritas untuk mendapatkan vaksin tersebut.
 
Whoaaa tell me more…
Jadi, penjelasan soal kelompok yang diprioritaskan soal vaksin ini dikutip dari dokumen presentasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) yang dipaparkan sama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam rapat terbatas kemarin.
 
Go on…
Disebutkan juga bahwa pemerintah menetapkan lima kelompok prioritas dan jumlah sasaran penerima vaksinnya adalah 102,45 juta orang.
Kelompok prioritasnya siapa aja? 
Berdasarkan keterangan dari Pak Airlangga, ini kelompok-kelompok prioritasnya:

  • Kelompok 1:  Garda terdepan dalam menangani covid-19, target sasaran: 1,31 juta orang.
  • Kelompok 2:  Orang yang memiliki kontak erat dengan pasien covid-19, target sasaran: 50ribu orang.
  • Kelompok 3:  Orang yang bertugas di bidang pelayanan publik, target sasaran: 715ribu orang.
  • Kelompok 4:  Masyarakat umum, target sasaran: 92,28juta orang.
  • Kelompok 5:  Tenaga pendidik, target sasaran: 4,36juta orang, Aparatur Sipil Negara (ASN) sampai lembaga legislatif sebanyak 3,72juta orang.
Can you tell me more about the vaccine?
You got it. Jadi dijelaskan bahwa pemerintah bakal memberikan dua dosis vaksin per orangnya.  Dosis kedua bakal dikasih 14 hari setelah dosis pertama dikasih, demi membentuk kekebalan tubuh dari covid-19.  Terus, proses pemberian vaksin bisa dilakukan di fasilitas kesehatan (faskes) pemerintah, dan faskes yang kerjasama sama swasta.  Bagi kelompok usia produktif, vaksinnya bisa didapatkan di faskes tadi, namun untuk yang ada komorbid, maka akan melalui dokter ahli.

I see, anything else? 
FYI, rencana proses vaksinasi ini disiapkan dalam bentuk Perpres (Peraturan Presiden), yang sekarang lagi dalam proses permintaan paraf menteri.  Selain Perpres, Pemerintah juga bikin road map pelaksanaan vaksinasi yang bakal mulai dilakukan ketika Perpres udah ditandatangan Pak Jokowi.  Kabarnya, dana yang dialokasikan untuk pengadaan vaksin adalah Rp37 triliun dari tahun 2020 – 2022.
 
Fingers crossed, guys…

Who’s singing “all my bags are packed I am ready to go…”?

Isn’t that’s like the most unrelatable song in 2020?
Well, some people are still travelling though, despite the pandemic.
 
Who?
People in China
 
Tell me. 
Jadi pada 1 Oktober mendatang, China akan memperingati China’s National Day yang merupakan perayaan hari jadi Partai Komunis China yang ke-71. Nah, acara ini bertepatan juga dengan mid-autumn festival, aka festival hari bulan purnama di musim gugur. Dua acara ini dikenal juga dengan sebutan golden week, di mana akan jadi momentum pergerakan warga aka human migration tahunan terbesar (kayak mudik di kita kali ya?) dengan prediksi sekitar 700 juta pergerakan di tahun 2020 ini.
HAH banyak banget?
Yha gitu deh. Menurut Menteri Transportasi China, pihaknya juga mengestimasi bahwa bakal ada 408 juta perjalanan di tol saat Golden Week nanti.  Selain itu, penerbangan domestik juga diprediksi bakal naik 10 persen dari tahun lalu. Hal ini seiring dengan banyaknya lokasi wisata yang ngasih masuk gratis buat para wisatawan, demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
 
Well, haven’t read the word Covid-19 so far…
Oh yeah, on that. Jadi karena mayoritas bandara di berbagai negara lain masih pada tutup, diprediksi wisatawan China akan menarget tempat wisata domestik. Selain itu, karena banyak juga yang mengkhawatirkan terjadinya penambahan kasus Covid-19, beberapa universitas di China juga memperpendek waktu liburannya, dari yang biasanya seminggu, jadi beberapa hari aja.  Harapannya, para mahasiswa pada males keluar kampus karena nanggung.  Terus, pihak kampus juga bilang kalau mereka bakal memperpanjang liburan musim dingin sebagai gantinya.
Is that all?
Nope.  Kementerian Budaya dan Pariwisata China juga memerintahkan destinasi wisata untuk membatasi kapasitas tempat wisatanya menjadi 75 persen di masa Golden Week. Mereka juga meminta warganya untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, dan mem-book perjalannya dari awal, supaya bisa di-trace kalau ternyata ada yang positif corona.
I see, anything else? 
Meskipun udah banyak promo-promo dan tengah bersiap menyambut golden week holiday, namun diprediksi total perjalanan di China juga masih lebih rendah dibanding tahun lalu yang mencapai 782 juta perjalanan. Adapun destinasi wisata yang disebut bakal paling banyak dikunjungi adalah The Yellow Crane Tower di WuhanFYI guys, pada update terakhir kemarin, China hanya melaporkan 21 kasus baru, dan semuanya merupakan imported cases.
Sirik ga, sirik gaa?

For when you feel that your pants feel too tight lately…

Don’t we all?
Apa lagi yhaa dalam kondisi WFH gini, di mana most trips that you made is from your work station to the refrigerator *lol same*. Nah tapi kamu harus hati-hati gengs, karena hasil penelitian terbaru yang diterbitkan sama British Medical Journal (BMJ) menunjukkan bahwa semakin banyak lemak menumpuk di perut kamu, maka resiko kematian dini kamu semakin besar, regardless total berat badanmu berapa.
Lebih jauh BMJ menjelaskan bahwa pada perempuan, peningkatan jumlah lemak perut sebesar 10 centimeter bisa meningkatkan resiko kematian dini sebesar 8%. Pada laki-laki, angka ini naik jadi 12% per centi-nya.
Kamu kepo nggak kenapa lemak perut itu bahaya banget? Karena, kebanyakan lemak perut bisa meningkatkan penumpukan lemak, namanya visceral fat, di sekitar organ internal kamu kayak hati, pankreas, dan usus. Visceral fat ini bisa mendorong produksi hormon tertentu yang bisa meningkatkan resiko penyakit diabetes, darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit jantung, kanker, hingga Alzheimer. Lemak ini beda sama lemak yang ada di lengan atau di paha kamu yang nggak mempengaruhi produksi hormon. FYI guys, masih menurut BMJ, angka aman ukuran lingkar perut untuk cewek adalah 89 centimeter dan cowok 102 centimeter.

“Cinta terhalang jeruji besi,”

Gitu kata seorang mempelai perempuan, namanya Sekar Ayu saat ngomentarin terkait prosesi pernikahannya dengan seorang napi kasus narkoba di dalam Lapas Kedungpane Semarang, Hari Senin (29/9) lalu. Pada prosesi pernikahan yang sederhana dan dengan mempraktekkan social distancing ini, Sekar Ayu bilang bilang bahwa dia seneng banget akhirnya bisa nikah sama pujaan hatinya setelah pacaran dua tahun, walaupun yhaaa cintanya terhalang jeruji besi…
 
Scooch over, social distancing. Here comes jail distancing…

Angel’s Stories

1.Haloo, setelah menjadi anak magang dilanjut probation, akhirnya diumumkan keputusan probation-ku dan ternyata aku lulus. Rasanya pengen nangis, gemeteran. Aku ngerasa tahun ini bener-bener tahun tersulitku, dimana ayah udah nggak kerja dan covid sedang melanda. Aku yang dari awal interview kerja, jadi anak magang, menjalani probation selalu ngerasa hopeless serta down. Karena ngerasa kemampuanku masih belum seberapa. Sampe akhirnya ya aku stres dan obatku itu teman-temenku. Di saat pandemi ini mereka mau mengangkat telponku atau balas chat curhatanku. Beberapa teman yang aku hubungi bahkan sebelumnya aku nggak pernah curhat ke mereka, hanya random menghubungi orang saja hehehe. Aku sangat sangat berterima kasih sama teman-temenku. Mungkin kalo nggak ada support dari mereka, aku nggak bisa kuat sampai hari ini.
-IA-Depok-

2. Hi, aku kerja di CS airport, suatu hari ada temuan map di boarding gate, sudah di-announce tapi mungkin ybs sudah boarding. Setelah itu kita buka mapnya, siapa tahu ada kontak yang bisa dihubungi. Di dalam map ada buku note kecil, diary ternyata, milik anak laki-laki yang harus merantau biar bisa bahagiain ibunya. Selain ada note, ada juga surat dari tempat kerja kalo dia diberhentikan sementara, dan kalo suatu saat dipanggil lagi, surat itu harus dibawa. Makin baper kita, tapi nyari kontaknya masih ngga ketemu, kita cari sosmednya ga ada yang cocok, akhirnya kita lihat ada KK, di situ ada nama orang tua dan kakaknya. Kita cari sosmed kakaknya dan ketemu!! So happy karena akhirnya kita bisa kontak ybs, dan barang temuan itu sudah dikirim menggunakan maskapai yang dipakai. Aku ga ngebayangin aku atau adikku yang di posisi kehilangan map. Semoga ybs bisa semangat lagi buat bahagiain ibunya. P.S selalu selipin kontak yang bisa dihubungi di tiap barang bawaan yang menurutmu penting, siapa tahu barangmu yang tertinggal ditemukan orang, hanya saja mereka ga tau harus hubungi kemana. 
-Customer service, Juanda Airport-
3. Halo, aku baca pesan dari F (25 September 2020) yang cerita kalo klien terjemahan dia kasih fee lebih dari yang dijanjiin. Aku barusan nemu loker buat Indonesian speaker sebagai transcriber. F, kalo kamu baca ini, boleh ya coba cek TransPerfect: https://www.linkedin.com/jobs/view/2011645440Semangat, F! Kamu pasti bisa lewatin rintangan ini!! 💜
-Kpoper-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)

Catch Me Up! Recommendations
All of us can always use a little kitchen organizing idea. Check this one out.