Dana Hibah Pemerintah Untuk Daerah Tingkat Keuangan Rendah, Kebakaran Besar Di Southern California, Tik Tok Berikan Bonus Uang Tunai Untuk Karyawan, RIP Mantan Pelatih Timnas Sepak Bola ‘Alfred Riedl’

72

For when you don’t know if you’re rich or poor…

Just make a list, like Kementerian Keuangan.

What?
Iya guys jadi kemarin, Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani baru aja merilis daftar nama-nama daerah berdasarkan kemampuan keuangannya masing-masing. Before you ask, daftar ini rencananya bakal jadi acuan untuk pemerintah pusat kalo mau ngasih dana hibah ke daerah.
Hmmmm interesting…
Yep, jadi daftar daerahnya itu diatur dalam peraturan menteri terkait Peta Kapasitas Fiskal Daerah (KFD). Di dalam peraturan ini, dijelaskan bahwa ada lima kategori tingkat keuangan daerah untuk tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Adapun kategori KFD tingkat provinsi adalah:
  • Sangat rendah:  index kurang dari 0,277
  • Rendah:  index antara 0,277 – 0,564
  • Sedang:  index antara 0,564 – 0,934
  • Tinggi:  index antara 0,934 – 1,92
  • Sangat tinggi:  index di atas 1,92.
What. Is. That?
Jadi kategori “sangat rendah” itu menunjukkan kapasitas fiskal daerah yang juga rendah aka have verrrryy little money. Adapun daerah-daerah yang masuk ke kategori ini adalah Provinsi Aceh (0,220), Bengkulu (0,249), Maluku (0,189), Maluku Utara (0,215), Bangka Belitung (0,223), Gorontalo (0,103), Kepulauan Riau (0,244), Papua Barat (0,156), dan Sulawesi Barat (0,269).
Go on…
Lanjut ke posisi rendah adalah Provinsi Jambi (0,357), Daerah Istimewa Yogyakarta (0,390), Sulawesi Utara (0,504), Sulawesi Tengah (0,406), Sulawesi Tenggara (0,389), Bali (0,533), Nusa Tenggara Barat (0,318), dan Kalimantan Utara (0,302).
Kalo yang tinggi? 
Well, ada DKI Jakarta (6,207), Jawa Barat (4,676), Jawa Tengah (2,943), dan Jawa Timur (2,885).
 
Udah itu aja?
Nggak dong, selain tingkat provinsi, index ini juga tersedia untuk tingkat kabupaten/kota. Adapun Kabupaten/kota yang index KFD-nya tinggi di antaranya adalah Kota Pekanbaru, Kota Palembang, Kota Bandar Lampung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Garut, Kabupaten Majalengka, Kota Bandung, dan Kota Bekasi. Selanjutnya ada Kota Depok, Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, hingga Kabupaten Kutai Kartanegara.
 
And…
And, adapun untuk daerah yang KFD-nya rendah adalah meliputi Kota Aceh Jaya, Kabupaten Nias, Kota Pematang Siantar, Kota Padang Sidempuan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Bengkulu Tengah, dan Kabupaten Pasawaran. Selain itu ada juga Kota Pasuruan, Kota Surabaya, Kota Singkawang, Kabupaten Poso, Kota Palu, Kabupaten Morowali Utara, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Konawe Utara, Kota Bima, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Nabire, Kabupaten Asmat, Kabupaten Belitung Timur, hingga Kota Sorong.

Who’s on fire?

This girl?
Nope, we’re talking about Southern California, Amerika Serikat.
What happened? 
Jadi Hari Minggu kemarin, Los Angeles County di California baru aja dilanda suhu terpanas dalam sejarah, yaitu 121 degrees Fahrenheit. FYI, 121 degrees Fahrenheit itu sekitar 49 derajat celcius gengs!
Whooaa…that’s super hot! 
‘Tru dat. Nah karena suhu yang super panas itulah, api jadi gampang menyebar dan menyebabkan kebakaran hutan aka wildfires.
 
Is that what happened there?
Yep, jadi Senin kemarin, terjadi kebakaran hebat di Southern California di mana api telah melalap sekitar 7.386 hektar area dan menyebabkan evakuasi darurat atas sejumlah warga. Salah satu penyebabnya? acara gender reveal party…
 
What is that?
Jadi biasanya, gender reveal party ini dilakukan oleh pasangan yang mau punya anak untuk mengumumkan jenis kelamin calon bayinya. Nah pengumuman ini biasanya dilakukan dengan meluncurkan asap berwarna, di mana biru untuk laki-laki dan pink untuk perempuan. Diduga dari kegiatan inilah api kemudian menyebar dari lokasi acara di El Dorado Ranch Park di Yucaipa, ke arah utara.
Good lord…
Terkait hal ini, pemadam kebakaran di California menyebut bahwa pihak keluarga udah koordinasi sama otoritas berwajib dan mereka juga kooperatif dalam memberikan keterangannya. Selain itu, masih belum diketahui juga apakah pasangan tadi bakal dikenakan hukuman apa enggak.
 
I see…
Selain yang di El Dorado Ranch Park di Yucaipa, hawa panas yang menyebar over the weekend kemarin di California juga menyebabkan kebakaran hutan di beberapa wilayah lain seperti San Diego, sekitar 10.258 hektar, dan di Los Angeles seluas 4.871 hektar.
Whoaaa…fire, fire everywhere! 
Yeah, literally. Menurut berita, California udah dilanda kebakaran hutan (wildfires) sejak 15 Agustus lalu gara-gara gelombang panas yang juga disertai oleh hujan petir.  Sejak saat itu sampe sekarang, tercatat api udah melalap 1,7 juta hektar lahan dan menyebabkan 22.000 orang harus dievakuasi serta 3.300 bangunan hancur.

For when you will not receive any bonus this year…
TikTok employees can’t relate.
Karena unlike kamu (and us!) yang gabakal dapet bonus dari kantor tahun ini, para karyawan TikTok justru baru aja dapet kabar bahwa mereka bakal dapet bonus berupa $$$…
 
Whoaaaa…
Yep, jadi dalam keterangannya yang dirilis kemarin, pemilik TikTok aka ByteDance baru aja ngumumin bahwa mereka mau ngasih bonus berupa uang cash kepada para karyawannya. ByteDance bilang, bonus ini adalah sebagai bentuk penghargaan karena para karyawannya udah mampu mengatasi tantangan selama covid-19.
 
Tell me more!
OK. Jadi dalam keterangannya, para karyawan penuh waktu yang udah kerja selama 26 hari atau lebih selama Juli sampe Agustus akan mendapatkan bonus sebesar setengah gaji pokoknya di bulan Agustus. FYI gengs, saat ini ByteDance sendiri udah memiliki 60 ribu karyawan di seluruh dunia.
 
Terus terus…
Yha namanya baru dapet bonus, topik mengenai hal ini langsung jadi isu yang paling banyak dibahas kemarin di situs LinkedIn-nya China, Maimai. Hal ini tentunya jadi hal yang menarik secara, TikTok sendiri lagi mendapat sorotan global, khususnya terkait isu data pribadi.
 
I see. Anything else? 
Dalam keterangannya, CEO ByteDance, Zhang Yiming, menyebut bahwa bonus ini diberikan kepada para karyawannya karena udah bekerja keras tanpa mengenal waktu dan di tengah-tengah “surrounding noise”, karenanya, mereka dapet bonus deh.

Whose death are people mourning over?

Alfred Riedl.

Yep semalam, mantan pelatih Timnas Sepak Bola Indonesia itu baru saja mengehembuskan napas terakhirnya di kampung halamannya di Wina, Austria pada usia 70 tahun. Riedl yang pernah menjadi pelatih Indonesia pada tiga periode berbeda yakni pada 2010-2011, 2013-2014, dan 2016-2017 ini dikabarkan meninggal karena menyakit kanker yang telah dideritanya selama beberapa tahun terakhir.
Selama mengasuh Timnas Indonesia, Riedl tercatat telah dua kali berhasil membawa Indonesia ke partai puncak Piala AFF yaitu pada 2010 melawan Malaysia, dan pada tahun 2016 melawan Thailand. Selain Timnas Indonesia, Riedl juga pernah menukangi beberapa timnas lain seperti Vietnam, Laos, Palestina dan Liechtenstein. Seiring dengan beredarnya kabar duka ini, netizen tanah air kemudian menyampaikan ucapan berbelasungkawanya melalui kata kunci #AlfredRiedl yang jadi salah satu topik populer di Twitter semalam.
RIP, Coach….

“Certain countries don’t really like me too much, that’s not because of my personality, although it could be that also, frankly.”

Gitu kata Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam pidato Labor Day-nya yang digelar di White House, hari Senin lalu. Kata Trump, yhaa emang ada beberapa negara yang nggak suka-suka banget sama dia, bisa jadi karena emang kepribadiannya, atau karena kebijakannya yang tegas terhadap negara lain.
 
When no one is talking to you during lunch break and you really don’t know why…

Angel’s Stories

1. Sebenernya aku mau ngucapin terima kasih sama tim CMU. Di email tanggal 8 September, section “Sharing could also mean: living longer”, kalimat terakhir adalah “Brb we’re checking our donation list”. Di situ aku otomatis keingetan kalau aku belum menyisihkan 2,5% pendapatan bulan Agustus-ku untuk zakat penghasilan. Saat itu juga aku langsung buka aplikasi untuk donasi. Aku jadi sadar, apapun yang kita ucapkan, kita tulis, kita posting, tanpa kita sadari secara langsung maupun tidak langsung itu mempunyai impact ke orang lain. So, mulai saat ini apapun yang kita lakuin sebisa mungkin adalah hal yang positive ya.
-Sa-
2. Jadi sebenernya gue makin takjub sama kakak gue yang dulunya pernah ketangkap sebagai pecandu narkoba. Perubahan tiga tahun terakhir sangat terasa, dari bebas dia sabar ngejalanin hari-harinya yang penuh dengan stigma sampai sekarang di mana dia produktif banget. Sekarang dia jadi konselor bagi para pecandu (punya sertifikasi internasional dan soon insyaallah bakal lolos sertifikasi nasional). Menurut gue, buat kalian yang masih berjuang sembuh; jangan takut berkarya, selalu berusaha dan berdoa. Banyak orang yang masih sayang sama kalian dan mereka percaya bahwa banyak kebaikan yang masih bisa kalian bagikan.
-k, sangasanga.-
 
3. So, it was two days ago, one sunny Sunday afternoon at Halte Transjakarta Karet Sudirman which was almost empty. I was there with my sisters, we were about to head home. While we were washing our hands, I saw an old lady waiting by the tapping machine, holding a Rp4.000 cash. My guess was she didn’t have an electronic money card, and my sense was right. She asked a middle-aged man going on a different direction for help, but he shook his head and left. Then she came to me, asked for help and I said, “Yes sure” but I stood still, waiting for my siblings. And then, an angel came along in a form of a fast-paced walking young man in his sports clothing. He didn’t even let the lady finish her sentence, he just gave a hand gesture to let her go through the tapping machine, tapped his card and did not accept the money. He quickly “vanished” with the bus which somehow came at the right time to pick him up as if he was there JUST to help the lady. My sisters and I were in awe witnessing this spontaneous act of kindness. We’re touched & inspired to always be kind, and we hope you are too. #BeKindToAllKind
-gratefulsisters-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)

Catch Me Up! Recommendations

We know, we know, Wednesday could be hectic. That’s why you’d probably need a massage. Or… this kind of massage