Cuaca Ekstrim Melanda Wilayah Indonesia Dari Aceh Sampai Papua

19

For when you need more reasons to stay at home for the next days…

Other than Covid-19? What else now?
Extreme weather.
 
Gooood lord. 
Yha begitulah. Jadi kemarin, BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) memprediksi bahwa dalam tiga hari ke depan, yaitu dari 27 sampe 29 September, kita bakal dilanda hujan lebat guys.
 
Seriously, why?
Uhmmmm karena kalo kata Pak Guswanto dari BMKG, saat ini lagi ada aktivitas gelombang atmosfer kayak Rossby ekuatorial (ER) dan Madden Jillian Oscillation (MJO) yang biasanya menyebabkan hujan deras.
I have no idea what that is.

Dijelaskan Pak Guswanto, keduanya adalah fenomena pergerakan udara yang memberikan kontribusi pada peningkatan massa udara basah. Hal ini kemudian mendukung terbentuknya awan-awan hujan dalam beberapa hari ke depan.

Ok, terus bakal hujan lebat di mana aja?
Disebutkan bahwa gelombang-gelombang tadi bakal lewat ke Pesisir Barat Sumatera, Selat Karimata, beberapa Pulau Jawa, Selat Makassar, dan Laut Banda. Jadi, kemungkinan daerah yang bakal hujan lebat meliputi 22 provinsi di Indonesia, rata dari Aceh sampe Papua. Untuk daftar lengkap daerahnya kamu bisa cek di sini.
Whooaa…anything else? 
Since cuacanya bakal ekstrim, BKMG kemudian mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan hati-hati karena cuaca buruk ini bisa menyebabkan dampak buruk kayak banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.
 
Now singing: Don’t forget to bring your ella, ella, eh, eh…