Corona Updates 21 September 2020, Asian Development Bank Berikan Bantuan US$20 Miliar Untuk Negara Asia dan Pasifik, Temuan Paket Berisi Racun Di Gedung Putih Amerika, Terkena Kanker Hakim Agung Ruth Bader Ginsburg Tutup Usia.

33

And here we go: Your Covid-19 weekly briefing.

Yep, been seven months and we are all stilllllll feeling uncertain. So here’s your weekly bits of updates, on the pandemics.
 
Nationally 
  • Total kasus positif Covid-19 di Indonesia per kemarin udah mencapai 244.676 kasus, 9.553 meninggal, dan 177.327 sembuh.

  • Lima provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (60.828 kasus), Jawa Timur (40.372 kasus), Jawa Tengah (19.213 kasus), Jawa Barat (16.395 kasus) Sulawesi Selatan (14.193 kasus).

  • Kemarin, Gubernur Jawa Barat Kang Ridwan Kamil menyatakan bahwa pihaknya udah berhasil mengendalikan kasus Covid-19 di daerahnya sebesar 90 persen. Kata Kang Emil, resiko terbesar pandemi di Jabar hanya ada di wilayah-wilayah penyangga Jakarta kayak Bogor, Depok, Bekasi.
  • Maskapai Citilink Indonesia baru aja kena sanksi dari Dinas Perhubungan Kalimantan Barat karena terbukti membawa satu orang penumpang yang terkonfirmasi menderita Covid-19 dari Jakarta ke Pontianak. Adapun sanksinya adalah larangan terbang selama 10 hari dari Jakarta dan ke Pontianak terhitung sejak 19 September 2020.

  • Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Achmad Yurianto menyatakan bahwa nanti pas vaksin covid-19 udah ketemu, pemerintah bakal menargetkan supaya vaksin ini diberikan kepada 173 juta orang penduduk maupun 70% dari populasi. Kata Pak Yuri, hal ini ditujukan untuk memunculkan herd immunity. Selain itu, pemberian vaksin juga bakal bersifat wajib, jadi vaksinnya bakal gratis.

  • Setelah melakukan tes swab pada para karyawannya minggu lalu, diketahui bahwa jumlah karyawan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang positif Covid-19 mencapai 155 orang. Rinciannya, 33 orang dinyatakan sembuh, 81 orang positif dan saat ini sedang dalam perawatan atau isolasi mandiri, dan satu orang meninggal.
  • Dalam keterangannya minggu lalu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut bahwa Provinsi Jawa Tengah merupakan daerah dengan angka kesembuhan yang rendah dan tingkat tingkat kematian yang tinggi terkait virus corona (Covid-19).

  • Presiden Joko Widodo punya beberapa pesan nih gengs buat kamu kala menghadapi pandemi: makan makanan halal, istirahat yang cukup, olahraga yang teratur dan jangan stres.

  • Over the weekend kemarin, dua orang komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkonfirmasi positif Covid-19. Keduanya adalah sang ketua Mas Arief Budiman dan komisioner Pramono Ubaid Tantowi.

  • Masker bahan scuba dan buff mulai tidak dianjurkan lagi karena dianggap gabisa menangkal droplet dari virus Covid 19.

  • Sabtu kemarin, diketahui bahwa telah ditemukan patogen virus Covid-19 pada sampel produk ikan beku asal Indonesia yang diekspor ke China. Meski begitu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebut bahwa nggak ada gangguan dalam aktivitas ekspor produk perikanan dari Indonesia ke China.
Globally
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 30.815.617 kasus dan 957.633 kasus meninggal.

  • Negara-negara dengan kasus Covid-19 terbanyak adalah Amerika Serikat (6.767.634 kasus), India (5.400.619 kasus), Brazil (4.528.240 kasus), Russia (1.098.958 kasus), dan Colombia (758.398 kasus).

  • Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyatakan bahwa Inggris Kembali mengalami gelombang ke-2 virus corona. Karenanya, London juga lagi siap-siap mau lockdown lagi.

  • Masih dari Inggris, pemerintah setempat baru aja mengeluarkan peraturan bahwa kalo ada warganya yang menolak self-isolation dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19, maka warga tersebut bakal kena denda sebesar 10.000 Poundsterling atau sekitar USD $13.000.

  • Presiden Amerika Serikat Donald Trump baru aja mengumumkan bahwa bakal ada vaksin yang cukup untuk seluruh warganya per April tahun depan.

  • Dalam empat hari terakhir, New Zealand belum melaporkan satupun kasus Covid-19.

  • Virus Covid-19 kembali mengalami peningkatan di Eropa. Kemarin, Prancis baru aja mengkonfirmasi 10.569 kasus baru, yang turun dari jumlah laporan sehari sebelumnya yakni 13,498 kasus. Selain itu, Kota Madrid di Spanyol juga lagi siap-siap mao partial lockdown.

  • Korea Selatan tetap memberlakukan kebijakan social distancing level dua menjelang hari libur nasionalnya, Chuseok Holiday yang biasa diisi dengan kumpul-kumpul keluarga. Dengan aturan social distancing ini, pemerintah mengatur bahwa ngumpul indoor cuma boleh dilakukan oleh kurang dari 50 orang, dan outdoor gathering cuma boleh dilakukan oleh kurang dari 100 orang.

  • WHO baru aja meng-endorse percobaan obat herbal yang dinilai berpotensi jadi obat Covid-19 asal Afrika. Adapun percobaan ini udah mencapai fase ketiga yang dilakukan untuk menjamin keamanan dan keampuhan obat tersebut.

Who’s just decided to donate some $$$?

Asian Development Bank aka ADB.

Donating what?

Money, dong. Jadi dalam sidang tahunannya yang ke-53 dan digelar secara virtual pada 16-18 Agustus kemarin, negara-negara ADB setuju untuk ngasih dukungan dana hibah buat negara-negara miskin dan rentan di kawasan Asia Pasifik akibat pandemi Covid-19 ini.
 
And we’re talking about how much?
Well, lebih dari US$20 miliar untuk 4 tahun ke depan dimulai dari 2021 hingga 2024.
Hold on. Tell me what ADB is again..
Yhaa jadi ADB ini adalah bank di kawasan Asia Pasifik yang berperan untuk membantu para anggota dan mitranya dalam meningkatkan ekonomi dengan cara ngasih pinjaman, technical assistance, dana hibah (grants), dan investasi ekuitas. So far, ADB ini terdiri dari 68 negara anggota (49 negara di kawasan Asia dan Pasifik, 19 negara lain di luar kawasan).  Jadi tiap-tiap negara punya saham gitu guys, di ADB ini, dan fyi, Indonesia adalah pemegang saham di ADB yang terbesar keenam.
Whoaaa….
Right. Nah soal sumbangan ini, Menteri Keuangan Bu Sri Mulyani menyebut bahwa Indonesia bakal berkontribusi sebesar Rp176,4 miliar yang akan dialokasikan untuk sektor kesehatan, risiko bencana, adaptasi perubahan iklim, gender, infrastruktur, dan good governance.
 
I see…
Dalam keterangannya Bu Ani menyebut bahwa selama ini, ADB adalah mitra pembangunan yang selama ini udah sering bantuin Indonesia juga. FYI, pada April 2020 kemarin, ADB baru aja menyetujui program fast track financing sebanyak US$1,5 miliar untuk dukung Pemerintah RI mengatasi covid-19.
 
I see. Anything else? 
Well, in case you’re wondering, Sidang tahunan ADB ini dihadiri oleh para Menteri Keuangan dan juga Menteri Kesehatan yang menggelar sidanganya secara entirely virtual. Adapun sidang tahunan ADB berikutnya rencananya bakal dilaksanakan pada 2 – 5 Mei 2021 di Tbilisi, Georgia.

When you’ve been receiving new packages for the 121821th time this month…

Yep, makin lama di rumah, makin sering juga kita nerima paket dari…online shop. We’re soooo guilty as charged. 
 
OK…
Nah kali ini, kita juga lagi mau bahas soal paket-paketan di Istana Merdekanya Amerika Serikat, Gedung Putih, yang baru aja menerima paket juga. But a quite unpleasant one.
What package?
Jadi paket yang ditujukan buat Presiden Donald Trump dan nyampe ke White House minggu lalu itu ternyata mengandung risin, yang merupakan racun. Diduga kuat bahwa paket ini datang dari Kanada.
 
WHOAAA…
Yep, menurut keterangan dari pihak keamanan AS, dijelaskan bahwa paket-paket yang mau masuk ke White House biasanya di-screening dan dites dulu, dan setelah dua kali melewati prosedur pemeriksaan, ketauan lah bahwa paket ini beracun.
OMG….Does Canada have a say, though?
Yep, Juru bicara Menteri Keamanan Publik Kanada Mary Liz-Power menyebut bahwa pihaknya sudah mengetahui terkait penemuan ini. Beliau juga bilang bahwa Kanada udah menjalin kerja sama dengan pihak keamanan AS untuk menyelidiki kasus ini secara lebih jauh. Selain itu, karena proses investigasinya sedang berlangsung, mereka nggak bisa komentar lebih banyak.
Wait, what is this “ricin” thing like?
Jadi, Ricin itu semacam racun alami yang dibuat dari castor beans. Racun ini biasanya digunakan ketika mau melakukan teror ke orang lain dan bisa berbentuk bubuk, pellet, kabut, atau acid form. Kalau sampe kemakan, racun ini bisa menyebabkan mual, muntah, dan pendarahan pada perut dan usus yang akhirnya bisa menyebabkan gagal hati, ginjal, hingga meninggal.
OMG, ngeri juga.. 
Yep.  Menurut pihak berwajib, ditemukan juga beberapa paket yang sama di wilayah Texas. Diduga juga, paket-paket ini dikirimkan dari orang yang sama dari Kanada. Terkait penemuan ini, pihak FBI, Secret Service dan US Postal Service lagi menginvestigasi lebih jauh dan menyatakan bahwa so far, paket-paket ini tidak mengancam keamanan publik.

Who were we mourning over the weekend?

RIP Hakim Agung Amerika Serikat, Ruth Bader Ginsburg (RBG). 
Hakim Agung Ruth yang juga dikenal dengan inisialnya RBG baru aja meninggal pada Jumat lalu diusianya yang ke-87 tahun karena penyakit kanker pankreas. Ginsburg pertama kali diangkat jadi Hakim Agung Amerika Serikat sejak tahun 1993, dan merupakan perempuan kedua yang menduduki posisi tersebut di AS.
Selama hidupnya, RBG dikenal vokal dalam menyuarakan kesetaraan gender dan berbagai isu progresif lainnya kayak hak aborsi, pernikahan sesama jenis, imigrasi, dan kesehatan. RBG sendiri sering banget mengalami diskriminasi gender di bidang kerjanya yang emang sangat didominasi sama laki-laki. Jadi sejak awal lulus dari Columbia Law, RBG yang juga lulusan terbaik itu sempet susah nyari kerja sebagai pengacara. Dalam wawancaranya, RBG menyebut bahwa hal ini nggak lain karena latar belakangnya yang seorang Jewish, perempuan, dan ibu. Despite everything, she managed to soar high in her career dan pada tahun 1993 itu, beliau dinominasikan jadi hakim agung sama Presiden Bill Clinton. Sepanjang hidupnya, RBG banyak meninggalkan “warisan” terkait kesetaraan, salah satunya adalah beliau jadi sering “ngajarin” perspektif gender pada rekan kerjanya yang cowok-cowok. Menurut RBG, pengalaman ini bikin dia merasa punya peran sebagai “guru TK”.
Bagi RBGa meaningful life is ‘living not for oneself, but for one’s community’.

“Selama COVID-19 saya tidak pernah keluar Jabodetabek,”

Gitu kata Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Pak Arif Satria yang baru aja terkonfirmasi positif Covid-19 minggu lalu. Pak Arif menyebut bahwa sebelum terkonfirmasi positif, dirinya emang beberapa kali menerima tamu dan ikutan sejumlah acara, tapi yha kegiatannya hanya dijalankan sebatas di Bogor aja…

 
For when you need more reasons to stay at home…

Angel’s Stories

1. My angel story is about Catch Me Up itself. Pengen ngucapin terima kasih sama tim Catch Me Up specially buat edisi hari Jum’atnya yang mind blowing dan sering quote-nya membantu pekerjaanku. hehe. Kebaikan ini, yang disampaikan di setiap hari Jum’at ini, insyaa Allah berlipat-lipat balasannya. I wish you all for blessings. Lots of love from Jogja. -ay-
2. Pekan lalu, aku sama temenku ke Mbah Ganis di ujung Kaliurang makan sate dan tongseng kelinci. Aku yang ngajak. Setelah makan, aku yang bayar karena katanya dia gak punya cashAnyway, dia tuh orang kaya lah. Sebelumnya, di perjalanan ke sana tuh kita singgah di museum Ulen Sentalu. Tiketnya aku yang bayar juga dengan harapan dia bakalan ganti. Setelah beberapa hari, dia belum juga bayar, dan uang kiriman ku habis. Aku gak minta ke ortu krn belum waktunya minta lagi. Aku sempat gak makan sama sekali selama dua hari. Sempat muncul penyesalan karena telah mengajak temanku. Setelah itu, tiba-tiba ada uang masuk ke rekening bukan dari ortu. Gak ada yang tau nomer rekeningku selain ortu. Dan jumlahnya itu persis sama dengan pas sebelum aku ngajak dia. Aku gak tau siapa yang ngirim. Sempet merinding sih. Setelah kejadian itu, aku jadi percaya bahwa ketika kita memberi, apa yang telah kita berikan pasti akan kembali kepada diri kita sendiri.
-Anonim, Yogyakarta-
3. Ini kejadian simple banget sih sebenernya tapi membekas lama di perasaan aku. Jadi minggu lalu, aku liat seorang tukang keset kaki yang lagi jalan sendirian sambil menjajakan dagangannya. Waktu itu aku mikir, siapa yang mau beli keset lagi pandemi gini? Eh nggak lama kemudian aku liat ada tukang gojek yang berhenti di samping tukang keset itu dan langsung mengeluarkan uang sepuluh ribuan buat si tukang keset. Abang gojeknya kemudian menolak untuk dikasih keset dan bilang bahwa uang itu buat abangnya makan aja. Si abang keset keliatan seneeeng banget sampe bilang makasih berkali-kali. Aku jadi terharu banget liatnya huhuhu…
-Seseorang di Jakarta Timur-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)

Catch Me Up! Recommendations

For when you’ve been trying to cook new recipes and starting to feel the pressures… everyone, meet: cooking burnout.