Corona Updates 14 September 2020

43

And here we go: Your Covid-19 weekly briefing.

Another week, another Covid-19 recap. So here’s your briefing, and as always, we’re gonna start from…

Home.

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 218.382 kasus, 8.723 meninggal, dan 155.010 sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (52.840 kasus), Jawa Timur (37.839 kasus), Jawa Tengah (17.460 kasus), Jawa Barat (14.231 kasus) Sulawesi Selatan (13.235 kasus).
  • Kemarin, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pak Doni Monardo bilang bahwa semua orang bisa kena virus Covid-19, meskipun nggak pernah ke luar rumah. Pak Doni bilang, hal ini berdasarkan pada data pasien Covid-19 di RS Wisma Atlet Kemayoran, di mana 7 persen dari 944 pasien merupakan orang yang nggak pernah ke luar rumah. Beliau menyebut, orang-orang ini jadi kena Covid-19 karena ada anggota keluarganya yang sering keluar-masuk rumah.
  • Hari ini, DKI Jakarta fix menjalani PSBB total. Menurut Gubernur DKI Jakarta Pak Anies Baswedan, keputusan ini diambil karena angka kasus covid-19 di DKI Jakarta makin mengkhawatirkan, di mana tambahan kasus harian dalam beberapa hari terakhir mencapai 1.000 kasus.
  • Sejauh ini, tercatat udah ada 115 dokter di Indonesia yang meninggal akibat tertular Covid-19. Menurut keterangan dari Ikatan Dokter Indonesia ( IDI), angka kematian dokter di Indonesia saat ini tercatat yang tertinggi di Asia. RIP
  • Untuk mengantisipasi penambahan angka pasien Covid-19, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi lagi menyiapkan Stadion Patriot Candrabhaga untuk merawat pasien yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG). FYI, saat ini rumah sakit rujukan yang ada di Kota Bekasi kapasitasnya udah terisi 90 persen oleh pasien Covid-19.
  • Dalam seminar yang digelar di salah satu kampus di Medan, Sumatera Utara weekend kemarin, Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut bahwa kesadaran warga Sumut untuk pake masker masih rendah. Beliau juga menyatakan bahwa Sumut merupakan provinsi dengan jumlah penambahan kasus yang tinggi.
  • Secara lagi menjelang musim kampanye pemilu, Gubernur Maluku Murad Ismail bilang bahwa dirinya bakal menurunkan baliho pasangan calon yang nggak pake masker. Menurutnya, kebijakan ini berlaku untuk ngasih contoh ke warga biar pada nurut pake masker.
  • Wali Kota Jambi Syarif Fasha tadi malam mengumumkan lewat IGTV bahwa dirinya positif terinfeksi Covid-19. Saat ini, beliau lagi diisolasi di salah satu rumah sakit di DKI Jakarta.
  • Seiring dengan meningkatnya angka penderita Covid-19 di Kota Tangerang, Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah bilang bahwa pihaknya bakal mengkaji ulang beragam kelonggaran dalam penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

 And, globally…

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 28.787.808 kasus dan 920.795 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (6.486.401 kasus), India (4.754.356 kasus), Brazil (4.315.687 kasus), Russia (1.059.028 kasus), dan Peru (716.670 kasus).
  • Kemarin, Perancis baru aja memecahkan rekor penambahan kasus hariannya terbanyak dalam satu hari, yaitu 10.000 kasus baru.
  • While the rest of the world is still gripping with the pandemic, kondisi di tempat awal virus ini ditemukan, yakni di Wuhan, China, udah berangsur normal. Jumat minggu lalu, jumlah penerbangan domestik di Bandara Internasional Wuhan udah kembali ke jumlah sebelum Covid-19, yakni 500 penerbangan per hari.
  • Minggu lalu, untuk pertama kalinya ditemukan ada tiga kasus Covid-19 di kamp pengungsi Suriah yang ada di Jordania. Seiring dengan penemuan ini, organisasi PBB yang mengatur soal pengungsi, UNHCR menyebut bahwa pihaknya bakal meningkatkan upaya untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 di kamp tersebut, secara ada sekitar 120 ribu orang pengungsi tinggal di sana.
  • Setelah sempat dihentikan kemarin, upaya pengembangan vaksin yang dilakukan sama universitas Oxford, kerja sama dengan perusahaan farmasi AstraZeneca bakal kembali dilanjutkan. FYI, tadinya, upaya ini sempat dihentikan karena ditemukan “unexplained illness” dalam volunteers yang menerima uji coba atas calon vaksin tersebut. Meski begitu, belum tau nih, kapan proses pengembangannya bakal dimulai kembali.
  • Hari Sabtu kemarin, ada seenggaknya 14 orang yang ditangkap sama  polisi di Melbourne, Australia, gara-gara mereka demo nggak mau nurut sama protokol lockdown-nya pemerintah. FYI, saat ini Melbourne lagi memberlakukan level 4 pembatasan sosial karena kasus Covid-19 di sana yang terus bertambah.
  • Seiring dengan makin parahnya kebakaran lahan yang terjadi di California, Amerika Serikat, otoritas medis di sana mengingatkan warga bahwa kondisi ini bisa bikin resiko terjangkitnya virus Covid-19 meningkat. Hal ini karena polusi asap bisa memperparah gejala Covid-19, ditambah dengan makin sulitnya warga untuk mempraktekkan social distancing.