Anjing Bisa Mendeteksi Virus Corona

21

For when there’s a “cuter” way to detect Covid-19…

Everybody, meet: sniffer dog.
Yep, as if we haven’t been blessed with their cuteness and loyalty, ternyata anjing juga diketahui bisa mendeteksi virus Covid-19 pada pasien yang mengidapnya. Jadi dalam penelitian yang dilakukan University of Helsinski, Finlandia, ditemukan bahwa anjing yang udah dilatih untuk bisa mendeteksi penyakit lain seperti diabetes dan kanker ternyata juga bisa mendeteksi virus Covid-19 dengan akurasi mencapai hampir 100 persen.
Seiring dengan penemuan ini, sekarang kalo kamu (by any chance!) terbang lewat Bandara Hesinski, kamu bakal disambut sama empat ekor anjing yang “memeriksa” kamu. Caranya, para penumpang yang baru dateng diminta untuk mengelap tubuhnya dengan handuk, lalu handuk-handuk tersebut bakal dikasih ke anjing-anjing tadi untuk dideteksi. Biasanya, kalo mereka emang menemukan ada virus Covid-19 di sana, mereka bakal ngasih tanda dengan menggonggong, pawing, hingga berguling di lantai. Setelah melalui proses ini, baru penumpang yang ditandai si anjing tadi diminta untuk melakukan tes lanjutan kayak tes swab.
Belum ketauan bau apa yang dicium oleh anjing-anjing ini untuk bisa mendeteksi virus Covid-19, namun emang sejak Juni lalu, para peneliti di Prancis juga udah menemukan bahwa penderita Covid-19 punya aroma badan yang beda sama orang yang sehat, dan perbedaan aroma ini yang bisa dirasakan oleh para anjing. Hebatnya lagi, anjing-anjing ini juga bisa mendeteksi Covid-19 jauh sebelum penderitanya menunjukkan gejala.
 
Hi paw!