100 Dokter Meninggal Akibat Covid-19

26

What’s just hit a grim milestone?

Sumber foto: Portonews.com
What?
Jumlah dokter yang meninggal gara-gara Covid-19.
OMG…
Yep, jadi menurut catatan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), sejauh ini udah ada 100 orang dokter yang meninggal sejak wabah Covid-19 menyebar di Indonesia selama lima bulan terakhir. Diketahui, seluruh dokter ini telah dinyatakan terinfeksi virus Covid-19.
 
Tell me more…
Jadi menurut data dari Pandemic Talks yang melakukan analisis kematian dokter menggunakan data IDI hingga 21 Agustus lalu, ditemukan beberapa fakta soal meninggalnya para dokter ini. Misalnya, diketahui bahwa 59,3 persen dokter meninggal berada pada usia lanjut, dan 40,7 persen berada di usia kurang dari 50 tahun.
Terus-terus…
Selain itu, kasus kematian dokter juga banyak terjadi pada dokter umum, yakni 54,7 persen, sementara dokter spesialis adalah 45,3 persen. Selain itu, diketahui juga bahwa hanya 12 persen pasien meninggal yang spesialisasinya memang secara khusus merawat covid-19, yakni Ahli Penyakit Dalam (IPD), Ahli Paru, hingga Ahli Anastesi.
 
Anything else then? 
Selain itu, kematian dokter setelah terpapar Covid-19 juga paling banyak berada di pulau Jawa, yaitu sebesar 65 persen dari seluruh kasus dokter meninggal. Sementara persentase kasus dokter meninggal terendah ada di Bali yaitu 3 persen.