World Economic Forum [WEF] Ditunda Sampai Musim Panas 2021

42

What’s being postponed due to covid 19?

Sumber foto: cnbc.com
Dude, everything.
Well, here’s one more thing to be added to the list: The World Economic Forum’s annual meeting. 

Itu apaan sih? 
Jadi, World Economic Forum (WEF) adalah organisasi internasional yang melakukan kerjasama antara lembaga publik dengan lembaga privat. Lembaganya udah ada sejak tahun 1971, dan kantornya di Jenewa, Swiss.
 
Fancy fancy…
Yhaaa bisa dibilang gitu karena pertemuannya ini mempertemukan tokoh-tokoh penting dan berpengaruh di bidang politik, bisnis, budaya, dan tokoh masyarakat lainnya untuk membentuk agenda-agenda global, regional, dan industri.
 
So…it’s cancelled?
Postponed. Jadi sejak tahun 1971, forum ini selalu digelar setiap tahun di Davos, Swiss. Nah, untuk pertemuan tahun depan, yang awalnya dijadwalkan pada bulan Januari 2021, bakal diundur jadi awal musim panas 2021.
 
Masih gara-gara Covid-19?
Yuhuuu apa lagi. Dalam keterangannya kemarin, perwakilan dari WEF Adrian Monck menyebut bahwa keputusan ini nggak diambil dengan mudah, secara saat ini tuh penting banget digelar adanya pertemuan yang mempertemukan para pemimpin negara untuk membikin rencana pemulihan pasca Covid-19. Meski begitu, Adrian menyebut bahwa berdasarkan saran dari para ahli, kondisinya masih belum aman klo WEF-nya digelar di bulan Januari.
I see…and? 
Selain di-postponed, WEF juga menyatakan bahwa mereka bakal menggelar digital forum yang judulnya “Davos Dialogues” pada Hari Minggu dari 25 Januari mendatang. Rencananya, acara virtual ini bakal dihadiri oleh para pemimpin dunia untuk sharing ide-ide tentang dunia di tahun 2021.  So far, belum ada perubahan dari rencana ini.
 
I see. Anything else?
Well, just FYI, pertemuan WEF selama ini selalu dihadiri oleh tokoh-tokoh pemimpin global yang berpengaruh. For example, di pertemuan Januari 2020 kemarin, ada speech dari Presiden AS Donald Trump, presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde, hingga aktivis lingkungan Greta Thunberg.  Selain mereka, banyak juga businessman yang dateng, kayak George Soros, JP Morgan, Bridgewater Associates and many more.