Upacara HUT RI ke-75 Di Istana Negara, Corona Updates 18 Agustus 2020, Kemenkeu Terbitkan Uang Khusus Kemerdekaan

48

For when you spent the weekend doing everything but reading news…

Sumber foto: cnnindonesia.com

Well, chances are that you prooooobably missed what was going on in the National Palace aka Istana Negara yang baru aja memperingati Hari Kemerdekaan RI dengan cara baru. But you’re on the right email, because we will catch you up! 


The party theme…
Is “Indonesia Maju”. Nope, it’s not 80s or Arabian Nights kinda theme, but seriously, it’s Indonesia Maju. Jadi menurut keterangan dari Setneg, tema ini diambil untuk merepresentasikan Pancasila sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara yang memperkokoh kedaulatan, persatuan, dan kesatuan Indonesia dalam mengisi kemerdekaan.
And the party protocols…
Well, pastinya, much different from the past years. Jadi pertama, Upacara 17 Agustus tahun ini bener-bener diselenggarakan secara  minimalis dan khidmat, thanks to the pandemic. Selain itu, upacara juga mengikuti protokol kesehatan dengan ketat dan hanya dihadiri oleh enam orang pejabat negara, sedangkan selebihnya menghadiri secara virtual.
 
And on the RSVP lists…
Are the president, vice president, Ketua MPR, Menteri Agama, Panglima TNI dan Kapolri. Meski begitu, keliatan juga ada beberapa pejabat yang muncul di istana, kayak, Ketua DPR RI, Puan Maharani, Menteri Sosial Juliari Batubara, Ketua DPD, dan pada pejabat lain.
 
How was the party going?
Yhaaa tetap ada upacara bendera. Tetap ada Paskibraka yang mengibarkan bendara merah-putih dan…tetap ada acara hiburan, meskipun untuk hiburannya entirely virtual guys. Jadi di peringatan tahun ini, nggak ada lagi panggung yang dikhususkan untuk hiburan. Sebagai gantinya, para pengisi acara kayak Tiara Idol, Nowela, hingga paduan suara Gita Bahana Nusantara menunjukkan kebolehannya secara virtual.
What about the party planner?
Well, this year, pastinya petugas upacara jumlahnya jauuuuh lebih dikit dibanding tahun-tahun sebelumnya. Adapun petugas yang hadir di istana cuma terdiri dari satu komandan upacara, tiga orang pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka), 20 orang pasukan upacara dari TNI/Polri, 24 orang korps musik, dan dua orang MC. Selain itu, ada juga 17 anggota TNI yang bertugas sebagai pasukan pelaksana tembakan kehormatan saat upacara detik-detik proklamasi.
There must be also a dress code…
Yep, kayak tahun-tahun sebelumnya, dress code tahun ini juga adalah ‘pakaian adat. Jadi dalam upacaranya, diketahui bahwa Pak Jokowi pakai pakaian adat dari Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Bu Iriana Joko Widodo memakai baju kurung adat Minangkabau,  Sumatera Barat. Adapun Wapres Kiai Ma’ruf Amin dan istri, Bu Wury Estu Handayani kompakan pake baju adat dari Kepulauan Riau.
 
So, only them?
Ga juga. Para pejabat lain yang ikut upacara secara virtual juga memakai busana daerah, di antaranya, Menko PMK Pak Muhadjir Effendy yang pake baju adat dari Pulau Rote, NTT, dengan topi khas Ti’i Langga, Menko Polhukam Mahfud MD yang pake busana adat Madura, sampe 34 orang Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang pake busana adat dari setiap provinsi yang ada di Indonesia.
 
Sounds cool. Anything else?
Meski tamu fisiknya dikit, upacara HUT ke-75 RI ini mendapat penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) karena pelaksanaan upacaranya diikuti oleh peserta dengan jumlah terbanyak secara virtual, which was 17.845 orang, termasuk juga Duta Besar RI di seluruh negara. Menurut pendiri MURI, Jaya Suprana, pemecahan rekor ini nggak cuma di Indonesia, tapi di tingkat internasional juga karena belum pernah ada upacara kemerdekaan negara lain yang dilakukan secara virtual.

Hi, it’s still your weekly Covid-19 updates…

Sumber foto: news.yahoo.com

As usual, first day of the week means your weekly Covid-19 updates. From home and globally, we round up everything for you…

First stop, nationally…

  • Per hari kemerdekaan kemarin, total kasus positif corona di Indonesia adalah 141.370 kasus, 6.207 meninggal, dan 94.458 sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (29.400 kasus), Jawa TImur (27.903 kasus), Jawa Tengah (11.639 kasus), Sulawesi Selatan (11.051 kasus), dan Jawa Barat (8.595 kasus).
  • Hanya ada tiga provinsi yang kemarin nggak melaporkan kasus baru COvid-19, yakni Bengkulu, Kalimantan Barat, dan Nusa Tenggara Timur.
  • 1.039 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana di Banten bakal menjadi relawan uji coba vaksin covid-19. Terkait hal ini, Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy merasa bangga terhadap para relawan WBP, karena mereka termasuk relawan WBP pertama.
  • Sekelompok lembaga terkait pendidikan yang tergabung dalam Koalisi Warga Lapor Covid-19 menolak keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim yang membuka kembali sekolah secara tatap muka di tengah masa pandemi covid 19. Menurut mereka, hal ini bisa menjadi arena transmisi virus corona penyebab Covid-19.
  • Uji coba SMA/SMK tatap muka di Jawa Timur bakal dimulai Selasa hari ini.  Menurut Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Wahid Wahyudi, kebijakan ini tidak berlaku di Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo karena masih di zona merah.
  • Total pasien yang dirawat di Rumah Sakit Darurat covid-19 Wisma Atlet so far adalah 1.357 pasien, 769 pria, dan 592 perempuan.
  • Asrama Dokter di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diubah menjadi tempat isolasi khusus pasien tanpa gejala. Tempatnya ada di kompleks RSUD Wates, dan bisa menampung 32 pasien.
  • Di Sulawesi Tenggara (Sultra) total pasien sembuh dari virus corona bertambah jadi 842 orang per 17 Agustus 2020.  Total kasus positif di Sultra adalah 1.216 kasus.

And globally…

  • Per kemarin, total kasus positif corona di dunia adalah 2.749.290 kasus, dengan total 776,395 kematian.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika (5.410.215 kasus), Brazil (3.340.197 kasus), India (2.647.663 kasus), Russia (925.558 kasus), dan Afrika Selatan (587.345 kasus).
  • Malaysia dan Singapura udah kembali membuka perbatasan antara kedua negara dan mulai memperbolehkan perjalanan untuk kerjaan di antara warganya. Adapun durasi perjalanannya dibatasi menjadi 14 hari maksimal, dan strictly untuk kerjaan aja. Meanwhile, perbatasan untuk turis masih ditutup.
  • China baru aja memberikan hak paten atas vaksin Covid-19 pertamanya kepada perusahaan bioteknologi, CanSino Biologics Inc. Terkait perkembangan ini, media resmi pemerintah People’s Daily menyebutkan bahwa udah ada beberapa negara kayak Arab Saudi, Rusia, Brasil dan Chili yang uda ngobrol-ngobrol terkait kemungkinan uji coba vaksin tahap III di negara-negara tersebut.
  • Meanwhile, perusahaan yang lagi ngembangin vaksin Covid-19 juga, namanya Novavax dari Amerika Serikat baru juga mengumumkan bahwa mereka bakal uji coba (mid-stage study) vaksinnya di Afrika Selatan. Tahapan ini adalah uji coba fase kedua dari vaksin yang namanya NVX-CoV2373, dan rencananya bakal ada 2.665 orang dewasa yang sehat yang bakal  melakukan uji coba vaksin tersebut.
  • Just fyi, but the US is considered to have the WORST response to coronavirus compared to any major country. Yep, hal ini disampaikan sama Directornya Harvard Global Institute of Health, Dr. Ashish Jha. Menurutnya, kebijakan beberapa negara bagian di Amerika Serikat yang nggak merespons dengan cepat penyebaran Covid-19 (bahkan ada yang menganggap virusnya sebenernya ga ada!) bikin penanganan pandemi di US jadi lamban dan kurang efektif. So far, udah sekitar 170ribu kematian di US gara-gara Covid-19.
  • Seiring dengan munculnya lagi kasus Covid-19 di New Zealand, Perdana Menteri Jacinda Ardern mengumumkan bahwa negaranya bakal menunda pemilu legislatif selama empat minggu sampe Oktober mendatang. Jadi emang setelah lebih dari 100 hari being Covid-free, per kemarin, NZ menemukan 52 kasus baru lagi. FYI bahwa selain menunda pemilu, NZ juga memberlakukan lockdown level dua.
  • Per kemarin, Italia kembali menutup nightclubs dan dance halls di seantaro negaranya sampai tanggal 7 September nanti. Hal ini seiring dengan bertambahnya lagi kasus Covid-19 di negara tersebut, yang mayoritas penderitanya adalah anak muda.
  • Pemerintah Kota Seoul di Korea Selatan tengah berupaya menempuh jalur hukum terkait kasus penularan Covid-19 atas sekitar 315 orang jemaah gereja yang terdeteksi positif. Hal ini karena para pengurus gereja diduga melanggar aturan dengan menggelar perkumpulan yang totalnya dihadiri oleh lebih dari 4000-an orang. Terkait hal ini, pihak gereja menampik semua tuduhan dan bilang bahwa mereka udah ngikutin aturan protokol kesehatan.
  • Jepang baru aja melaporkan GDP terendahnya sejak tahun 1980an, thanks to the pandemic. Jadi dalam laporannya kemarin, Kemenkeu Jepang melaporkan bahwa pertumbuhan ekonominya menurun hingga 7.8% pada kuarter dua tahun ini, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Selain itu, angka konsumsi warga Jepang juga menurun hingga 8,2%, seiring dengan berlakunya kebijakan darurat nasional yang berlaku selama enam minggu di bulan April-Mei lalu.

For when you sing “new money, suit and tie…”

Sumber foto: CNBC Indonesia.com

Or just new money. 
Kayak Kemenkeu yang bertepatan dengan Peringatan Hari Kemerdekaan RI kemarin baru aja menerbitkan uang khusus kemerdekaan aka commemorative money senilai 75.000. Jadi emang guys, dalam merilis uang khusus kayak gini, Bank Indonesia cuma mengambil momen-momen tertentu aja, kayak 25 tahun kemerdekaan dan 50 tahun kemerdekaan dan beberapa event-event lainnya. FYI, uang kertas khusus ini memiliki warna merah dengan paduan warna putih dan hijau. Adapun designnya, ada gambar dua proklamator kemerdekaan Indonesia yaitu Bung Karno dan Bung Hatta, serta di baliknya ada gambar anak-anak yang pake baju adat dari berbagai daerah di Indonesia. Ga lupa juga, ada tandatangannya Gubernur BI Pak Perry Warjiyo dan Kemenkeu Ibu Sri Mulyani Indrawati. Nah, secara uang khusus, maka pecahan 75ribu ini bukan merupakan uang baru, tapi emang hanya diterbitkan untuk agenda tertentu. Want to have some? Find out how, here.

“Kita feel comfortable,”

Gitu kata Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan saat menjelaskan soal posisi pemerintah yang siap menghadapi resesi ekonomi tahun ini akibat pandemi Covid-19. Opung Luhut bilang, oooo apa yang terjadi, terjadilah, soalnya kita siap menghadapi resesi, thanks to infrastruktur, program, dan eksekusi pemerintah yang kuat.
Ketika kamu udah deket sama gebetan tapi nggak jadian-jadian…

Angel’s Stories

1. Akibat pandemi semua sektor ekonomi terkena dampaknya. Salah satunya industri kreatif. Beberapa waktu lalu saya ga sengaja ngeliat postingan teman yang bekerja sebagai videografer. Akibat pandemi ini kantornya lagi ga ada orderan. Trus dia iseng aja bikin video keseharian keluarganya, semoga dengan itu bisa mendatangkan rezeki buat dia dan keluarga. Seketika saya mikir, apa ya yang bisa saya bantu untuk dia? Eh, ga lama setelah itu sahabat saya yang bekerja di salah satu Development Partner minta rekomendasi videografer buat bantuin project dia di wilayah Indonesia Timur. Tanpa pikir panjang saya langsung merekomendasikan temen saya tersebut sebagai calon vendornya. Alhamdulillah setelah melalui beberapa tahapan seleksi, akhirnya mereka kerja sama. Selain saya bantu temen yang di Jakarta, temen tersebut juga membuka pintu rezeki buat tim yang bantuin di daerah. Dia juga berterima kasih karena saya telah merekomendasikannya. Doakan saya bisa bantu dan bermanfaat untuk lebih banyak orang ya teman-teman. Aamiin 😊
-Ada-
2. Hi, teman-teman CMU! Masih ingat ceritaku di Angel’s Stories tentang seseorang yang ngasih buku gratis ke aku pada 29 Mei? Nah, kali ini, aku punya cerita berbeda lagi tentang dia. So, setelah moment pemberian buku gratis itu, pertemananku dan dia semakin dekat dan serasa udah kayak keluarga. Aku bahkan berniat untuk datang ke rumahnya, but, karena ada si miss Rona, yaaa dahlah :((. Namun, hal tersebut gak mengurangi kedekatanku sama dia. Kami bahkan sering chatting dan sharing satu sama lain, tapi biasanya sih lebih sering membahas soal pendidikan karena dia anak kuliahan dan aku anak SMA yang sebentar lagi masuk dunia perkuliahan. Nah, kira-kira 3 days ago, entah kenapa perasaanku tiba-tiba down gitu dan bawaannya insecure aja 🙁 aku coba untuk menghibur diri dan nontonin story orang-orang. Nah, kebetulan si kakak sosmed ini bikin story webinar gitu. Pas aku liat, salah satu narasumbernya itu ternyata kakaknya si kakak ini yang sekarang lagi praktik (we know, dampak dari pandemi ini salah satunya dalam bidang pendidikan, mereka yang harusnya praktik jadi disuruh cari cara lain untuk dapet nilai). Karena topik yang dibahas cukup menarik, akupun juga ikut mempromosikannya dan berniat bakal ikut webinar itu juga (btw, 50% kegiatanku di masa pandemi adalah ikut webinar, hehe). Bahkan aku share ke grup-grup besar di Telegramku. Entah kenapa, it made my feel better. Webinar itu pun akhirnya digelar kemarin. You know? Yang ikut cuma 31 partisipan :(( . Aku sempat sedih waktu itu, karena gak berhasil promosiinnya. Di sisi lain aku mencoba berpikir positif, mungkin orang-orang lagi sibuk. Acara webinar pun selesai, dan para narasumber mengucapkan terima kasih ke semua peserta webinar, aku lihat salah satu dari mereka ada yang kayak terharu gitu. Itu benar-benar membuatku merasa bahagia. Nah, pesan dari cerita ini, untuk teman-teman semua, yaitu jangan pernah sepelekan hal baik sekecil apapun. Motivasiku ikut webinar cuma satu: ingin menghargai orang lain. Sama halnya ketika ada yang minta like tugas atau ngisi kuisioner, bantu aja, karena bisa jadi, hal tersebutlah yang membuat harmoni hidup kita lebih berwarna dan berharga. Dan I believe, kebaikan itu akan dibalas dengan kebaikan pula.
-Kota Penghasil Intan-
3. Jadi aku mau sharing sedikit tentang seorang angel, yang adalah pacar aku sendiri. Satu hari, pacar aku cerita tentang OB yang kerja di kantor dia. Dia bilang, OBnya nih baik banget dan suka dia mintain tolong buat beliin pacarku ini makan siang. Nah kemarin OB ini lagi ngobrol sama pacarku. Dia curhat katanya mau ngecat rumah dia soalnya udah bocor-bocor kalo hujan. Pacarku cerita, tanpa mikir dia langsung ke ATM terus ambil cash dan kasih uang buat OB ini biar dia bisa beli cat. Kata pacarku, si OB langsung terima kasih berkali-kali, dan besoknya langsung kirim foto dia udah beli catnya. Ada lagi cerita, jadi ada sopir kantor yang kena PHK karena pandemi covid ini. Kebetulan pacarku sering diantar dia kalo tugas kerja dan suka ngobrol. Pas tau sopir ini kena PHK, pacar aku langsung ngehubungin dia. Sebisa mungkin kalo ada lowongan sopir (yang kebetulan keluarganya emang lagi cari sopir), dia akan hubungin bapak sopir ini. “Pokoknya bapak jangan ganti nomor, nanti saya hubungin kalo butuh sopir,” kata dia. Nih ya jujur, dari luar pacar aku gak keliatan kayak orang yang suka berbagi atau tipe yang demikian karena keliatan agak galak (hahaha), tapi deep inside hatinya lembut dan menjadi salah satu bukti kisah malaikat yang aku saksikan 🙂 love you so much Mas K.
with love, BU.
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)tu kata Men

Catch Me Up! Recommendations

For when you want to learn a new word: Climate justice. Learn more about it on tomorrow’s webinar. Pstttt our CEO will be there!