Ruangguru Donasikan Semua Pemasukan Dari Program Kartu Prakerja Ke BNPB

31

Who’s saying “We’re not taking the money!”

Sumber foto: detik.com

Ruangguru. 
 
Eh, gimana? 
Yep. kemarin, startup edutech Ruangguru baru aja ngumumin bahwa mereka bakal nyumbangin semua pemasukan yang didapat oleh Skill Academy by Ruangguru dari Program Kartu Prakerja ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk penanganan pandemi Covid-19.
Wait. I need some background.
Ok. Jadi guys, Ruangguru ini punya platform, namanya Skill Academy by Ruangguru yang merupakan satu dari delapan mitra digital di Program Kartu Prakerja milik pemerintah.
 
Bentar, Kartu Prakerja itu…?
Program pelatihan aka pengembangan potensi berupa bantuan biaya buat para pencari kerja, mereka yang kena PHK, sampe yang dirumahkan karena pandemi. FYI gengs, program ini emang udah dicanangkan sama Pak Jokowi sejak Pilpres 2019 lalu, cuma karena ada pendemi, semua kelas yang tadinya mau dibuat offline, jadi online.
 
I see… go on.
Nah jadi sistemnya kartu prakerja ini, kalo kamu udah terdaftar, kamu kemudian bakal dapet sejumlah dana yang bisa dipake buat mengakses kelas-kelas yang ada di program kartu prakerja, dan sebagiannya sebagai insentif. Kelasnya ini macem-macem, mulai dari komputer sampe bahasa asing. Adapun mitra penyedia kelas-kelas ini jumlahnya ada delapan, salah satunya si Skill Academy by Ruangguru tadi…
 
Oh…
Nah beberapa waktu lalu, adanya Skill Academy sebagai salah satu mitra di Program Kartu Prakerja sempet bikin rame, secara CEO-nya Ruangguru, Belva Devara saat itu menjabat juga sebagai Staf Khusus Milenialnya Presiden Jokowi. Hal ini disebut-sebut sebagai praktek conflict of interest, dan ga lama kemudian, Belva kemudian mengundurkan diri dari posisinya di stafsus.
I see. Terus?
Nah terus yaudah, Skill Academy kemudian lanjut jadi salah satu mitra di program Kartu Prakerja yang udah berjalan sampe tiga gelombang, dengan lebih dari 310ribuan peserta yang udah memanfaatkan kelasnya. Terkait hal ini, Ruangguru bilang bahwa mereka belum nagih pembayaran apapun ke pemerintah, dan setelah pembayaran diterima dan dipotong pajak, dana ini akan disumbangin semuanya ke BNPB.
Whoaaa…
Yep. Selain itu, seluruh biaya yang selama ini dikeluarkan untuk Program Kartu Prakerja kayak biaya produksi, tunjangan instruktur pelatihan, pembangunan infrastruktur online, layanan konsumen, dan aspek kepentingan usaha lainnya juga jadi tanggungjawabnya Ruangguru.
Tapi emang tujuannya apa si?
Kata Belva sih, lagi masa sulit pandemi Covid-19 ini, Ruangguru pengen ikut berkontribusi membantu masyarakat Indonesia. Karenanya, Ruangguru memutuskan untuk menyumbangkan seluruh pemasukan Skill Academy, dari awal program Kartu Prakerja sampe sekarang, kepada negara lewat BNPB. Belva juga bilang bahwa pihaknya udah mengirim surat ke BNPB untuk menyampaikan hal ini.
 
Clap, clap, clap…