Pesta Demokrasi Amerika Serikat

37

For when it’s election season in the US…

Sumber foto: theskimm.com

Yep, welcome to your US election brief 101, where you’ll get everything you need to know about, yep, right. The US 2020 election.
 
Maksudnya pemilu Amerika Serikat?
Yep, karena November nanti, warga AS bakal milih presiden. Kandidatnya udah clear banget sekarang, yaitu Donald Trump-Mike Pence dari Partai Republik, dan Joe Biden-Kamala Harris dari Partai Demokrat.
 
Cuma dua?
Yuhuu karena di sana, partai politik yang bisa mengajukan capresnya yha cuma dua itu aja.
 
I see ok. So, where do we start?

DNC and RNC, which stand for: Democratic National Convention, dan Republican National Convention. Intinya, konvensi nasional dari masing-masing partai.

 
Itu apa sih? 
Basically event yang digelar partai untuk mengumumkan pada publik soal arah kebijakan yang akan diambilnya, planning masa depan, daaaan…pengumuman resmi atas calon presiden yang akan mereka usung.
 
I see. Now tell me both.
You got it. Jadi kita bahas DNC dulu deh ya. DNC ini berjalan selama empat hari berturut-turut di Milwaukee, Wisconsin pada tanggal 17 sampe 20 Agustus kemarin. DNC ini digelar secara entirely virtual dan berisi speech dari tokoh-tokoh Partai Demokrat soal politics, dan dukungan terhadap capres yang didukung sama partainya. Dalam event yang dipandu sama Eva Longoria ini, beberapa tokoh kayak mantan capres Bernie Sanders, Michelle Obama, Hillary Clinton, dan Gubernur New York Andrew Cuomo gantian ngasih speech. Intinya: Dukung Biden-Harris, jangan nyoblos Trump lagi. PLZ.
 
Terus, Biden sama Harris-nya ada ngasih speech juga gak?
Ada dong, secara kan dalam kesempatan ini mereka juga resmi menerima nominasi dari Partai Demokrat. Dalam pidatonya, Biden bilang kalau Amerika lagi menghadapi empat krisis bersejarah, yakni pandemi covid 19, krisis ekonomi, ketidakadilan ras, dan climate change. Meski begitu, Biden bilang bahwa Amerika bisa melewati “musim kegelapan” ini, dan dia juga menjanjikan bakal ada planning baru dalam menghadapi covid-19 sejak hari pertama dia menjadi Presiden kalau terpilih. Sedangkan dalam acceptance speech-nya, Kamala Harris yang merupakan keturunan imigran dari India menyebut bahwa “nggak ada vaksin untuk rasisme.”
Got it. Now take me to RNC.
More like North Carolina, where the event is being held. Jadi RNC ini masih berlangsung, sejak 24 sampe 27 Agustus nanti. Event ini juga digelar virtual, meskipun ada sekitar lebih dari 300 orang delegasi yang bakal memberikan nominasinya secara resmi pada Trump. Isi kegiatannya juga sama, yaitu memberikan nominasi dan endorsement-endrsement buat pasangan incumbent.
Tell me how it goes…
A lot of Trump. Jadi di hari pertama kemarin, RNC menampilkan endorsement speech buat Trump dari beberapa tokoh, salah satunya mantan diplomat US untuk PBB, Nikki Haley. Terus hari ini rencananya bakal ada speech dari first lady Melania Trump, besok speech juga dari cawapres Mike Pence dan on the last day…Trump rencananya bakal muncul bareng keluarganya untuk menerima secara resmi nominations dari Partai Republik.
Sooo what’s next?
Bulan depan, beberapa negara bagian yang membarlakukan early voting aka nyoblos di awal akan memulai prosesnya. Selain itu, debat pilpres pertama juga bakal digelar pada 29 September mendatang di Cleveland, Ohio.