Pesta Demokrasi Amerika Serikat, Ekonomi Indonesia Masih Di Titik Terendah, China Gunakan Vaksin Virus Corona Pada Tubuh Manusia, Music Video BTS “Dynamite” Memecahkan Rekor Youtube Viewer Terbanyak

68

For when it’s election season in the US…

Sumber foto: theskimm.com

Yep, welcome to your US election brief 101, where you’ll get everything you need to know about, yep, right. The US 2020 election.
 
Maksudnya pemilu Amerika Serikat?
Yep, karena November nanti, warga AS bakal milih presiden. Kandidatnya udah clear banget sekarang, yaitu Donald Trump-Mike Pence dari Partai Republik, dan Joe Biden-Kamala Harris dari Partai Demokrat.
 
Cuma dua?
Yuhuu karena di sana, partai politik yang bisa mengajukan capresnya yha cuma dua itu aja.
 
I see ok. So, where do we start?

DNC and RNC, which stand for: Democratic National Convention, dan Republican National Convention. Intinya, konvensi nasional dari masing-masing partai.

 
Itu apa sih? 
Basically event yang digelar partai untuk mengumumkan pada publik soal arah kebijakan yang akan diambilnya, planning masa depan, daaaan…pengumuman resmi atas calon presiden yang akan mereka usung.
 
I see. Now tell me both.
You got it. Jadi kita bahas DNC dulu deh ya. DNC ini berjalan selama empat hari berturut-turut di Milwaukee, Wisconsin pada tanggal 17 sampe 20 Agustus kemarin. DNC ini digelar secara entirely virtual dan berisi speech dari tokoh-tokoh Partai Demokrat soal politics, dan dukungan terhadap capres yang didukung sama partainya. Dalam event yang dipandu sama Eva Longoria ini, beberapa tokoh kayak mantan capres Bernie Sanders, Michelle Obama, Hillary Clinton, dan Gubernur New York Andrew Cuomo gantian ngasih speech. Intinya: Dukung Biden-Harris, jangan nyoblos Trump lagi. PLZ.
 
Terus, Biden sama Harris-nya ada ngasih speech juga gak?
Ada dong, secara kan dalam kesempatan ini mereka juga resmi menerima nominasi dari Partai Demokrat. Dalam pidatonya, Biden bilang kalau Amerika lagi menghadapi empat krisis bersejarah, yakni pandemi covid 19, krisis ekonomi, ketidakadilan ras, dan climate change. Meski begitu, Biden bilang bahwa Amerika bisa melewati “musim kegelapan” ini, dan dia juga menjanjikan bakal ada planning baru dalam menghadapi covid-19 sejak hari pertama dia menjadi Presiden kalau terpilih. Sedangkan dalam acceptance speech-nya, Kamala Harris yang merupakan keturunan imigran dari India menyebut bahwa “nggak ada vaksin untuk rasisme.”
Got it. Now take me to RNC.
More like North Carolina, where the event is being held. Jadi RNC ini masih berlangsung, sejak 24 sampe 27 Agustus nanti. Event ini juga digelar virtual, meskipun ada sekitar lebih dari 300 orang delegasi yang bakal memberikan nominasinya secara resmi pada Trump. Isi kegiatannya juga sama, yaitu memberikan nominasi dan endorsement-endrsement buat pasangan incumbent.
Tell me how it goes…
A lot of Trump. Jadi di hari pertama kemarin, RNC menampilkan endorsement speech buat Trump dari beberapa tokoh, salah satunya mantan diplomat US untuk PBB, Nikki Haley. Terus hari ini rencananya bakal ada speech dari first lady Melania Trump, besok speech juga dari cawapres Mike Pence dan on the last day…Trump rencananya bakal muncul bareng keluarganya untuk menerima secara resmi nominations dari Partai Republik.
Sooo what’s next?
Bulan depan, beberapa negara bagian yang membarlakukan early voting aka nyoblos di awal akan memulai prosesnya. Selain itu, debat pilpres pertama juga bakal digelar pada 29 September mendatang di Cleveland, Ohio.

When you think your self-esteem is low…

Sumber foto: cnnindonesia.com
Wait until you meet: Indonesia’s economy in 2020. 

What? It’s lower?
Yea, most likely. Jadi kemarin,Menteri Keuangan Bu Sri Mulyani baru aja menjelaskan tentang skenario terburuk ekonomi Indonesia pada kuartal III ini (Juni-September) di mana pertumbuhannya rendah banget, yaitu di kisaran 0 sampe -2%.
 
Hah bukannya udah banyak yang ngemol?
Yha memang, tapi kata Bu Ani, meskipun aktifitas ekonomi udah mulai pulih, namun hal ini belum cukup untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, karena konsumsi masyarakat masih lemah.
I am reading…
Iya jadi menurut keterangan beliau, meskipun penyaluran bansos udah dilakukan, hal ini belum cukup kalo konsumsi dari kelas menengah dan atas belum pulih sepenuhnya. FYI, pada kuartal II, tingkat konsumsi masyarakat tercatat minus 5,51 persen.
 
Whoaaa….
Lebih jauh Bu Ani menjelaskan bahwa penerimaan pajak juga masih rendah di bulan Juli 2020 lalu. Ini semua terjadi di hampir semua sektor usaha, kayak industri pengolahan yang tumbuh –28,91 persen, dan perdagangan yang jadi -27,34 persen. Lanjut, pajak jasa keuangan dan asuransi -6,89 persen, konstruksi dan real estate -18,42 persen, pertambangan jadi -44,8 persen, dan transportasi dan pergudangan -20,93 persen.
 
OK. Anything else?
Well, selain turun di konsumsi dan pajak, pertumbuhan investasi juga turun hingga 8,61 persen di kuartal II. Bu Ani bilang, dalam pertumbuhan ekonomi itu, kuncinya adalah konsumsi dan investasi. Jadi kalo konsumsi dan investasi masih di negative zone, meskipun pemerintah all out dari segi belanja, bakal susah banget untuk masuk di dalam zona netral di nol persen di tahun 2020 ini.

Who’s just revealed a secret?

Sumber foto: Magster
China.

 
What secret?
Well, kamu tahu kan kalo saat ini banyak negara lagi berlomba-lomba mengembangkan vaksin Covid-19? Nah, ternyata oh ternyata, China udah lama pake vaksin yang masih tahap uji coba, aka belum terbukti aman dan ampuh, pada manusia. Sejak Juli lalu, lah.
HAH kok bisa?
Iya bisa. Jadi dalam wawancara dengan media pemerintah CCTV 2, perwakilan dari lembaga pengembangan vaksin di sana, namanya Zheng Zongwei menyebut bahwa China sebenernya udah sejak 22 Juli lalu menggunakan vaksin pada manusia, yaitu pada mereka yang kerja di lokasi-lokasi “high risk”.
 
Like…
Yhaaa like, tentara yang menjaga perbatasan, petugas imigrasi dan personel medis. Padahal, vaksin yang dikembangkan sama perusahaan bioteknologi China Sinopharm itu saat ini lagi menjalani tahap percobaan ketiga di beberapa negara Uni Emirat Arab, Peru, dan Argentina.
 
Emang boleh ya?
Yha klo di China boleh ternyata. Jadi dalam penggunaan vaksin percobaan ini, China pake aturan “emergency” yang emang membolehkan otoritas untuk menggunakan vaksin yang masih dalam tahap percobaan ketika negara sedang dalam kondisi darurat kesehatan.
 
Terus, vaksinnya ngefek ga?
Unclear aka gatau. Si Dokter Zheng ini juga nggak bilang ada berapa petugas yang diberi vaksin ini dan kayak gimana dosisnya. Meski begitu, beberapa netizen di China yang mengakui mendapatkan vaksin ini menyebut bahwa mereka merasa agak pusing, agak ngantuk, tapi yha gaada symptom lain.
 
OK anything else?
Well, saat ini cuma ada tujuh kandidat vaksin di dunia yang udah memasuki percobaan tahap tiga, dan empat di antaranya berasal dari China. Dua di antaranya dikembangkan oleh CNBG, BUMN-nya China di bidang bioteknologi, satu oleh CanSino Biologics, dan terakhir oleh Sinovac, yang juga akan diujicoba di Indonesia dan Brasil.

Who just broke their reply button?

Sumber foto: bbc.com
BTS Army. 

Yep, congrats to all Army yang most likely terus-terusan hitting the reply button dari MV terbarunya BTS berjudul Dynamite”, karena video comeback itu baru aja memecahkan rekor terbaru. Yep, Dynamite resmi jadi video Youtube dengan viewers terbanyak sepanjang sejarah dalam kurun waktu 24 jam sejak di-upload dengan jumlah views lebih dari 100 juta! Whoaaaa….
Dengan pencapaian ini, BTS berhasil mengalahkan rekor most viewed sebelumnya yang dipegang sama Blackpink dengan lagu “How You Like That” yang waktu itu meraih 86,3 juta views dalam sehari.
FYI, lagu “Dynamite” adalah lagu pertama BTS yang full in English. Dalam keterangan persnya, BTS berharap supaya lagu ini bisa menyebarkan ‘energi’ positif agar komunitas global tetap fresh di tengah pandemi covid-19.  Lagu ini adalah lagu pertama dari album terbarunya yang bakal di-release akhir tahun ini.
I’m your hope, you’re my hope…

“I feel like punching you in your mouth, okay?”

Kata Presiden Brasil, Jair Bolsonaro kepada seorang wartawan ketika beliau ditanya soal dugaan keterlibatan keluarganya dalam skandal kasus korupsi. Bolsonaro yang pada Hari Minggu lalu itu tengah melakukan kunjungan ke sebuah katedral di Brasilia tampak emosi dan menghampiri sang wartawan yang udah nungguin di depan katedral untuk nanyain soal dugaan korupsi tadi.
…… bingung.

Angel’s Stories

1. Beberapa hari lalu aku lagi down, kerjaan lagi banyak banget, pacarku ngeselin, orang tua aku berantem terus, dan aku jadi ngerasa sendirian banget. Terus aku yang biasanya ceria dan suka update di Instagram dalam beberapa hari itu juga jadi ga pernah update apa-apa karena lagi se-dark itu mood-nya. Eh taunya ga lama kemudian ada seorang temen aku yang nge-Whatsapp, “U ok?” untuk check in on me. Katanya, dia khawatir karena aku ga pernah nongol-nongol lagi di story, padahal biasanya aku sering banget update HUHUHU makasih ya Mr. W! Gue bersyukur banget bisa sahabatan sama lo…
-Somewhere home-
2. Kejadian ini terjadi di Hari Jumat minggu lalu. Waktu itu lagi hunting foto di pedestrian daerah Sudirman. Ketemu mba-mba asal Bandung yang jual minuman namanya Haraus. Mbanya bilang kalau uang hasil penjualannya akan didonasikan ke orang yang membutuhkan dalam bentuk nasi kotak. Setelah beli, gue berencana untuk ngga minum karena mau ngasih ke orang yang lebih butuh. Eh tiba-tiba ketemu bapak pemulung yang udah tua di deket pintu masuk stasiun MRT Istora Mandiri. Selesai hunting, gue pulang naik MRT yang disambung KRL turun di stasiun Pasar Minggu. Ketika keluar dari gate stasiun, gue langsung ke arah parkiran motor stasiun, tiba-tiba ada seorang bapak yang manggil. Gue takut sih sebenernya, takut dihipnotis atau gimana. Tapi ternyata bapak itu mau minta tolong ke gue buat beliin tiket kereta karena dia ngga punya uang buat pulang ke arah Depok Baru. Gue merasa malem itu ajaib banget. Rasanya lega dan seneng abis berbagi ke orang-orang, meskipun jumlahnya sedikit. Semoga bapak-bapak yang ada di cerita ini selalu diberi kebahagiaan dan berada dalam lindungan Tuhan. Amin.
-Silp, Pasar Rebo-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)

Catch Me Up! Recommendations

Getting in a relationship is like flipping every page of a new book: there’s always something surprising inside. This list will help. No more surprise, please.