Ledakan Di Gudang Bahan Kimia Lebanon

36

What’s being a worldwide headline?

Sumber foto: cnn.com

Lebanon. 
 
Why? 
Karena pada Selasa lalu, baru aja terjadi ledakan parah di Ibu Kota Beirut, Lebanon, jam 18.07 waktu setempat.
Oh itu video ledakan yang viral itu ya? 
Most likely yes. Jadi ledakannya itu keeeenceng banget sampe goncangannya kerasa ke negara tetangga Cyprus. Ledakan ini membentuk awan pekat yang juga menghancurkan banyak gedung dan mobil. FYI, menurut pemerintah setempat, goncangannya itu kayak gempa sebesar 3,3 skala Richter.
 
Do we have casualties?
Of course. So far kementerian kesehatannya Lebanon melaporkan bahwa ada 135 orang yang meninggal, ratusan orang hilang dan sekitar 4000 orang yang luka-luka. Saking parahnya ledakan ini, para saksi mata bilang bahwa hampir semua gedung dan bangunan yang ada di Lebanon terkena efek dari ledakan ini.
OMG…
Iya. Selain itu, empat rumah sakit yang ada di sekitar lokasi ledakan juga nggak bisa berfungsi karena mengalami kerusakan parah. Para tenaga kesehatan di sana juga kewalahan banget, secara supply alkes di banyak rumah sakit di kota itu udah langka gara-gara Covid-19 dan krisis ekonomi.
 
Terus gimana?
Well, terkait kejadian ini, beberapa negara tetangga kayak Turki, Qatar, Iran, sampe negara-negara Uni Eropa dan Russia langsung mengirimkan bantuan. Bantuannya ini ada yang berupa medical supplies, ada juga dalam bentuk tenaga SAR untuk membantu mengevakuasi korban di antara puing-puing.
Btw, kok bisa ada ledakannya?
Menurut Perdana Menteri Lebanon, Hassan Diab, ledakannya terjadi di gudang yang nyimpan 2.750 ton ammonium nitrat yang daya ledaknya tinggi.  Katanya, zat kimia yang biasa dipake sebagai bahan pupuk itu udah disimpan di gudang tersebut selama selama tahun terakhir gengs. Apparently, zat kimianya adalah barang sitaan dari sebuah kapal yang udah disita lama banget. Tapi ini baru dugaan awal sih. Further investigation masih dilakukan,
Further investigation like what?
Well, baru aja kabinet Lebanon mengumumkan beberapa petugas yang kerja di gudang penyimpanan itu untuk ditetapkan sebagai tahanan rumah. Penetapan ini dilakukan untuk keperluan investigasi lebih jauh atas asal usul ledakan.
I see, anything else I should now? 
Dalam beberapa waktu terakhir ini, Lebanon tengah mengalami krisis ekonomi yang parah banget, sampe diprediksi bahwa ekonominya sebentar lagi bakal collaps. Selain angka kemiskinan yang tinggi, krisis ekonomi ini juga menyebabkan harga barang-barang kebutuhan naik, contohnya harga roti yang jadi mahal banget gara-gara pemerintah Lebanon gabisa bayar biaya impornya. Yep, separah itu. Menurut para ahli ekonomi, kondisi ini disebabkan oleh mismanagement yang terjadi selama bertahun-tahun, praktek korupsi, dan overspending. Kini, kondisi di sana tentunya diperparah dengan terjadinya ledakan tadi.