Kenalan Bakal Calon Presiden dan Cawapres Amerika Serikat

45

Who’s just having an “I do” moment?

Sumber foto: cnnindonesia.com

HAHAHAA bukan aku bukan aku. Jauh kak.
 
Understood. Emang kita lagi nggak ngomongin kamu kok, tapi ngomongin…
Calon Presiden AS Joe Biden dan calon wapresnya, Kamala Harris.
 
Remind me.  Who are they again?
Well, we don’t know if you’ve been keeping track, but Donald Trump udah jadi presiden AS selama empat tahun gengs. Empat tahun. Which means, saatnya pemilu lagi untuk milih presiden baru. Nah secara di AS itu partainya cuma ada dua, yaitu Republikan sama Demokrat, jadi pasangan capres cawapresnya juga cuma ada dua. Kalo dari Republikan udah fix Trump bakal maju lagi, nah kalo Demokrat, calonnya namanya Joe Biden yang berpasangan sama Kamala Harris ini…
 
Jadi mereka ini siapaaa…
Kalo Joe Biden, dia itu mantan cawapresnya Obama, sedangkan Kamala Harris adalah anggota DPR-nya AS dari dapil California. Jadi a little flashback, setelah berbulan-bulan memenangkan tiket jadi capres dari Partai Demokrat, Biden kemarin akhirnya mengumumkan bahwa yang bakal jadi calon wakilnya adalah Kamala Harris ini. Hal ini nggak mengherankan karena dari awal, Biden udah bilang bahwa dirinya bakal menunjuk perempuan untuk jadi cawapresnya.
 
Now tell me more about Kamala Harris…
Jadi selain menjabat sebagai anggota senat, Harris juga sebelumnya menjabat sebagai Jaksa Agung di California pada tahun 2011 – 2017. FYI guys, Harris juga jadi woman of color (ibunya dari India dan bapaknya dari Jamaica) pertama yang maju untuk posisi high office di AS.
 
Go on…
Harris juga jadi cewek keempat yang meraih nominasi capres-cawapres dalam sejarah Pemilu Amerika Serikat yang udah berjalan selama ratusan tahun. Adapun sebelum Harris ada Geraldine Ferraro, Sarah Palin, dan Hillary Clinton.
 
Now walk me through her policy…
Well, Harris is known for advocating civil rightsyang sangat dipengaruhi oleh kedua orang tuanya yang merupakan imigran. Dia juga aktif mendukung isu-isu kayak reformasi di lembaga kepolisian, menolak hukuman mati, hingga mendukung aturan soal hak reproduksi perempuan. Meski begitu, Harris juga banyak dikritisi karena pas masih jaksa di California, dia sering menuntut hukuman yang ringan buat kasus-kasus kejahatan yang justru berat.
Interesting. Anything else? 
Well, kalo nanti pasangan ini jadi kepilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS, Kamala Harris bakal jadi perempuan pertama yang menduduki jabatan sebagai wakil presiden Amerika Serikat.  FYI, terkait penunjukan ini, mantan presiden Barack Obama dan mantan ibu negara Hillary Clinton udah menyatakan dukungannya buat pasangan Biden-Harris.