Kenalan Bakal Calon Presiden dan Cawapres Amerika Serikat, Kasus Pembunuhan Staff Komisi Pemilihan Umum Papua, Pemerintah Keluarkan Dana 5T Ke PT BioFarma, Hati-hati Sebar Berita Hoax Seputar Covid-19!

73

Who’s just having an “I do” moment?

Sumber foto: cnnindonesia.com

HAHAHAA bukan aku bukan aku. Jauh kak.
 
Understood. Emang kita lagi nggak ngomongin kamu kok, tapi ngomongin…
Calon Presiden AS Joe Biden dan calon wapresnya, Kamala Harris.
 
Remind me.  Who are they again?
Well, we don’t know if you’ve been keeping track, but Donald Trump udah jadi presiden AS selama empat tahun gengs. Empat tahun. Which means, saatnya pemilu lagi untuk milih presiden baru. Nah secara di AS itu partainya cuma ada dua, yaitu Republikan sama Demokrat, jadi pasangan capres cawapresnya juga cuma ada dua. Kalo dari Republikan udah fix Trump bakal maju lagi, nah kalo Demokrat, calonnya namanya Joe Biden yang berpasangan sama Kamala Harris ini…
 
Jadi mereka ini siapaaa…
Kalo Joe Biden, dia itu mantan cawapresnya Obama, sedangkan Kamala Harris adalah anggota DPR-nya AS dari dapil California. Jadi a little flashback, setelah berbulan-bulan memenangkan tiket jadi capres dari Partai Demokrat, Biden kemarin akhirnya mengumumkan bahwa yang bakal jadi calon wakilnya adalah Kamala Harris ini. Hal ini nggak mengherankan karena dari awal, Biden udah bilang bahwa dirinya bakal menunjuk perempuan untuk jadi cawapresnya.
 
Now tell me more about Kamala Harris…
Jadi selain menjabat sebagai anggota senat, Harris juga sebelumnya menjabat sebagai Jaksa Agung di California pada tahun 2011 – 2017. FYI guys, Harris juga jadi woman of color (ibunya dari India dan bapaknya dari Jamaica) pertama yang maju untuk posisi high office di AS.
 
Go on…
Harris juga jadi cewek keempat yang meraih nominasi capres-cawapres dalam sejarah Pemilu Amerika Serikat yang udah berjalan selama ratusan tahun. Adapun sebelum Harris ada Geraldine Ferraro, Sarah Palin, dan Hillary Clinton.
 
Now walk me through her policy…
Well, Harris is known for advocating civil rightsyang sangat dipengaruhi oleh kedua orang tuanya yang merupakan imigran. Dia juga aktif mendukung isu-isu kayak reformasi di lembaga kepolisian, menolak hukuman mati, hingga mendukung aturan soal hak reproduksi perempuan. Meski begitu, Harris juga banyak dikritisi karena pas masih jaksa di California, dia sering menuntut hukuman yang ringan buat kasus-kasus kejahatan yang justru berat.
Interesting. Anything else? 
Well, kalo nanti pasangan ini jadi kepilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS, Kamala Harris bakal jadi perempuan pertama yang menduduki jabatan sebagai wakil presiden Amerika Serikat.  FYI, terkait penunjukan ini, mantan presiden Barack Obama dan mantan ibu negara Hillary Clinton udah menyatakan dukungannya buat pasangan Biden-Harris.

What just happened in Yahukimo, Papua? 

Sumber foto: cnnindonesia.com
Murder. 

Oh no..what happened? 
Ok, sorry for giving you tragic news, but here it goes.  Jadi, seorang staf KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Yahukimo, Papua, namanya Henry Jovinski dibunuh pada Selasa (11/8) sore oleh orang tak dikenal (OTK).
What?? Tell me more. 
Ok. Menurut Ketua KPU Provinsi Papua, Theodorus Kossay, gini kronologinya:

  • Pukul 14.30 WIT:  Henry dan Kenan Mohi (pegawai KPU lainnya) sedang naik motor mau balik ke kantor KPU.
  • Ketika abis lewat jembatan, mereka dihadang orang tak dikenal.  Dia nanyain asal Henry dan Theo, terus minta KTP mereka.
  • Pas Henry lagi ambil KTP di dompet, dia ditikam/tusuk dari belakang dengan senjata tajam.  Henry pingsan.  Kenan mau nolongin, tapi dia juga diancam bakal dibunuh.  Terus, pelakunya kabur ke arah hutan.
  • Kenan balik ke rumahnya untuk minta bantuan dan lapor polisi, tapi pas polisi dateng ke TKP, Henry udah meninggal. Kenan juga luka-luka dan harus dirawat di Rumah Sakit.

Oh no...Terus gimana? 

Menanggapi hal ini, Ketua KPU RI Mas Arief Budiman menyebut bahwa jenazah Herry akan diterbangkan ke Yogyakarta, meskipun belum diketahui apakah jenazah akan disemayamkan di kampung halamannya di Banyumas, Jawa Tengah. Mas Arief juga nggak lupa menyampaikan bela sungkawanya kepada keluarga korban.
I see, anything else? 
Well, lebih jauh Mas Arief juga juga meminta polisi untuk menginvestigasi lebih jauh peristiwa ini. Beliau juga menyayangkan insiden pembunuhan yang dialami anggotanya terjadi menjelang Pilkada Serentak 2020 yang akan berlangsung 9 Desember mendatang. FYI gengs, Yahukimo juga merupakan salah satu daerah yang bakal menggelar Pilkada serentak di tahun ini.

Who’s just pouring down some $$$?

Sumber foto: cnnindonesia.com
Definitely not me.
Emang bukan, tapi pemerintah.
Hah pemerintah ngasih duit ke mana?
Ke proyek pengembangan vaksin Covid-19. Yep, kemarin, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut bahwa pemerintah bakal mengucurkan dana sebesar Rp5 triliun untuk ngembangin vaksin virus corona yang sedang dilakukan oleh PT Bio Farma (Persero). Rencananya, dana ini bakal meningkat sampe mencapai Rp40 – 50 triliun di tahun 2021.
Whoaaaa that’s a lot… 
Ya emang. kata Pak Airlangga, ada empat rencana pengembangan vaksin corona yang bakal ngelibatin BUMN, swasta nasional, dan perusahaan luar negeri.  Here’s the list: 

  • First:  Kerja sama Bio Farma dengan Sinovac Biotech Ltd. dari China. So far, Bio Farma lagi melakukan uji klinis fase ketiga di Bandung untuk 1.600 dosis vaksin selama Juli – September 2020. Kalau lolos uji klinisnya, mulai deh produksi di bulan Oktober 2020 (target: 10 juta dosis per bulan).  Target ini adalah untuk mencapai produksi 120 juta dosis per tahun.
  • Second Kerja sama PT Kalbe Farma dengan Genexine Consortium Korea Selatan. Saat ini, uji klinis tahap pertama dimulai pada Bulan Juni kemarin di Korea Selatan dan kalo sesuai rencana, maka uji klinis tahap ketiga bakal dimulai pada September 2020 – Maret 2021.  Kalo lolos, maka targetnya adalah produksi 50 juta dosis per tahun dan persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Agustus 2021.
  • Third:  Bio Farma dengan Koalisi untuk Inovasi Persiapan Epidemi (CEPI).  Ini merupakan kerjasama antar pemerintah dan swasta global yang ada di Norwegia. Kalau yang ini, kerjasamanya berbentuk transfer teknologi formulasi vaksin yang udah dikembangin CEPI ke Bio Farma.
  • Fourth:  kerja sama antara PT BCHT Bioteknologi Indonesia dengan China Sinopharm International Corporation (Wuhan Institute of Biological Product).  Kerjasamanya adalah dalam bentuk uji klinik tahap pertama dan kedua di RS Rujukan Covid-19 yang udah dimulai di China mulai April 2020 lalu.

For when hoax is still circulating in your WhatsApp group…

Sumber foto: Kompas.com

Hati-hati ya gengs,
Karena hoax maupun stigma yang beredar di hapemu terkait Covid-19 telah terbukti bisa menyebabkan cedera, bahkan kematian. Yep, serius guys, jadi dalam penelitiannya, para peneliti dari American Journal of Tropical Medicine and Hygiene mengambil sampel pemberitaan yang beredar di 87 negara terkait Covid-19. Adapun isi dari pemberitaan ini adalah info-info hoax, stigma dan teori konspirasi yang di-posting di media sosial, website maupun koran online pada periode Desember tahun lalu hingga April.
Hasilnya, para peneliti ini menemukan 2.311 laporan yang merupakan berita hoax, kayak “telur bisa menularkan Covid-19”, “minum pemutih baju bisa membunuh virus”, sampe “Covid-19 adalah virus yang diciptakan sama Bill dan Melinda Gates”. Nah, hubungannya sama cedera dan kematian? Surprise, surprise, laporan aksi diskriminasi terkait Covid-19 terhadap kelompok tertentu meningkat di beberapa negara. Begitu juga laporan kematian hingga kebutaan yang mencapai ribuan di seluruh dunia karena banyak warga yang pada minum pemutih dan pembersih ruangan. Mau tau, mana aja negara yang paling banyak ditemukan punya berita-berita hoax ini? India, Amerika Serikat, China, Spanyol, Brasil dan Indonesia.

“Banyak investasi yang mangkrak karena banyak hantunya. Hantunya itu hantu tanah, hantu izin, lalu hantu-hantu lain yang tidak terdeteksi Undang-Undang.”

Gitu kata Kepala Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia ketika cerita soal ribetnya investasi di Indonesia karena banyaknya “hantu” aka hambatan pas mau menanam modal di tanah air. Kata Bang Bahlil, ada banyak faktor yang menghambat investasi di Indonesia, mulai dari, harga tanah yang mahal, upah buruh yang terus naik sampe urusan perizinan yang lama.
For when you think angels come in different costumes…so do ghosts..

Angel’s Stories

1. “Believe me, resep bisa maju di kerjaan itu ada tiga: give it all you got, banyak doa dan sedekah, satu lagi yang paling penting, hargai setiap progress belajar dan hasil kerja lo sebaik mungkin!”-A Hustler, Tangsel-menjadi quote of my day…berasa mendapat afirmasi kalo gapapa menjalani kerjaan untuk senang-senang walaupun penghargaan saat ini menurut standar dunia belum memadai.. So, makasih banyak A Hustler, Tangsel. salam toss! Dan CMU, thank you for creating this kind of forum. Semoga menjadi pahala semua yaaaa..
-A-hutan di kota hujan-
2. Beberapa hari yang lalu, aku lagi jogging pagi dan tiba-tiba terbesit untuk ngasih uang ke penyapu jalanan. Aku bilang, “buat sarapan.” Yang bikin surprise, ibunya nanya, “Kamu sendiri masih punya uang buat sarapan, Mbak?” Terharu akutu, orang dikasih malah mikir aku yang pegang HP bagus.. Dan yang lebih luar biasa lagi, besoknya aku iseng masang foto sprei wishlist aku. Karena aku memang pengin beli tapi masih nunggu gajian. Sahabatku langsung komen, “Aku bayarin, kirim ke aku nama tokonya dan alamatmu.” Masya Allah… sedekahku kemarin langsung dibalas berkali lipat oleh Allah.
-Anonim-
3. Temenku kasih kabar kalau dia diterima kerja di salah satu loker yang aku share via WA ke dia. Dia udah nganggur hampir 3 bulanan karena efek pandemi. Rasanya waktu tau dia dapet kerja tuh seneng banget. Aku cuma modal jempol untuk forward informasi loker. Siapa sangka itu bisa jadi pintu temenku mendapatkan rejeki. Jadi semakin yakin, sekecil apapun perbuatan baik yang kita lakukan, itu akan ada dampaknya. Jadi jangan berhenti berbuat baik ya, dengan apa yang kita bisa dan kita punya :’)
-Jojo – Planet Bekasi-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)

Catch Me Up! Recommendations

This weekend, the first and biggest hybrid event in Indonesia that you don’t wanna miss. Check out the line up here and register here.