Jokowi Minta Pemerintah Daerah Fokus Menurunkan Stunting

46

Who’s just said “you got my attention…”?

Sumber foto: UCLG ASPAC

Presiden Jokowi, to stunting.

Yep, kemarin, Pak Jokowi baru aja meminta para jajarannya untuk fokus menurunkan angka stunting, khususnya di 10 provinsi.
Wait, stunting tuh apa?
Jadi stunting tuh kondisi di mana pertumbuhan tubuh dan otak anak terjadi secara nggak maksimal karena mengalami kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Akibatnya, anak tersebut jadi mengalami keterlambatan dalam berpikir dan tubuhnya juga cenderung lebih pendek.
I see…
Nah, kata Pak Jokowi, masih ada 10 provinsi di Indonesia yang angka stunting-nya masih tinggi, yaitu Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, Aceh, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah.
 
Go on…
Karenanya, Pak Jokowi minta pemerintah di daerah-daerah itu, mulai dari gubernur, bupati, wali kota, sampai kepala desa, agar bisa sama-sama fokus dan konsentrasi dalam upaya menurunkan angka stunting. 
 
Emang angkanya tinggi banget?
Tinggi sih, karena dari target WHO, angka stunting di satu negara gaboleh lebih dari 20 persen, sedangkan dari data riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2019, angka stunting di Indonesia mencapai 30,8 persen.
 
Whoaaa…
Yha memang sih, udah terjadi penurunan dari tahun 2013 lalu di mana angka stunting di Indonesia adalah 37 persen, namun kata Pak Jokowi, penurunan ini masih belum cukup. Jadi harus diturunin lagi untuk mencapai target 14 persen di tahun 2024.
 
Terus gimana caranya biar nggak stunting?
Ya tentunya dari pas masih hamil, seorang ibu harus udah memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayinya kayak zat besi, asam folat, yodium, dll. Terus juga hindari paparan asap rokok, dan pas anak udah lahir, harus dipantau terus tumbuh kembangnya. Pastikan juga anak makan makanan bergizi dan tinggal di lingkungan yang bersih.