Hati-hati Sebar Berita Hoax Seputar Covid-19!

489

For when hoax is still circulating in your WhatsApp group…

Sumber foto: Kompas.com

Hati-hati ya gengs,
Karena hoax maupun stigma yang beredar di hapemu terkait Covid-19 telah terbukti bisa menyebabkan cedera, bahkan kematian. Yep, serius guys, jadi dalam penelitiannya, para peneliti dari American Journal of Tropical Medicine and Hygiene mengambil sampel pemberitaan yang beredar di 87 negara terkait Covid-19. Adapun isi dari pemberitaan ini adalah info-info hoax, stigma dan teori konspirasi yang di-posting di media sosial, website maupun koran online pada periode Desember tahun lalu hingga April.
Hasilnya, para peneliti ini menemukan 2.311 laporan yang merupakan berita hoax, kayak “telur bisa menularkan Covid-19”, “minum pemutih baju bisa membunuh virus”, sampe “Covid-19 adalah virus yang diciptakan sama Bill dan Melinda Gates”. Nah, hubungannya sama cedera dan kematian? Surprise, surprise
Advertisement
, laporan aksi diskriminasi terkait Covid-19 terhadap kelompok tertentu meningkat di beberapa negara. Begitu juga laporan kematian hingga kebutaan yang mencapai ribuan di seluruh dunia karena banyak warga yang pada minum pemutih dan pembersih ruangan. Mau tau, mana aja negara yang paling banyak ditemukan punya berita-berita hoax ini? India, Amerika Serikat, China, Spanyol, Brasil dan Indonesia.
Advertisement