Erupsi Gunung Sinabung

32

What people in North Sumatera are watching…

Sumber foto: cnnindonesia.com

 
What?
Iya guys, jadi Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kemarin baru aja mengalami erupsi sekitar jam 10.16 WIB. Adapun saat ini, status gunung apinya adalah level III siaga.
Terus? 
Kata Kepala Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani, diketahui bahwa tinggi abu vulkaniknya sekitar 5000 meter dari atas puncak gunung, dan 7.460 meter dari atas permukaan laut. Selain itu, beberapa desa juga udah mulai gelap gulita karena ketutupan abu vulkanik.Selain abu vulkanik, erupsinya juga memuntahkan pasir dan batu-batu kecil.
Ya ampun….
Yep, menurut Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Nataniel Parangin-angin, ada dua kecamatan, yakni Kecamatan Naman Teran dan Kecamatan Merdeka yang paling parah kena abu vulkanik hingga mencapai 1 cm.
 
Oh no…
Yep.  Masyarakat juga diimbau untuk pake masker ketika keluar rumah karena abu vulkanik juga berbahaya untuk kesehatan dan bisa menyebabkan ISPA.  Masyarakat juga nggak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas di desa-desa yang ada di dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung, dan menjauhi radius sektoral 5 kilometer di bagian selatan-timur, dan 4 kilometer untuk bagian timur-utara.
I see, anything else? 
Gunung Sinabung memang udah erupsi sejak tahun 2013, terakhir pada Sabtu tanggal 8 Agustus 2020 kemarin dengan tinggi abu 1000 meter di atas puncak.  Menurut BMKG Aceh, kemungkinan debu vulkanik ini bakal sampai ke wilayah Aceh, yaitu Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Aceh Selatan, dan Aceh Barat Daya. Karenanya, masyarakat di daerah tersebut diimbau agar tidak sering-sering keluar rumah dan jangan lupa pake masker.