Corona Updates 4 Agustus 2020, Kemenpan Umumkan Gaji Ke-13 Bagi PNS, Google Umumkan Karyawan WFH Selama 1 Tahun, Kupu-kupu Diluar Angkasa

79

Who’s having Covid-19 in mind?

Sumber foto: CNN Indonesia

All of us?
What about him?
Jadi kemarin, dalam rapat terbatas penanganan Covid-19 yang ditayangkan di akun YouTube-nya Sekretariat Presiden, Pak Jokowi ngasih beberapa arahan buat jajaran menterinya terkait penanganan pandemi.
 
Kayak apa pembahasannya?
Well, Kata Pak Jokowi sih, satu hal yang jadi PR bersama adalah angka kematian akibat Covid-19 yang masih tinggi. Pak Jokowi menyebut, angka kematian akibat virus corona (Covid-19) di Indonesia adalah 0,8 persen lebih tinggi daripada angka kematian global.
 
Uhm…
Meski begitu, Pak Jokowi juga menyebut bahwa tingkat kesembuhan pasien Covid-19 meningkat. Menurutnya, data terakhir menunjukkan bahwa tingkat pasien sembuh mencapai 61,9 persen. Jadi yhaa ini baguslah, trend kesembuhannya meningkat terus.
 
So we’re good?
Nggak juga sih. Pak Jokowi justru bilang bahwa akhir-akhir ini, kekhawatiran masyarakat terkait penyebaran virus Covid-19 justru meningkat. Beliau menduga, kekhawatiran itu terjadi karena jumlah kasus yang terus bertambah atau masih banyak lapisan masyarakat yang nggak patuh sama protokol kesehatan.
 
Terus gimana?
Ya makanya Pak Jokowi pengen jajarannya untuk fokus mengampanyekan penggunaan masker ke masyarakat selama dua minggu ke depan. Selain itu, perlu juga ada kampanye jaga jarak pas lagi berkegiatan di tempat umum.
 
I see…
Pak Jokowi juga bilang bahwa dia pengen kampanye yang fokus-fokus aja. Jadi dua minggu pertama kampanye pake masker, terus dua minggu berikutnya kampanye soal jaga jarak, selanjutnya soal cuci tangan dll, jadi jangan dicampur-campur.
 
Hah emang kenapa harus dipisah-pisah sih kampanyenya?
Menurut beliau sih, karena protokol kesehatan ini justru banyak diabaikan sama masyarakat kelas bawah, karenanya, kampanyenya juga perlu dilakukan satu-satu. Kalo kelas menengah atas sih, udah nurut banget. Gitu katanya.
 
Olrite, anything else?
Dalam kesempatan yang sama, Pak Jokowi kembali menyoroti penyerapan anggaran penanganan Covid-19 yang masih kecil, yaitu baru sekitar 20%. Yhaaa iya sih, ada beberapa pos penanganan Covid-19 yang penyerapan anggarannya udah lumayan besar, kayak bansos dan UMKM, tapi selain itu masih kecil. Gitu katanya.

Who’s stocking up on yoga pants and pyjamas?

Sumber foto: CNN Indonesia
Google employees.
Yep, gone are the days of jeans and heels, karena minggu lalu, Google baru aja mengumumkan bahwa karyawannya bakal work from home sampe bulan Juli tahun depan.


Whoooaa..seriously?

Yes, not kidding here. Jadi awalnya, Google udah mengumumkan bahwa karyawannya bakal WFH sampai akhir 2020, namun kebijakan ini kemudian diperpanjang sampe tahun depan, seiring dengan wabah Covid-19 yang terus menyebar secara global.

I want to know what the company says…

Well, jadi kata memo yang dikirim sama CEO Google, Sundar Pichai, ke para karyawannya, disebutkan bahwa Google udah membuka kembali 42 kantornya di seluruh dunia, namun teteup para karyawan boleh WFH sampai Juli tahun depan. FYI, kebijakan ini berlaku untuk kerjaan yang emang nggak perlu dilakukan di kantor.

I see…
Sundar juga menambahkan bahwa harapannya, dengan memberlakukan kebijakan ini, maka para karyawan Google bisa memiliki fleksibilitas untuk mempraktikkan work-life balance, as well as punya kesempatan untuk merawat diri sendiri dan orang-orang tersayang.
 
Olrite. Anything else?
Well, Google bukan satu-satunya perusahaan yang memperpanjang kebijakan WFH-nya akibat pandemi. Sebelumnya, Twitter juga ngumumin bahwa perusahaannya bakal membolehkan karyawan untuk nggak ngantor, selamanya aka indefinitely. Selain Twitter, Facebook, Slack, Shopify dan Zillow juga memberlakukan WFH indefinitely, sedangkan perusahaan lain kayak Sony Music, Universal Music, Warner Music dll memberlakukan WFH sampe tahun depan, kayak Google.

Who’s looking forward to next week?

Sumber foto: Merdeka.com

PNS aka Pegawai Negeri Sipil, TNI, dan Polri

Why? 
Karena kabarnya, gaji ke-13 untuk mereka bakal cair minggu depan gengs.
Hah serius? 
Yoyoy. Kata Sekertaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Pak Dwi Wahyu Atmaji sih, peraturan soal ini udah dikirim ke setneg, jadi tinggal di-acc sama Pak Jokowi aja, jadi yhaa kira-kira minggu depan cair laaah…
 
Asik! Tell me more dong!
OK. Jadi Gaji ke-13 untuk ASN ini bakal diterima oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS), Anggota TNI, Anggota Polri, dan pensiunan.  Seharusnya, pencairan bonus ini berlangsung pada awal bulan Juli sebelum tahun ajaran baru untuk anak sekolah, tapi karena corona, pelaksanaannya terhambat sebab APBN-nya lagi fokus dulu dialokasikan untuk menangani dampak Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).
Ok, terus?
Nah FYI gengs, kalo kamu udah jadi pejabat di PNS, maka most likely kamu nggak dapet gaji ke-13 karena gaji ini cuma berlaku bagi eselon III ke bawah. Jadi untuk pejabat eselon I, II, atau atasan-atasannya kayak menteri, wakil presiden, dan presiden, maka mereka nggak bakal dapat gaji ke-13 ini.
Anggaran untuk gaji ke-13 ini berapa?

Well, in total, anggaran untuk gaji ke-13 itu sekitar Rp28,5 triliun, which consists of: 

  • Rp 6,73 triliun:  gaji dan tunjangan yang melekat pada gaji;
  • Rp 7,86 triliun:  pensiunan
  • Rp 13,89 triliun:  anggaran dari APBD untuk ASN di daerah.

When there’s literally butterfly in the sky…

Sumber foto: cnn.com

Everybody, meet: Space butterfly.
Jadi space butterfly ini adalah nebula planet yang baru aja tertangkap kamera oleh the European Space Observatory (ESO), dan kebetulan emang bentuknya mirip kupu-kupu. Nebula ini juga lengkap dikelilingi dengan awan warna biru dan merah sehingga kesan kupu-kupunya makin keliatan. Disebutkan para ahli, bahwa space butterfly ini jaraknya antara 3000-6500 kecepatan cahaya dari bumi. Meski begitu, keberadaan nebula ini diprediksi nggak akan lama, karena cahaya ultraviolet yang mengelilinginya bisa membuat kandungan gas di sekitarnya bisa hancur sehingga nebulanya nggak berbentuk kupu-kupu lagi.
Whoooa nice to know…

“Nobody likes me.”

 
Kata Trump minggu lalu pas lagi menggelar keterangan press soal corona di White House. Dalam kesempatan itu Trump bilang, bahwa sebagai pemimpin, dirinya juga ngedengerin kok, saran-saran dari para ahli dalam upayanya menghadapi corona, tapi kenapa kok para ahli ini (kayak dr. Anthony Fauci yang merupakan direktur CDC aka lembaga kesehatannya AS) ratingnya lebih tinggi daripada owe? “It can only be my personality…” lanjut Trump lagi.
 
Now you know who sits alone during lunch break…

Angel’s stories

1. Beberapa bulan yang lalu, aku pernah lagi di halte TJ nungguin temenku karena ada satu dan lain hal yang bikin kami otw bareng. Nah pada saat aku masih nungguin dia, aku yang posisinya lagi duduk tiba-tiba liat ada seorang bapak lansia yang baru masuk ke halte. Bapak itu jalan sendirian. Back then, aku langsung teringat almarhum ayah yang baru pergi beberapa minggu lalu karena kanker. Pas liat bapak itu, aku auto ngasih dia tempat duduk ku, karena dua orang di sampingku yang lagi duduk saat itu kayaknya ga menunjukan tanda mereka mau berdiri. Bagi beberapa orang mungkin ini hal biasa ya, tapi bagiku ini pertama kalinya aku akhirnya berani ngelakuin ini. Sempet diliatin orang-orang di halte juga, tapi ya cuek aja. Thank God habis ngasih tempat duduk ke bapak itu temenku akhirnya dateng, dan aku yakin waktu itu mataku udah berkaca-kaca nahan nangis. Setelah itu rasanya juga lega banget. Ga lupa juga ucapan terima kasih yang diucapkan si bapak yang masih ku ingat sampai sekarang. Peristiwa ini juga yang senantiasa ngingetin aku untuk selalu berbuat baik, sekalipun sama stranger yang kita temuin dimanapun. Thanks CMU yang udah sediain media untuk berbagi cerita ini. <3
-adnidinda, jakarta-
 
2. Salut banget sama orang orang yang sering posting kisah/cerita orang-orang yang kurang beruntung di sekitar kita kayak pedagang keliling, dll. Dengan mereka mem-posting-nya, akan lebih banyak orang orang yang turut mendoakan atau bahkan turun tangan membantu mereka dengan membeli dagangan mereka langsung atau sekedar membelikan air mineral untuk menemani mereka berkeliling di tengah hiruk pikuk pejabat dengan mobil mewahnya. Postingan itu tentunya juga membuat pembacanya lebih bersyukur atas apa yang telah diberikan, which is ini adalah energi positif di tengah pandemi gini yang kebanyakan diisi berita pertambahan kasus Covid-19. Berbuat baik tidak harus dengan sedekah uang berjuta-juta, kita duduk berbincang dengan pedagang kecil, membeli dagangannya, lebih dari cukup bagi mereka yang membutuhkan. So, jangan lelah berbuat baik, apapun bentuknya:)
– kota susu-
 
3. Sekitar sebulan lalu, ada seorang ART yang kerja di rumah, tapi bayarnya per hari, karena gak tiap hari juga kerjanya. Saat si mbaknya udah selesai kerja, mama aku udah nitipin gajinya ke kakak aku buat dikasih ke mbaknya karena mama aku lagi ad keperluan di luar. Tapi ternyata, mama udah bayar gajinya pas masih siang, dan mama lupa klo beliau udah bayarin gaji mbaknya. Mama bahkan udah gak ingat soal ‘pergajian’ itu sama sekali. Eh taunya sekitar seminggu kemudian, mbaknya bela-belain datang ke rumah, cuma mau balikkin gaji yang dikasih oleh mama via kakakku. Mbaknya bilang Ia ingat bahwa mama aku udah sempat kasih gajinya sebelumnya. Ternyata masih ada ya orang jujur di saat-saat sulit kayak gini. Semoga mbaknya sehat-sehat selalu dan diberkati sekeluarga yah.
-LL, Gorontalo-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)

Catch Me Up! Recommendations

August reading list is all about getting a deeper dive into our founding fathers’ intellectual thoughts. We recommend that you to start from here.