Corona Updates 3 Agustus 2020

30

In case you are wondering….

Sumber foto: aljazeera.com
Yep, we do still have corona updates. Because it’s Monday, and you may or may not want to know what’s going on in our current corona-world. Leggo! 
 
Nationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia adalah 111.455 kasus, 68.975 sembuh, dan 5.236 meninggal.
  • Provinsi yang punya paling banyak kasus positif Covid-19 adalah Jawa Timur (22.324 kasus), DKI Jakarta (21.767 kasus), Jawa Tengah (9.659 kasus), Sulawesi Selatan (9.552 kasus), dan Jawa Barat (6.584 kasus).
  • Gubernur Kepulauan Riau Isdianto diketahui positif Covid-19 pada minggu lalu, dan sebagai tindak lanjut, ada 590 orang segera diperiksa swab atau PCR karena diduga ada kontak dengan Pak Gub. Sebelum dinyatakan positif Covid-19, Pak Gub juga kabarnya sempet ikutan beberapa acara, salah satunya pelantikan di Istana Kepresidenan dengan Pak Presiden Jokowi dan Pak Wapres Ma’ruf Amin pada akhir bulan lalu.
  • Bagi yang di Jakarta, mulai besok, siap-siap karena kebijakan ganjil genap kembali berlaku. Rencananya, Dirlantas Polda Metro Jaya bakal memberlakukan sosialisasi dulu selama tiga hari sebelum memberlakukan tilang.
  • Seiring dengan berlakunya kembali kebijakan ganjil genap ini, PT KRL kemudian mengimbau para aker aka anak kereta buat menghindari jam sibuk supaya nggak terjadi antrean yang panjang di stasiun. Adapun jam-jam sibuknya adalah jam 05.00-08.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB.
  • Beralih ke Jawa Barat, Pemerintah Kota Tasikmalaya mulai memberlakukan sanksi denda bagi masyarakat yang nggak pake masker per 1 Agustus. Adapun pemberlakuan sanksinya dilakukan secara bertahap, yaitu melalui teguran, kerja sosial, baru denda.
  • Pemerintah Kabupaten Banyumas rencananya bakal melakukan tes swab massal untuk Jemaah dan pastor di dua gereja Katolik yang ada di Purwokerto, Jawa Tengah. Hal ini seiring dengan ditemukannya lima kasus positif corona di lingkungan gereja tersebut.
  • Ada enam kabupaten di Papua yang udah dinyatakan sebagai zona hijau Covid-19, yakni:  Kabupaten Boven Digoel, Supiori, Tolikara, Mamberamo Tengah, Waropen dan Kabupaten Puncak Jaya.
  • Sedangkan di Sumatera Barat, jumlah zona hijau yang tadinya ada di 14 Kabupaten/Kota ini berkurang jadi tinggal lima lagi aja. Adapun kelimanya adalah Pasaman Barat, Pasaman Timur, Cijunjung, Solok Selatan, dan Mentawai. Menurut Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, semakin bertambangnya wilayah yang tertular Covid-19 adalah karena masih banyak warga yang pulkam maupun bepergian.


Meanwhile, globally…

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia berjumlah 17.859.763 kasus, dan 685.179 orang meninggal.
  • Adapun negara dengan jumlah kasus tertinggi adalah Amerika Serikat (4.620.502 kasus), Brazil (2.707.877 kasus), India (1.750.723 kasus), Russia (849.277 kasus), dan Afrika Selatan (503.290 kasus).
  • Minggu lalu, Komite Darurat WHO memperingatkan bahwa pandemi Covid-19 bakal berlangsung lama, jadi mereka mendesak komunitas internasional untuk memiliki suatu panduan untuk negara-negara demi mengurangi tekanan sosial-ekonomi akibat pandemi.
  • Di India, Menteri Dalam Negerinya, namanya Amit Shah, diketahui positif corona dan sedang dirawat di rumah sakit.  Meanwhile, aktor Bollywood Amitabh Bhachan udah sembuh dan dinyatakan negatif.
  • Filipina berencana memberlakukan lockdown secara ketat di ibu kota Manila sejak 4 Agustus mendatang setelah angka positif di negaranya mencapai lebih dari seratus ribu kasus.
  • Hari Sabtu kemarin, ada sekitar 20ribuan orang di Berlin, Jerman, yang melakukan aksi demonstrasi untuk menolak diterapkannya protokol kesehatan Covid-19. Para demonstran ini menyebut bahwa kewajiban pake masker telah melanggar kebebasan mereka dan minta agar aturan itu dicabut.
  • Di Israel, aksi demonstrasi yang mendesak Perdana Menteri Benyamin Netanyahu untuk mundur dari jabatannya terus berlangsung. Netanyahu dinilai korup dan gagal menangani pandemi Covid-19 di negaranya, dan FYI guys, aksi demo ini udah berlangsung selama tiga minggu di beberapa kota kayak Tel Aviv dan Jerusalem.
  • Hari Minggu kemarin, wilayah Victoria di Australia baru aja mendeklarasikan status bencana setelah terjadi penambahan kasus Covid-19 sebanyak dua kali lipat dibanding sehari sebelumnya. Seiring dengan berlakunya status ini, berbagai kebijakan isolasi juga mulai dijalankan, kayak warga ga boleh travel lebih dari 5 km dari kediamannya, penerapan jam malam sampe jam 8 aja, hingga cuma ada satu orang yang boleh melakukan belanja kebutuhan pokok dari satu KK.