Corona Updates 24 Agustus 2020, Gedung Kejaksaan Agung RI Kebakaran, Kucing Peraih Penghargaan Kiwibank Award

71

Your weekly Covid-19 roundup…

Sumber foto: health.detik.com

Yep, Monday is for all things you need to know about the pandemic aka the main reason why your 2020 plans are cancelled. Now, let’s go…

 
Nationally…

  • Per kemarin, total kasus positif corona di Indonesia mencapai 153.535 kasus, 6.680 meninggal, dan 107.500 sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (33.470 kasus), Jawa Timur (30.315 kasus), Jawa Tengah (12.476 kasus), Sulawesi Selatan (11.470 kasus), dan Jawa Barat (9.283 kasus).
  • Here’s a good news, angka tambahan orang sembuh corona lebih banyak dari yang positif corona per Minggu (23/8).  Jadi yang sembuh corona itu 2.302, dan kasus positifnya 2.037 kasus.
  • Kereta Api Bandara di Jogja udah mulai beroperasi lagi per kemarin ni gengs. FYI, awalnya Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) udah nggak beroperasi selama lima bulan gara-gara covid 19.
  • Di Kalimantan Barat, ada tiga pejabat di Pemerintah Provinsinya yang terinfeksi Covid-19, tanpa gejala.  Mereka kini melakukan isolasi mandiri dan dilarang bepergian ke luar kota.  Sejauh ini total kasus di Kalbar adalah 533 kasus positif, 4 orang meninggal, dan 429 sembuh.
  • Di Sumatera Selatan, angka kematian akibat covid-19 adalah 5,4 persen, lebih tinggi dari rata-rata nasional yang 4,3 persen.  Total kasus di Sumsel adalah 4.037 kasus positif, 2.744 orang sembuh, dan 219 meninggal.
  • Di Jabar, sanksi denda bagi pelanggar protokol kesehatan, khususnya yang nggak pakai masker di area publik, bakal diterapin melalui aplikasi. Jadi kalo kamu lagi ada di Jabar dan kena tilang, kamu bakal menerima kuitansi pembayaran sanksi di aplikasi tersebut.
  • Gubernur DKI Jakarta Pak Anies Baswedan baru aja mengeluarkan aturan soal larangan ambil paksa jenazah pasien Covid 19.  Jadi dalam Pergub No. 79 Tahun 2020, diatur bahwa setiap orang dilarang menolak pengurusan jenazah dan mengambil paksa jenazah pasien yang berstatus suspek, probable, dan positif. Adapun sanksinya nggak cuma denda, tapi ada sanksi pidana juga.

  • Just fyi in case you’ve been seeing no difference…PSBB aka Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi diperpanjang sampai 27 Agustus 2020 nanti.
  • Still info for Jakartans, Pemprov DKI bilang kalau aturan ganjil genap yang sekarang udah kembali berlaku itu belum berlaku untuk motor.
  • Di Kendari, Sulawesi Tenggara, Pemerintah Kotanya udah mengasuransikan aka memberikan jaminan kerja kepada semua Ketua RT/RW, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), dan relawan Covid-19. Menurut Walikota Kendari Sulkarnain Kadir, langkah ini merupakan bentuk komitmen dan kepedulian pemerintahannya atas warga Kendari yang tengah berjuang menanggulangi wabah  Covid-19.
  • Pemerintah Kota Kupang, NTT, baru aja nge-launch aplikasi Puskesmas Daring untuk mempermudah pelayanan kesehatan bagi masyarakat.  Jadi, pasien yang pengen memeriksakan kesehatannya bisa daftar online untuk dapet nomer antrian, dan datang ke puskesmas sesuai jadwalnya.

Meanwhile, internationally… 

  • Per kemarin, total kasus positif corona di dunia adalah 23.244.585 kasus, dan 805.422 kematian.
  • Negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (5.670.875 kasus), Brazil (3.582.362 kasus), India (3.044.940 kasus), Russia (954.328 kasus), dan Afrika Selatan (607.045 kasus).
  • WHO baru aja mengeluarkan rekomendasi yang menganjurkan anak-anak umur 12 tahun ke atas harus pakai masker kayak orang dewasa.  Sedangkan bagi anak yang umurnya 6 – 11 tahun, wajib pakai masker berdasarkan pendekatan risiko aja.
  • Kemarin, Korea Selatan baru saja melaporkan 397 kasus positif corona baru dalam sehari, dan merupakan penambahan tertinggi sejak Maret lalu. Terkait hal ini, pihak otoritas kesehatan di Korsel memperingatkan bahwa negaranya harus siap-siap dalam menghadapi penularan wabah Covid-19 secara nasional.
  • Dalam 18 hari terakhir ini, India jadi negara dengan jumlah kasus baru dalam sehari terbanyak, yakni 50 ribu kasus per hari. WOW.
  • China juga baru aja melaporkan 12 kasus baru, sehingga total kasus Covid-19  di China adalah 89.600 kasus. Menurut keterangan dari pemerintah China, saat ini ada 422 pasien yang masih dirawat di rumah sakit karena Covid-19, dan 16 di antaranya dalam keadaan kritis.
  • Meski menuai pro dan kontra, Perdana Menteri UK, Boris Johnson tetap kekeuh bahwa sekolah harus dibuka kembali September ini. Johnson juga meminta jajarannya untuk melakukan kampanye publik demi memastikan sekolah-sekolah pada buka on time.
  • Russia punya target untuk memproduksi vaksin Covid-19 nya antara 1.5 – 2 juta dosis per bulan sampai akhir tahun. Selain itu, minggu ini pihak Rusia juga bakal menggelar tes atas vaksin yang dikembangkannya secara besar-besaran.
  • Kasus Covid-19 di Filipina naik terus hingga mencapai 189.601 kasus, dan 2.993 korban jiwa. FYI, angka ini adalah yang tertinggi di Asia Tenggara.

What was making the headlines during the weekend?

Sumber foto: cnnindonesia.com

Gedung Kejaksaan Agung RI kebakaran.

HAH? Serius? 
Yap, while you were busy catching up on your favorite Netflix shows (or not), ternyata Gedung Kejagung yang di Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan itu terbakar. Menurut info, kebakarannya dimulai jam 19.10 WIB Sabtu malam dan baru berhasil dipadamkan jam 06.15 WIB, Minggu pagi!
I. NEED. DETAILS.
OK.  Jadi, menurut keterangan dari pihak Kejaksaan Agung, api pertama kali muncul di lantai 6 gedung utama, dan terus menyebar hingga ke lantai empat dan lima yang merupakan gedung kepegawaian. Untuk mematikan kobaran api ini, petugas pun mengerahkan sampe lebih dari 20 mobil pemadam kebakaran ke lokasi.
 
Katanya kebakaran ini ada hubungannya sama…pssst…kasus korupsi?
Nggak sih, katanya. Jadi masih menurut pihak Kejagung, gedung yang terbakar itu bukan tempat penyimpanan berkas perkara yang lagi ditangani sama Kejagung. Karenanya, berkas perkara baik yang berhubungan dengan kasus korupsi khusus maupun umum, semuanya aman. Pihak Kejagung juga memastikan bahwa kebakaran ini nggak mempengaruhi penanganan tindak pidana korupsi.
… terus yang kebakar bagian apa aja? 
Jadi bagian yang terbakar adalah ruang kerja jajaran Jaksa Agung Muda Pembinaan, which consists of biro perlengkapan, biro umum, dan biro keuangan.  Selain itu, ruang kerja Jaksa Agung ST Burhanuddin juga ikut terbakar.
 
Hah terus gimana?
Iya jadinya Jaksa Agung Pak Burhanuddin dan beberapa jaksa lain yang ruangannya ikut terbakar akan ngantor sementara di Ragunan dulu katanya.
Tapi kok kalo liat di foto-foto kayaknya kebakarannya parah banget?
Yhaa memang karena gedung-gedung yang terbakar itu adalah yang berada di dekat jalan raya. Adapun sisi belakang gedung Kejagung yang merupakan tempat tahanan kejaksaan dilaporkan aman.
I see. Ada korban jiwa nggak? 
Nope. Meski bergitu, Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana menjelaskan bahwa terkait kebakaran ini ada 25 tahanan Kejagung yang dievakuasi sementara ke Kejaksaan Negri Jaksel. Irjen Nana menyebut bahwa kebijakan ini diambil dengan alasan keamanan, mengingat sebaran apinya parah banget.
I see, what now? 
Up until now, belum ada yang tau apa penyebab kebakarannya. Kepolisian baru bisa melakukan olah tempat kejadian perkara hari ini setelah proses pendinginan bangunan yang hangus terbakar dilakukan. Menurut Polda Metro Jaya, olah TKP masih belum mungkin dilakukan karena kebakaran masih dalam proses pendinginan. Proses ini juga disebut memakan waktu cukup lama karena area yang terbakar cukup luas.
Oh gitu…anything else?
Well, fyi gengs, bahwa gedung Kejaksaan Agung ini belum diasuransikan. Karenanya, biaya renovasi pasca kebakaran tersebut harus dianggarin dulu dari APBN.

For when you need something cute to start your week…

Sumber foto: CNN.com

Meet, mittens the cat.

Aka seekor kucing anggora yang masuk nominasi sebagai New Zealander of the year. Yep, kucing asal Wellington, New Zealand itu menjadi salah satu dari calon penerima penghargaan namanya Kiwibank Award dan bersaing sama nama-nama populer lainnya di berbagai bidang kayak politik, media, kesehatan, hingga design. Nah, kepo nggak kenapa si Mittens ini bisa dinominasikan? Jadi ternyata, Mittens hobi banget exploring kota tempatnya tinggal, dan menyadari hal ini, warga setempat mulai mendokumentasikan kegiatannya Mittens. Hasilnya, akun Facebooknya Mittens udah punya likes sebanyak 57ribu lebih. Terkait hal ini, pihak penyelenggara Award menjelaskan bahwa dalam kondisi lagi kayak sekarang ini, siapa aja bisa jadi pahlawan, dan siapapun berhak mendapatkan penghargaan atas kontribusinya. FYI gengs, selain Mittens, nominasi calon penerima Kiwibank Award ini juga adalah PM Jacinda Ardern dan Dirjen Kesehatan NZ, Dr. Ashley Bloomfield.
Kepo gak sih kayak gimana petualangannya Mittens? Here, here.

“Love in the time of corona…”

Adalah judul TV Shows yang diproduksi oleh Freeform-Disney dan mengangkat cerita terkait kehidupan kala karantina Covid-19. Jadi dalam tiga cerita yang berbeda, TV series ini mengangkat soal kisah orang tua yang baru punya anak kala karantina berlaku, ada juga soal anak ABG yang balik dan tinggal di rumah orang tuanya selama pandemi, hingga kisah we found love…on the internet.
 
Kamu paling relate sama kisah yang mana gengs?

Angel’s Stories

1. Hi Catch Me Up! jadi aku mau cerita soal pengalamanku sendiri beberapa hari lalu. Waktu itu aku lagi nyetir sendirian abis pulang kantor di daerah Blok M. Terus aku liat di depan aku ada pemulung yang dorong-dorong gerobak gitu dan didalam gerobak itu ada anjingnya! Si anjing kayak “menikmati” perjalanan dengan sekali-kali ngangkat kepalanya dari dalam gerobak untuk memandang sekeliling. Anjingnya juga bersih dan gendut banget, mungkin karena disayang banget sama pemiliknya. Eh lagi asik liatin si anjing ini, mobil di depan aku berhenti pas banget di samping gerobak dan orang yang ada di dalem mobil keliatan ngasih uang warna biru buat si pemulung. Pemulungnya keliatan kaget, tapi kemudian dia senyum lebar banget. Liat itu aku bersyukur, semoga pemilik dan anjingnya bisa makan enak karena si angel ini!
-Jaksel-
2. Selama pandemi ini, kantor aku merupakan salah satu kantor yang nge-lay off karyawannya, dan meskipun aku nggak kena lay off, temen deket satu meja aku kena. Aku tahu banget dia lagi berjuang karena harus biayain pengobatan ayahnya yang sakit-sakitan, dan kakak-kakaknya juga juga kena lay off. Karena hal ini, aku dan teman-teman kantor berinisiatif untuk bantu dia dengan bikin grup yang berisi lowongan pekerjaan buat keahlian dia dan selalu kita update ke teman aku itu. Dia terharu banget dan selalu ngupdate kita soal perjalanan cari kerjanya, dan sekarang, dia lagi wawancara sama beberapa calon pekerjaan. Doain temenku ini biar cepet dapet kerjaan ya kawan!
-Anonymous-
3. Minggu, tanggal 23 Agustus kemarin abang saya menikah. Salah satu tamu adalah teman SMP abang sekaligus pelanggan warung pasangannya (kakak ipar saya). Gara-gara teman SMP (panggil saja A) itulah abang saya bisa ketemu dan kenal dengan kakak ipar saya. Btw, mbak A ini single parent. Saat sesi lempar buket bunga. Abang dan kakak ipar saya kongkalikong untuk pura-pura melempar bunga ke belakang. Padahal, kakak ipar saya langsung membalik badan lalu menyerahkan buket bunga kepada mbak A. Seketika keduanya berpelukan. Banyak tamu, keluarga pasangan, dan pihak WO mewek bareng-bareng. Termasuk saya T.T. Sehat2 mbak A, semoga lekas ketemu jodohnya.
-Ram – Jogja-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)

Catch Me Up! Recommendations

The only ignorance that you’ll love? This ignorant cat. Your meaw-come.