Corona Updates 18 Agustus 2020

31

Hi, it’s still your weekly Covid-19 updates…

Sumber foto: news.yahoo.com

As usual, first day of the week means your weekly Covid-19 updates. From home and globally, we round up everything for you…

First stop, nationally…

  • Per hari kemerdekaan kemarin, total kasus positif corona di Indonesia adalah 141.370 kasus, 6.207 meninggal, dan 94.458 sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (29.400 kasus), Jawa TImur (27.903 kasus), Jawa Tengah (11.639 kasus), Sulawesi Selatan (11.051 kasus), dan Jawa Barat (8.595 kasus).
  • Hanya ada tiga provinsi yang kemarin nggak melaporkan kasus baru COvid-19, yakni Bengkulu, Kalimantan Barat, dan Nusa Tenggara Timur.
  • 1.039 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana di Banten bakal menjadi relawan uji coba vaksin covid-19. Terkait hal ini, Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy merasa bangga terhadap para relawan WBP, karena mereka termasuk relawan WBP pertama.
  • Sekelompok lembaga terkait pendidikan yang tergabung dalam Koalisi Warga Lapor Covid-19 menolak keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim yang membuka kembali sekolah secara tatap muka di tengah masa pandemi covid 19. Menurut mereka, hal ini bisa menjadi arena transmisi virus corona penyebab Covid-19.
  • Uji coba SMA/SMK tatap muka di Jawa Timur bakal dimulai Selasa hari ini.  Menurut Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Wahid Wahyudi, kebijakan ini tidak berlaku di Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo karena masih di zona merah.
  • Total pasien yang dirawat di Rumah Sakit Darurat covid-19 Wisma Atlet so far adalah 1.357 pasien, 769 pria, dan 592 perempuan.
  • Asrama Dokter di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diubah menjadi tempat isolasi khusus pasien tanpa gejala. Tempatnya ada di kompleks RSUD Wates, dan bisa menampung 32 pasien.
  • Di Sulawesi Tenggara (Sultra) total pasien sembuh dari virus corona bertambah jadi 842 orang per 17 Agustus 2020.  Total kasus positif di Sultra adalah 1.216 kasus.

And globally…

  • Per kemarin, total kasus positif corona di dunia adalah 2.749.290 kasus, dengan total 776,395 kematian.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika (5.410.215 kasus), Brazil (3.340.197 kasus), India (2.647.663 kasus), Russia (925.558 kasus), dan Afrika Selatan (587.345 kasus).
  • Malaysia dan Singapura udah kembali membuka perbatasan antara kedua negara dan mulai memperbolehkan perjalanan untuk kerjaan di antara warganya. Adapun durasi perjalanannya dibatasi menjadi 14 hari maksimal, dan strictly untuk kerjaan aja. Meanwhile, perbatasan untuk turis masih ditutup.
  • China baru aja memberikan hak paten atas vaksin Covid-19 pertamanya kepada perusahaan bioteknologi, CanSino Biologics Inc. Terkait perkembangan ini, media resmi pemerintah People’s Daily menyebutkan bahwa udah ada beberapa negara kayak Arab Saudi, Rusia, Brasil dan Chili yang uda ngobrol-ngobrol terkait kemungkinan uji coba vaksin tahap III di negara-negara tersebut.
  • Meanwhile, perusahaan yang lagi ngembangin vaksin Covid-19 juga, namanya Novavax dari Amerika Serikat baru juga mengumumkan bahwa mereka bakal uji coba (mid-stage study) vaksinnya di Afrika Selatan. Tahapan ini adalah uji coba fase kedua dari vaksin yang namanya NVX-CoV2373, dan rencananya bakal ada 2.665 orang dewasa yang sehat yang bakal  melakukan uji coba vaksin tersebut.
  • Just fyi, but the US is considered to have the WORST response to coronavirus compared to any major country. Yep, hal ini disampaikan sama Directornya Harvard Global Institute of Health, Dr. Ashish Jha. Menurutnya, kebijakan beberapa negara bagian di Amerika Serikat yang nggak merespons dengan cepat penyebaran Covid-19 (bahkan ada yang menganggap virusnya sebenernya ga ada!) bikin penanganan pandemi di US jadi lamban dan kurang efektif. So far, udah sekitar 170ribu kematian di US gara-gara Covid-19.
  • Seiring dengan munculnya lagi kasus Covid-19 di New Zealand, Perdana Menteri Jacinda Ardern mengumumkan bahwa negaranya bakal menunda pemilu legislatif selama empat minggu sampe Oktober mendatang. Jadi emang setelah lebih dari 100 hari being Covid-free, per kemarin, NZ menemukan 52 kasus baru lagi. FYI bahwa selain menunda pemilu, NZ juga memberlakukan lockdown level dua.
  • Per kemarin, Italia kembali menutup nightclubs dan dance halls di seantaro negaranya sampai tanggal 7 September nanti. Hal ini seiring dengan bertambahnya lagi kasus Covid-19 di negara tersebut, yang mayoritas penderitanya adalah anak muda.
  • Pemerintah Kota Seoul di Korea Selatan tengah berupaya menempuh jalur hukum terkait kasus penularan Covid-19 atas sekitar 315 orang jemaah gereja yang terdeteksi positif. Hal ini karena para pengurus gereja diduga melanggar aturan dengan menggelar perkumpulan yang totalnya dihadiri oleh lebih dari 4000-an orang. Terkait hal ini, pihak gereja menampik semua tuduhan dan bilang bahwa mereka udah ngikutin aturan protokol kesehatan.
  • Jepang baru aja melaporkan GDP terendahnya sejak tahun 1980an, thanks to the pandemic. Jadi dalam laporannya kemarin, Kemenkeu Jepang melaporkan bahwa pertumbuhan ekonominya menurun hingga 7.8% pada kuarter dua tahun ini, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Selain itu, angka konsumsi warga Jepang juga menurun hingga 8,2%, seiring dengan berlakunya kebijakan darurat nasional yang berlaku selama enam minggu di bulan April-Mei lalu.