China Gunakan Vaksin Virus Corona Pada Tubuh Manusia

25

Who’s just revealed a secret?

Sumber foto: Magster

China.

 What secret?
Well, kamu tahu kan kalo saat ini banyak negara lagi berlomba-lomba mengembangkan vaksin Covid-19? Nah, ternyata oh ternyata, China udah lama pake vaksin yang masih tahap uji coba, aka belum terbukti aman dan ampuh, pada manusia. Sejak Juli lalu, lah.
HAH kok bisa?
Iya bisa. Jadi dalam wawancara dengan media pemerintah CCTV 2, perwakilan dari lembaga pengembangan vaksin di sana, namanya Zheng Zongwei menyebut bahwa China sebenernya udah sejak 22 Juli lalu menggunakan vaksin pada manusia, yaitu pada mereka yang kerja di lokasi-lokasi “high risk”.
 
Like…
Yhaaa like, tentara yang menjaga perbatasan, petugas imigrasi dan personel medis. Padahal, vaksin yang dikembangkan sama perusahaan bioteknologi China Sinopharm itu saat ini lagi menjalani tahap percobaan ketiga di beberapa negara Uni Emirat Arab, Peru, dan Argentina.
 
Emang boleh ya?
Yha klo di China boleh ternyata. Jadi dalam penggunaan vaksin percobaan ini, China pake aturan “emergency” yang emang membolehkan otoritas untuk menggunakan vaksin yang masih dalam tahap percobaan ketika negara sedang dalam kondisi darurat kesehatan.
 
Terus, vaksinnya ngefek ga?
Unclear aka gatau. Si Dokter Zheng ini juga nggak bilang ada berapa petugas yang diberi vaksin ini dan kayak gimana dosisnya. Meski begitu, beberapa netizen di China yang mengakui mendapatkan vaksin ini menyebut bahwa mereka merasa agak pusing, agak ngantuk, tapi yha gaada symptom lain.
 
OK anything else?
Well, saat ini cuma ada tujuh kandidat vaksin di dunia yang udah memasuki percobaan tahap tiga, dan empat di antaranya berasal dari China. Dua di antaranya dikembangkan oleh CNBG, BUMN-nya China di bidang bioteknologi, satu oleh CanSino Biologics, dan terakhir oleh Sinovac, yang juga akan diujicoba di Indonesia dan Brasil.