Bali Ditutup: Wisatawan Asing Dilarang Masuk Hingga Tahun Depan, “Brenton Tarrant” Pelaku Penembakan Brutal Di Vonis Penjara Seumur Hidup, Aplikasi Whatsapp Bisa Video Call dengan 50 Orang Guys, Tahun 2020 Bumi Bakal Ditrabrak Asteroid

58

What will likely be closed until the end of the year?

Sumber foto: cnbcindonesia.com

BALI.
Yep, sedih banget sih tapi iya, jadi tadinya, Pemerintah Pusat berencana untuk membolehkan wisatawan asing untuk masuk ke Bali per tanggal 11 September mendatang, namun kemungkinan besar, rencana tersebut bakal ditunda.

HAH Why? 
Yha apa lagi kalo bukan karena Covid-19. Jadi keputusan ini diambil pemerintah setelah perkembangan terbaru menunjukkan bahwa jumlah penambahan kasus positif Covid-19 di Indonesia nambah terus, bahkan sekarang udah nyampe 154 ribu kasus positif.
 
Go on…
Selain itu, kemungkinan ini juga merujuk dari statement-nya Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang menyebut bahwa Indonesia nggak bakal nerima wisatawan mancanegara dulu sampe akhir tahun 2020 nanti. Kata Opung Luhut, untuk saat ini sektor pariwisata di Indonesia bakal fokus ke wisatawan domestik dulu, dengan target pengunjung sebesar 70 persen.
Well, what do the businessmen/women say about this?
Yha mereka worry lah, secara para pelaku pariwisata di Bali udah melakukan persiapan sejak beberapa bulan lalu untuk menyambut kedatangan para wisatawan asing. Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) DPD Bali I Nyoman Astama juga menyebut bahwa untuk memastikan bahwa protokol kesehatan bener-bener diimplementasikan, di Bali udah ada Satgas Gotong Royong yang dimotori oleh Desa Adat.
 
Now let’s hear it from the local government…
Well, Gubernur Bali, Wayan Koster memastikan bahwa pihaknya bakal ngikut aturan dari pemerintah pusat, termasuk kalo emang wisatawan asing baru bisa dateng ke Bali tahun depan. Menurutnya, kondisi di Bali juga belum kondusif, dan masih banyak juga negara yang belum mengizinkan warganya untuk keluar negeri demi menyetop penyebaran Covid-19.
I see. Anything else?
In case you’re wondering, sebagai provinsi yang 80% sumber pemasukan ekonominya adalah pariwisata, Bali menjadi salah satu provinsi yang terdampak paling buruk gara-gara Covid-19. Data menunjukkan bahwa seenggaknya ada 2.667 orang yang bekerja di sektor pariwisata yang di-PHK, dan lebih dari 73 ribu orang dirumahkan.

What’s just giving us some updates?

Sumber foto: CNN.com

The Christchurch Massacre.

Pada Bulan Maret tahun lalu, dunia dikagetkan dengan tragedi penembakan membabi buta yang dilakukan oleh seorang pria Islamophobic asal Australia di dua masjid yang ada di Christchurch, New Zealand. Penembakan yang di-livestream di Facebook itu dilancarkan pada orang-orang yang lagi mau Jumatan dan menyebabkan 51 orang meninggal dan 40 orang luka-luka.
 
God lord, I remember that…
Yep, fast forward pada Hari Senin kemarin, pelaku penembakan Brenton Tarrant muncul di pengadilan untuk menghadiri sidang gugatannya. Dalam persidangan, disebutkan bahwa Brenton akan dihukum atas aksi pembunuhan sebanyak 51 kali, upaya pembunuhan sebanyak 40 kali, dan kasus kejahatan terorisme, which is merupakan pertama kalinya ada orang didakwa dengan kejahatan tersebut di NZ.
 
And for that, he will be sentenced for…
Masih belum putusan kan, cuma banyak yang memprediksi bahwa Brenton bakal dihukum penjara seumur hidup, tanpa keringanan hukuman. FYI, jenis hukuman ini, kalo emang jadi dijatuhkan, bakal jadi yang pertama kalinya juga di NZ.
 
Now tell me more about the hearings…
Well, secara lagi Covid-19, jumlah para tamu yang hadir dalam persidangan dibatasi, namun para pengunjung bisa mengikuti sidang melalui tujuh ruang sidang yang berbeda, dan aturan social distancing yang ketat. Selain itu, para keluarga korban juga turut hadir untuk memberikan kesaksiannya…
 
Like…
Most are very angry, sad, and in tears ketika berhadapan langsung dengan Brenton. Imam Masjid Al Noor, yang merupakan salah satu lokasi penembakan menyebut bahwa tindakan Brenton adalah salah dan sesat, dan rasa bencinya pada Islam itu ga penting.
 
I really want to know his motives…
Who? Brenton? Well, dari keterangan yang disampaikan di persidangan, memang disebutkan bahwa dalam menjalankan aksinya itu, Brenton udah mempersiapkan diri selama dua tahun terakhir. Adapun persiapan yang dilakukannya meliputi nabung buat beli senjata api dan amunisinya, mempelajari denah masjid yang akan diserang dengan menerbangkan drone, hingga rencananya untuk membakar masjid sampe habis.
 
OMG…
Yep, selain itu disebutkan juga bahwa sepanjang persidangan, Brenton tampak biasa aja dan nggak menunjukkan emosi apapun ketika menghadapi para keluarga korban. FYI, sidang putusan atas persidangan ini bakal dilaksanakan later this week, and we’ll keep you updated.

For when you’re bored of Zoom meetings…

Sumber foto: news.androidout.com 

WhatsApp could be an alternative. 

Hah gimana? 
Yoi, jadi sekarang, WhatsApp udah bisa dipake untuk video call-an dengan 50 orang secara langsung. In case you didn’t know, dulunya fitur ini cuma bisa dipake sama delapan orang aja.
Whoaaa kok bisa? 
Ya karena kan Whatsapp itu terintegrasi sama Facebook Messenger Rooms, jadi kalo kamu pake whatsapp web, kamu bisa bikin room baru, dan video call-an bareng teman-temanmu.  
 
Hold on. Facebook Messenger Rooms itu apa?
Jadi, Facebook Messenger Rooms adalah platform video conference yang juga merupakan fitur baru dari Facebook Inc, thanks to Covod-19. Jadi emang layanan ini dibuat khusus sama Facebook untuk merespons pandemi Covid-19, yang semuanya serba digital.
Well, how does it work? 
Zuzur sih caranya nggak ribet-ribet banget ya. Jadi awalnya, kamu cukup buka buka Whatsapp Web, terus click tiga titik sebelah kanan atas, dan pilih opsi ‘create a room’.  Abis itu, kamu bakal dapet notifikasi ‘continue in messenger to create a room’, dan pilih yang ‘continue in Messenger’. Nah, kalau kamu belum login di Facebook Messenger kamu, kamu harus login pake Facebook dulu.  Kalau udah aman, baru deh klik ‘create room as (nama)’. Terus nanti link-nya tinggal di share supaya pada bisa join meeting room-nya.
NOTED.
Great. Now before you open your WhatsApp app, here’s a few notes: Untuk penggunaan browser, kamu disarankan untuk pake google chrome, karena browser yang lain belum bisa akses Messenger Rooms. Selain ituvideo call bareng 50 orang ini bisa juga dilakukan melalui hp, tapi masih dalam proses persiapan. Kita tinggal update WhatsApp kita aja nanti, once it’s ready.

For when you think 2020 can’t get any weirder…

Sumber foto: NYPost.com
Meet, asteroid heading to earth. 

Ya guys as if 2020 belum diisi oleh pandemi, planning kamu yang ke-cancel semua, sampai mantan kamu yang tiba-tiba udah move on, awal November ini NASA (National Aeronautics and Space Administration) memprediksi bahwa bumi bakal ditabrak asteroid.
Tapi kamu gak usah panik dulu karena masih menurut NASA, asteriod-nya sih kecil banget (kurang dari dua meter), gak bahaya, dan diprediksi bakal langsung ancur ketika bertabrakan dengan atmosfir bumi. Selain itu, kemungkinan asteroidnya mengenai bumi hanya 0.41 persen ajha.
Phewww…

“Saya Giring Ganesha memberanikan diri mewakili generasi saya untuk maju sebagai Presiden Republik Indonesia di 2024.”

Yep, you read it right. Giring Nidji…sahabat aku…dekat denganku…dialah akuuu” baru mencalonkan diri sebagai calon presiden RI buat tahun 2024 mendatang. Deklarasi ini disampaikannya melalui akun Instagramnya kemarin. Giring bilang, dia mau maju capres untuk mewakili generasi muda.
Now singing: Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia…

Angel’s Stories

1. Jadi waktu awal pandemi aku sama temen-temen menggalang dana via IG yang hasilnya kita beliin sembako untuk orang-orang yang membutuhkan di kota kami. Kita update progresnya tiap hari, sampe momen pembagian sembako via IG story. Dalam dua minggu, kita bisa menyalurkan 6 juta. Ngga sangka, gerakan kita dicontoh sama temen kita di kota lain dan berhasil menghimpun dana 10x lipat alias 60 jutaan. So, buat temen-temen yang ragu sharing kebaikan lewat sosmed karena takut dibilang riya, cuek aja. Asal niat kita baik, apa kata orang itu ngga penting. Karena aku sama temen-temen sharing berkala IG story, akhirnya ada gerakan lain yang bisa kasih positive impact yang lebih besar. Kalau kita diem-diem aja, ceritanya mungkin ngga begitu.
-a storyteller-
2.Hi Catch Me Up! Senang rasanya bisa baca Angel’s Stories yang bikin mewek. Mau cerita nih, sudah sejak Maret kemarin aku jobless hingga kini. Aku tau aku ga sendirian, banyak juga temenku yang senasib. Semangat ya para pencaker! 🙂 Ga nyangka, kemarin temenku ngirim pulsa ke aku karena dulu sempet bantuin dia. Katanya dia baru dapat sedikit honor dari mantan dospem karena pernah bantu beliau. Padahal posisi dia juga sama-sama jobless. Memang ya rezeki itu datang dari arah yang tidak disangka-sangka!
-Aku, di kota yang katanya terlalu (di)romantis(asi)-
3. Jadi aku sekeluarga sering banget beli air kemasan, entah itu botol atau gelas plastik. Sampahnya itu kami kumpulin dan udah dalam keadaan bersih, udah ga ada isi dan plastik mereknya. Nanti kalau udah terkumpul banyak, biasanya sekitar 1 karung, akan ditaruh di mobil dan dikasih ke pemulung yang ketemu dijalan. Suatu waktu, ketika lagi keliling cari orang yang bisa dikasihin di sekitar perumahan yang sepi banget, aku ketemu kakek pemulung yang lagi jalan dan keliatan kosong karungnya. Akhirnya aku berhenti dan ngasih botol kosong yang aku punya. Saat itu, kakeknya kelihatan tidak menyangka kalau karung yang dibawanya terisi penuh. Si kakek seneng banget sampe nangis, katanya, “Makasih banyak ya nak, saya jadi bisa pulang cepet.” Di situ aku, hanya mengiyakan karena udah nahan tangis. Padahal aku ga kasih uang atau makanan, hanya sedikit memudahkan pekerjaan si kakek, tapi kakek itu terlihat sangat bersyukur. Hari itu aku sadar, kalau membantu orang lain ga harus berupa materi. Nyatanya bantuan yang kita kira kecil dan ga seberapa dapat berarti besar untuk orang lain.
-Rei-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here(can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)

Catch Me Up! Recommendations

What do you think you missed during the year of 2020? This