Aksi Protes Masyarakat Di Lebanon Ricuh, Presiden Russia “Vladimir Putin” Umumkan Russia Negara Pertama Pengembang Vaksin Covid-19, Bantuan Pemerintah Bagi Pekerja Bergaji Dibawah 5 Juta, Apple Meraih Penghargaan Perusahaan Paling Berharga Di Dunia

30

For when things are heating up in Lebanon

Sumber foto: apnews.com

Wait, before you scroll down, one thing: all eyes are on Lebanon now.
 
Why?
Inget ledakan yang terjadi di ibu kota Lebanon, Beirut minggu lalu? Nah, menyusul ledakan ini, Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab dan jajaran kabinetnya baru aja resign.
 
Really? 
Yap. Jadi pasca ledakan tadi, aksi protes masyarakat yang anti-pemerintah makin menjadi-jadi hingga berujung ricuh. Karena desakan dari masyarakat yang nggak kunjung surut ini, Perdana Menteri beserta menteri-menteri dan beberapa anggota parlemennya Lebanon pada hari Senin kemarin kemudian mengundurkan diri. Dalam pidatonya, Hassan bilang, “korupsi di negaranya lebih besar daripada negara itu sendiri.”
Hah kok jadi korupsi?
Oh iya jadi a little flashback guys, sejak Oktober tahun lalu, masyarakat Lebanon emang menggelar aksi demo untuk memprotes pemerintahannya yang disebut menyebabkan ekonomi negaranya ancur-ancuran. Penyebabnya? korupsi, mis-management sampe pemborosan budget yang membawa negara Arab itu ke krisis ekonomi terburuk, ever. Pokoknya semua kondisi krisis ekonomi yang kamu sering baca di buku “pengantar ekonomi” kamu kayak inflasi, harga bahan pokok yang meroket, pengangguran, sampe pembatasan akses listrik, semuanya kejadian deh di Lebanon…
 
Oh no…
Yep, and then Covid-19 hits. Then, the blast. Then, the government was like: bye.
Ok, so what now?
Unclear. Kondisi di Lebanon masih panas karena para pendemo menuntut supaya pemilu diadakan lebih awal. Namun banyak pengamat yang menilai langkah tersebut kurang dan nggak akan bisa meng-address isu utamanya yang bikin pemerintahan di Lebanon kurang efektif, yaitu sistem pembagian kekuasaan yang berdasarkan pada agama.
Hah gimana?
Jadi di sana itu guys, Undang-Undangnya mengatur bahwa yang jadi Presiden harus beragama Kristen, yang jadi Perdana Menteri harus Sunni Muslim, dan yang jadi Ketua DPR harus Syiah Muslim. Nah, sistem ini yang dinilai banyak pihak malah bikin sistem pemerintahan nggak jalan dan justru menyebabkan perpecahan.
 
I see…
Karenanya, banyak pihak menuntut supaya jabatan-jabatan ini diisi secara independen aja, berdasarkan keterampilan dan kemampuan. Selain itu, fokus utama dari Perdana Menteri baru adalah pemulihan ekonomi.
 
Ok. Final question. Any updates on the explosion? 
Yep. So far, ada setidaknya 160 orang yang meninggal dan ribuan orang yang luka-luka. Pihak berwajib di Lebanon masih melakukan investigasi terhadap siapa yang bertanggungjawab atas ledakan ini, yang nantinya akan diproses secara hukum.

Who’s saying “I HAVE A COVID-19 VACCINE”?

Sumber foto: CTVNews.com
RUSSIA.
 
WHAAAT? WHY WRITE IN ALL CAPS??
Yha we’re not the only one who’s surprised, right? 
Kamu gak kaget emang pas tau bahwa Rusia ternyata punya vaksin Covid-19?
 
U sure we’re not talking about Hadi Pranoto?
Ngga dong. We’re actually gonna talk about Presiden Rusia, Vladimir Putin. Jadi kemarin, Putin baru aja mengumumkan bahwa Rusia jadi negara pertama yang mendapatkan pertujuan dari regulator untuk mengembangkan secara massal vaksin Covid-19 nya.
 
KOK cepet banget?
Yhaaa that’s also what most scientists think. Jadi approval ini didapatkan dalam kurun waktu kurang dari dua bulan sejak vaksinnya diuji coba ke manusia. Nah menurut para peneliti, hal ini agak sedikit mengkhawatirkan, secara timeline-nya cepet beud. Mereka juga khawatir langkah ini diambil dengan lebih mementingkan prestise nasional dibanding keselamatan warga.
 
Terus kata Putin gimana?
Putin sih yakin vaksinnya aman dan udah bisa digunakan secara massal. Dalam keterangannya di TV Nasional kemarin, Putin bahkan menyebut bahwa vaksin itu udah diujicoba terhadap anaknya sendiri.
I see…now tell me more about the vaccine.
You got it. Jadi vaksinnya ini dikembangkan oleh lembaga bioteknologi di Moscow, namanya Gamalaya institute. Nah rencananya, vaksin ini bakal dipasarkan dengan nama ‘Sputnik V’ untuk dijual di pasar internasional. FYI gengs, Rusia juga bilang bahwa udah ada sekitar permintaan sebanyak 1 milyar dosis datang dari luar negeri untuk vaksin ini.
 
So, it’s legit?
Jujur gatau. Karena to give you a little background, dalam pengembangan vaksin itu ada tiga tahap proses, di mana tahap ketiga merupakan tahap yang paling krusial. Jadi yang dilakukan pada tahap ini adalah mengujicoba vaksin ke ribuan orang untuk mengecek apakah vaksinnya emang ampuh untuk mencegah seseorang terinveksi virus. Nah, tahap ini nih yang belum dilaksanakan sama Rusia atas vaksin Sputnik tadi.
 
Lah gimanaa…
Ya emang sih, perkumpulan para peneliti di Rusia juga udah ngirim surat ke Kemenkesnya untuk memperingatkan bahwa vaksinnya jangan dulu di-approve kalo belum selesai uji coba tahap tiga. Secara tahap ini justru yang paling krusial, tapi yha pengembangannya bakal lanjut terus.
OK. Anything else?
FYI, saat ini di seluruh dunia ada sekitar 100 vaksin Covid-19 yang lagi dikembangkan di banyak negara. Dari 100 itu, empat di antaranya udah di fase ketiga, dan kalo sesuai timeline sih, awal tahun depan udah ada vaksin Covid-19 guys.
 
Sabar yhaaa lima bulan lagi…

For when the government is giving out some $$$

Sumber foto: cnnindonesia.com
WHOAAA All the details. NOW!

Siap. Jadi as you know, Pemerintah bakal ngasih bantuan langsung tunai untuk pekerja yang gajinya ada di bawah Rp 5 juta.
 
How?
Menurut Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Bu Ida Fauziyah, dananya ini bakal dikirim langsung ke rekening si pekerja, gapake pihak penyalur-pihak penyaluran. Karenanya, kata Bu Ida, BPJS Ketenagakerjaan lagi ngecek lagi nih, norek para penerima bantuan.

Cool. How much will I get? 
Rp600 ribu per bulan untuk empat bulan ke depan.  Info tambahan juga nih gengs bahwa kata Menteri BUMN Pak Erick Thohir, BLT ini bisa mulai dicairkan pada bulan depan.  Rencananya, pencairannya bakal dilakukan setiap dua bulan sekali. Jadi, setiap dua bulan, pekerja akan dapat Rp1,2 juta yang bakal dikirim langsung ke rekening masing-masing.

Ada syaratnya gak tapi?
Ada dong. Nih syaratnya nih.

  • Gaji di bawah Rp5 juta atau yang iuran bulanan BPJS Ketenagakerjaannya sebanyak Rp150 ribu/bulan.
  • Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan
  • Bukan PNS
  • Pegawai non-BUMN

OK. Anything else?
Kabarnya per kemarin, udah ada 3,5 juta pekerja yang ngasih data nomer rekeningnya ke pemerintah. FYI, target bantuannya itu bakal dialokasikan untuk sekitar 15,7 juta pekerja. Sign up, sign up…


Who’s not singing “I wanna be a billionaire…” anymore?

Sumber foto: Bloomberg
CEO Apple, Tim Cook.
Yep, secara per minggu lalu, dia udah officially jadi bilioner guys. Status ini resmi disandang oleh Tim Cook setelah Apple jadi perusahaan paling berharga di dunia minggu lalu, ketika sahamnya menguat hingga menggeser perusahaan yang tadinya ada di posisi pertama, Saudi Aramco. Status barunya Cook ini juga didapatkannya setelah dia menjabat sebagai CEO Apple selama 9 tahun, dan hal ini merupakan sesuatu yang baru karena biasanya sih, yang jadi bilioner itu yang foundernya. Contohnya kayak Jeff Bezos yang merupakan founder Amazon dan Mark Zuckerberg yang merupakan co-founder Facebook. Nah balik lagi ke Tim Cook, diketahui juga bahwa dia memiliki 0.02% sahamnya Apple, atau senilai US$ 375 juta. Namun selain dari saham, Cook juga mendapat kompensasi yang banyak dari posisinya sebagai CEO, kayak gaji pokok sebesar US$3 juta per tahun, dan berbagai fasilitas lainnya. FYI guys, Tim Cook ini naik jadi CEO Apple setelah pada 2011 lalu, foundernya Apple, Steve Jobs mundur dari jabatannya karena kanker pankreas dan meninggal beberapa minggu kemudian.

“Korban kekerasan seksual jangan takut bersuara.”

Gitu kata anggota DPR RI asal Fraksi Partai Nasdem, Ahmad Sahroni saat ngomentarin soal fenomena baru-baru ini di mana ada beberapa korban kekerasan seksual yang speak up di media sosial, kayak kasusnya Gilang “bungkus” dan pemerkosaan di Bintaro. Menurut Bang Roni, aksi “speak up” ini emang dibutuhkan demi membawa keadilan buat korban dan menghindari kebiasaan victim blaming di masyarakat.
 
#MeToo…

Angel’s Stories

1. Hi, it’s me again! Kalau masih ingat Angel’s Stories 16 Juli 2020 kemarin, aku masih LDR dan terpisah jarak 1615 km. Sekarang, aku lagi di kota pacarku setelah LDR selama 7 bulan lamanya. Kemarin kami gak ketemu karena dia lagi beres-beres rumah, dan aku lagi beresin deadline kerjaan (maklum kerja di ahensi kadang susah libur wkwk). Terus karena gak bisa nemuin, kami telponan dan aku sambil mesen makanan lewat GoFood. Kebetulan banget lagi dapet voucher diskon, tapi belanjaanku belum mencapai batas minimum. Akhirnya aku pesen makannya dobel, dan satunya aku kasih buat drivernya. Biasanya kalau gitu, drivernya cuma bilang makasih banyak terus udah. Semalam, drivernya bilang makasih sambil mendoakan. Dan aku dan pacarku seneng banget. Begitu makanannya sampai, bapak drivernya berkali-kali bilang makasih lagi dan terus mendoakan, dan rasanya bahagia banget padahal harga makanannya gak seberapa. Akhirnya aku kasih tip lagi sambil ngasih note berisi doa yang sama untuk bapak driver. Oh iya, teman-teman malaikat Catch Me Up! yang baik hati, aku mohon doa kalian ya. Weekend nanti aku mau ketemu orang tua pacarku dan rencananya aku mau melamar pacarku. Aku mohon doa baik dari kalian agar urusanku yang satu ini dilancarkan ya. Terima kasih banyak. <3
-FF 1615 km-
2. Jadi beberapa minggu lalu aku ikut lomba dan pengumumannya baru beberapa hari lalu. Karena terlalu optimis bisa menang aku kecewa banget pas tahu hasilnya aku gak masuk ke daftar pemenang huhuhu😭. Yah, walaupun aku gak menang lomba intinya (main competition), tapi Alhamdulillah masuk 20 besar IG contest (kayak lomba tambahan gitu) yang hadiahnya ya gak terlalu besar. Saat itu aku berpikir kenapa hadiahnya gak aku kasih ke donasi aja biar bisa balikkin mood dengan berbagi. Ternyata setelah itu aku merasa lebih baik dan tiba-tiba gak tahu kenapa aku denger ceramah salah satu ustadz di Spotify kalau ternyata ujian adalah cara Tuhan supaya kita balik lagi ke jalan yg benar (dan aku langsung inget kalau ternyata akhir-akhir ini aku masih sering menganggap kalau aku sudah bisa jadi sombong). Mungkin cobaanku (gak menang lomba) adalah cara Tuhan menyayangiku💖. Teman-teman minta doanya ya, besok tanggal 13 Agustus aku bakal ikutan kompetisi sains tingkat provinsi, semoga dilancarkan dalam mengerjakan, Aamiin :).
-An, Bna.-
3. Jadi ini ceritanya di Jumat siang yang terik di sekitaran BSD, ketika gue sama temen gue lagi jalan kaki untuk balik ke kantor habis makan siang. Pas banget turun dari jembatan penyeberangan, gue lihat mobil hitam yang menepi ke arah abang starling (starbuck keliling) gue kira doi mau beli kopi di gelas, eh tau-taunya dari dalem mobil ngasih beras 5kg ke abang starling. Disitu gue langsung lihat secara jelas wajah abangnya yang sumringah kegirangan. Kaya ga nyangka dan siang itu gue jadi belajar kalau masih banyak orang baik di sekitar kita.
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)

Catch Me Up! Recommendations

If you’re into healthy snacking, these oatmeal cookies should always be in your pantry. Seriously. You’re welcome.