USD 2 Trillion Bantuan Negara Uni Eropa

48

For when you’ve been having a lot of long meetings lately…

Sumber foto: cnn.com

EU Leaders can relate.

EU as in European Union?
Yep. Jadi perkumpulan negara-negara di Benua Biru itu kemarin baru aja mencapai kesepakatan bersejarah setelah meeting yang intense banget selama lima hari terakhir, sejak Jumat.
 
Wait, mereka meeting pas wiken?
Yoi…
 
Wah berarti penting banget seh pembahasannya. 
Iya banget. Jadi emang meeting yang lama ini menghasilkan satu persetujuan: yaitu Uni Eropa setuju untuk mengalokasikan anggaran dana sebesar US$2 triliun untuk memulihkan ekonomi negara-negara anggotanya yang nge-down gara-gara corona.
Whoaaa banyak banget!
Iya, jadi emang dana bantuan ini dialokasikan demi menghindari negara-negara Uni Eropa dari jurang resesi, aka kondisi di mana pertumbuhan ekonomi negara menurun drastis, atau bahkan menyentuh angka negatif.
OK. Tell me more about the meeting.
You got it. Jadi dalam meeting offline pertama kalinya yang dihadiri oleh ke-27 kepala negara dari negara-negara anggota Uni Eropa itu, para pemimpin menyetujui angka US$2 triliun untuk dialokasikan buat negara-negara yang paling parah kena efek ekonomi dari Covid-19. Nantinya, dana ini bakal ada yang dibagiin sebagai bantuan, dan ada yang dibagiin sebagai pinjaman.
 
I am reading…
Nah, lebih jauh, dana ini juga bakal fokus dalam tiga hal, yaitu membantu memulihkan bisnis yang ancur-ancuran gara-gara Covid-19, menyusun langkah baru untuk ekonomi jangka panjang, dan investasi untuk melindungi EU dari krisis lainnya di masa depan.
 
FYI… 
Dalam fokus yang ketiga, EU juga berkomitmen untuk mengalokasikan dana sebesar 30% dari budget pemulihannya untuk isu-isu yang terkait dengan perubahan iklim.
 
Sounds cool…
Yhaaa tapi proses tercapainya persetujuan ini tidak semudah itu, Fergusso. Jadi secara ngomongin duit (bantuannya kayak gimana, siapa aja yang dikasih, syaratnya apa aja, dll, dll), ke-27 pimpinan negara anggota Uni Eropa harus melewati perdebatan panjang dulu sebelum akhirnya mencapai kesepakatan. Selain itu, ini juga untuk pertama kalinya EU bakal jadi salah satu institusi yang minjem duit ke pasar finansial dalam jumlah yang paling besar. Rencananya, EU bakal melunasi pinjaman ini pada tahun 2058 mendatang.