PT Bio Farma Produksi 40 Juta Vaksin Corona

32

Who just gave some updates on Covid-19 vaccine?

Sumber foto: kabar24.bisnis.com
Perusahaan farmasi tanah air, PT. Bio Farma.
 
Apa tuch update-nya?

Jadi PT Bio Farma yang merupakan perusahaan plat merah aka BUMN ini udah berencana untuk memproduksi 40 juta vaksin Covid-19 pada tahap produksi awal. Nah, rencana ini tentunya bakal berjalan setelah Bio Farma mendapatkan hasil uji klinis dan surat izin edar yang diterbitin sama pemerintah.

Serius ini? 

Iya cuy. Jadi Menurut Dirut Bio Farma Honesti Basyir, vaksin virusnya ini didatengin dari perusahaan farmasi yang emang lagi ngembangin vaksin asal China, Sinovac. Sejauh ini, Bio Farma udah dapet kiriman 2.400 vaksin dari Sinovac dan udah siap untuk diuji kliniskan.
 
Tell me more about the uji klinis.
Jadi rencananya, uji klinis tahap III ini akan dilakukan pada 1.620 sampel dengan rentang usia 18 – 59 tahun. Uji klinis dilakukan untuk memastikan bahwa vaksin tersebut aman dan efektif dalam menangkal Covid-19. FYI, uji klinis ini ditargetkan selesai pada awal tahun 2021.

I see…

Nah, kalo ternyata uji klinisnya sukses, Pemerintah bakal memprioritaskan vaksin ini untuk tiga kelompok dulu yaitu: tenaga medis, warga yang tinggal di di zona merah, dan orang yang punya penyakit bawaan. Pokoknya, prioritas diberikan buat mereka yang rentan tertular Covid-19.

OK. Anything else I should know? 

Well, kalo udah lulus uji klinis dan dapet izin edar sih, Bio Farma menargetkan bisa bikin vaksin sebanyak 40 juta dosis per tahun untuk tahap awal, dengan kemampuan maksimal produksi sebanyak 100 juta dosis per tahun. Abis itu, pada tahun berikutnya, Bio Farma akan ekspansi menuju 250 juta dosis per tahun.

Fingers crossed, guys!