Pemilu Ditengah Pandemic

50

Who’s just held an election during the pandemic?

sumber foto: New York Times


Singapore.
Yep, negara tetangga itu Hari Jumat kemarin baru aja menggelar pemilihan umum untuk memilih anggota dewan yang bakal duduk di parlemen.
 
I think I need some background…
You got it. Jadi dalam pemilu itu. partai pemerintah, namanya PAP, stands for People’s Action Party (bukan post a pic!) memenangkan pemilu dengan memborong 83 kursi dari total 93 kursi parlemen. Adapun 10 kursi lagi dimenangkan oleh partai oposisi, namanya Worker’s Party.
 
Go on…
Nah, FYI gengs, PAP ini adalah partainya Perdana Menteri Singapura saat ini, PM Lee Hsien Loong. PAP telah menjadi partai pemerintah sejak tahun 1959, dan merupakan partai dengan masa berkuasa terlama di dunia saat ini, jika dibandingkan dengan partai politik lain yang dipilih melalui pemilu.
 
Whoaaa…
Iya gitu. Nah, meski menang, namun pada pemilu kali ini, dukungan terhadap PAP menurun. Hasil pemilu menunjukkan bahwa popular vote-nya PAP turun hingga 61,2%, dari pemilu sebelumnya lima tahun lalu yakni 70%.
Terus-terus…
Pada pemilu kali ini, voters turnout aka pemilih yang menggunakan hak pilihnya adalah 96%. Dan secara lagi pandemi, para pemilih ini juga wajib melakukan protokol kesehatan pas lagi mau nyoblos, kayak wajib social distancing, wajib pake masker, dan pake disinfektan.
 
Olrite. Anything else?
Meski lagi pandemi, diketahui bahwa sejak Bulan Februari lalu, ada 45 negara yang lanjut terus dalam menggelar pemilunya, dan ada 67 negara yang memilih untuk menunda pemilu. Indonesia sendiri yang tadinya mau menggelar Pilkada 2020 pada Bulan September ini kemudian memutuskan untuk mengundur pilkadanya ke akhir tahun.