New Rule American Student

45

Who’s saying, “Time to go home…”?

The U.S. aka Amerika Serikat.
Not so good news buat kamu yang pengen kuliah di Amerika Serikat, mending pikir-pikir lagi deh.
Hah kenapa?
Jadi kemarin, sebagai respons dari pandemi Covid-19, ICE aka Dirjen Imigrasinya Amerika Serikat baru aja ngeluarin peraturan yang mewajibkan pelajar internasional (specifically pemegang visa F-1 dan M-1) yang kampusnya nggak ada kuliah tatap muka untuk pulang ke negaranya, atau kalau enggak, mereka bakal dideportasi.
Whaaaaat?
Iya. Atau kalo nggak mau dideportasi, mereka harus transfer ke kampus lain yang menggelar kuliah tatap muka. Selain itu, ICE juga ngumumin bahwa mereka nggak akan menerbitkan visa buat fall semester mendatang (biasanya dimulai September sampe November/Desember) buat mahasiswa internasional yang kuliahnya online.
OMG…
Hal ini kemudian bikin bingung nggak cuma mahasiswa, tapi juga kampus-kampus yang ada di Amerika. Hal ini karena udah ada kampus kayak Harvard dan Princeton yang ngumumin bahwa mereka bakal fully cuma menggelar kuliah online.
Tapi emang kenapa ICE bikin peraturan kayak gini sih?
Yha pastinya karena Covid-19 yang merupakan kondisi luar biasa aka extraordinary circumstances. Selain itu, juru bicara ICE Carissa Cutrell juga bilang bahwa mereka bakal berusaha se-fleksibel mungkin dalam hal akomodasi, tapi teteup international students harus mengikuti aturan yang ada.
I want to know what people think about this….
Well, kalo kata Elizabeth Warren, yang merupakan anggota senat dari negara bagian Massachusetts yang merupakan rumah bagi banyak kampus top US (kayak Harvard, MIT, Tufts, Boston Uni dll) sih, kebijakan ini jahat banget dan nggak berperasaan. Selain itu, presiden Harvard University Larry Bacow juga menyebut bahwa pihaknya khawatir dengan kebijakan ini, karena cuma ngasih satu solusi buat permasalahan yang beragam. Bacow juga bilang, pihak Harvard bakal koordinasi sama kampus-kampus lain untuk bahas nih, ke depannya mau ngapain.
I see… anything else?
Well FYI, kampus-kampus di US biasanya nge-charge mahal banget buat international students, di mana dana yang didapatkan dari sini biasanya dijadikan subsidi silang buat ngasih bantuan finansial buat mahasiswa asli US. Namun dalam satu tahun belakangan ini, angka visa AS yang dikeluarkan untuk mahasiswa internasional menurun sampe 40% dibanding tahun-tahun sebelumnya, thanks to proses visa yang lambretttta.