Masjid Hagia Sophia

79

What’s making some headlines in Turkey?

Sumber foto: Hurriyet Daily News
Hagia Sophia resmi jadi Mesjid lagi. 
Hah apa?
Iya, jadi minggu kemarin, Presiden Turki, Racep Tayyip Erdogan mengumumkan bahwa bangunan Hagia Sophia difungsikan kembali jadi Masjid.
Bentar-bentar. Hagia Sophia nih apa sih?
Dig in your old movie collections. Kalo kamu pernah nonton film James Bond yang Skyfall, Argo, atau Inferno, itu semua syutingnya di Hagia Sophia. Jadi Hagia Sophia yang terletak di Istanbul, Turki ini dibangun di tahun 500an (500AN!) sebagai katedral, kemudian di era pemerintahan Turki Usmani, bangunan yang gorg banget ini diubah fungsinya sebagai masjid…
 
Go on…
Nah kemudian di tahun 1935, waktu itu Turki dipimpin sama presiden sekuler, namanya Mustafa Kamal Attaturk. Beliau kemudian menerbitkan dekrit presiden yang mengubah Hagia Sophia dari masjid menjadi museum dan termasuk ke dalam warisan dunia. Nah, minggu lalu, presiden Turki saat ini, Erdogan, kemudian memerintahkan status museum ini dicabut dan kembali sebagai masjid setelah pengadilan membatalkan dekrit presiden yang dibuat Attaturk.
 
So, where are we going from here?
Yhaa immediately setelah aturan ini dicabut, tugas pengelolaan Hagia Sophia yang tadinya ada di bawah Kementerian Kebudayaan kemudian langsung beralih ke Kementerian Agamanya Turki. Erdogan bilang, Hagia Sophia juga udah mulai bisa dipake Jumatan pada 24 Juli mendatang.
Go on…
Selain itu, pemerintahannya Erdogan juga menegaskan bahwa ornamen kristen yang ada di bangunan tersebut bakal tetap dijaga, turis masih teteup bisa berkunjung, dan karena udah jadi masjid, entrance fee ke Hagia Sophia jadi ditiadakan, if that matters.
 
I wonder what everyone is thinking though…
Mixed up feeling. Langkah Erdogan ini dinilai banyak pihak bisa mengusik keharmonisan beragama di negaranya yang sudah berjalan puluhan tahun di bawah pemerintahan yang sekuler. Keputusan ini juga disesalkan oleh Paus Francis yang menyebut bahwa, in his words:  “My thoughts go to Istanbul. I think of Santa Sophia and I am very pained.”
Hmmm…ada lagi yang kecewa?
Banyak, khususnya dari para pemeluk Kristen Ortodoks. Negara-negara kayak Prancis, Rusia, Amerika Serikat, Yunani, dan banyak negara lain juga ikut menyatakan kekecewaannya atas keputusan Erdogan tersebut. Selain itu, sebagai organisasi yang menaungi status “warisan dunia”nya Hagia Sophia, UNESCO juga menyesali keputusan Erdogan karena gaada konsul apa-apa.
But I believe there’s some “yay” too…
Well, menurut riset yang dilakukan oleh Istanbul Economics Research, ditemukan bahwa 47 persen warga mendukung perubahan Hagia Sophia kembali menjadi masjid, sedangkan 38
persen lainnya tetap menginginan Hagia Sophia sebagai museum.