Mantan Perdana Menteri Malaysia Korupsi, Ibadah Haji Berjalan Ditengah Pandemi, Work From Home Karyawan Google, Harimau Langka Dari Thailand

31

What’s just become a headline in Malaysia?

Sumber foto: apnews.com

Its ex…
 
Whose ex?
Malaysia’s ex prime minister!
Oh. Kirain.
Well, serius gengs. Jadi dalam proses persidangan yang highly anticipated kemarin, pengadilan di Kuala Lumpur baru aja memvonis mantan Perdana Menteri Malaysia, namanya Najib Razak, dengan hukuman 12 tahun penjara.
 
Bentar, namanya familiar…
Yhaaa selain emang sebagai PM (aka selevel presiden di sini), inget gak dulu pas SD, kamu ngapalin nama-nama pendiri ASEAN? Nah, dari perwakilan dari Malaysia waktu itu adalah Perdana Menteri Tun Abdul Razak, yang merupakan bokapnya Pak Najib. Terus Tun Abdul Razak ini penggantinya adalah Hussein Onn, yang merupakan om-nya Pak Najib. So he’s kinda VVVVVIP.
 
I see…terus dia mau dipenjara 12 tahun gara-gara apa?
Gara-gara kasus korupsi guys. Jadi majelis hakim memutuskan bahwa Najib Razak terbukti bersalah atas tiga dakwaan, yakni skandal korupsi lembaga investasi Malaysia 1MDB (1Malaysia Development Berhad), money laundering, dan penyalahgunaan wewenang.
 
WHAAAAAT?
Belum selesai. Jadi sebenernya, doi terlibat dalam lima kasus yang beda dan terpisah, dan dari kasus-kasus itu, beliau totalnya dijerat 42 dakwaan. Nah, dakwaan yang baru diputusin Selasa kemaren ini adalah tentang kasus penyelewengan dana SRC International, anak perusahaan 1MDB, sebesar 42 juta ringgit. Dari kasus ini, ada 7 dakwaan korupsi yang terdiri dari….
  • 1 dakwaan penyalahgunaan wewenang,
  • 3 dakwaan pelanggaran kepercayaan,
  • 3 dakwaan pencucian uang.

Whooa…that’s a lot, go on..  

Iya, jadi sidang kasusnya sendiri udah berjalan sejak 2018 lalu, gak lama abis Najib Razak lengser sebagai Perdana Menteri Malaysia. Disebutkan pula bahwa dana 42 juta ringgit itu ditransfer ke rekening pribadi Pak Najib melalui perusahaan-perusahaan perantara. Dari hasil pelacakan, uangnya ada yang dipake untuk biaya renovasi rumahnya, membeli jam bermerek Chanel di Hawaii (untuk kado ultah istrinya), sampe pengeluaran partai-partai politik.
Well, I believe he has a say…
Ya dong. Jadi in his defense, Pak Najib bilang kalau dia dikibulin/disesatin sama bankir ‘nakal’ yang dipimpin Low Taek Jho aka Jho Low yang juga seorang buron, jadi kasus ini adalah kasus politik. Selain itu, dalam konferensi persnya, PM Najib bilang bahwa “Dunia belum berakhir…bila kau penjara aku…” aka dia mau banding gengs.
Olrite. Anything else?
FYI, 1MDB adalah  perusahaan pembangunan di bawah Kemenkeu Malaysia yang didirikan Najib nggak lama setelah dia terpilih jadi PM lagi di tahun 2015 lalu. Tujuan pendirian 1MDB ini sebenernya sih untuk mempercepat pembangunan ekonomi Malaysia. Namun yang terjadi, utang perusahaannya malah banyak. Terkait hal ini, FBI aka Biro Investigasi Federal Amerika Serikat menyebut bahwa ada sekitar USD 4,5 miliar yang dicuri dari IMDB dan dicuci sama rekanan Pak Najib untuk membiayai pembuatan film-film Hollywood, membeli hotel, membeli kapal pesiar mewah, karya seni, perhiasan, dan barang-barang ‘mewah’ lainnya.

For when you sing “everything has changed” too often this year…

Sumber foto: AP
Add “hajj season” to your list.
Yep, in case you haven’t noticed, minggu lalu, musim haji udah dimulai. Tapi unlike any other year, tahun ini nggak ada keluarga yang rame-rame nganterin calhaj ke bandara. Gaada live report dari tanah suci, gaada tetangga kamu yang bagi-bagi berkat abis syukuran sebelum berangkat…
 
Because everything has changed?
Yep, and needless to say, everything because of corona. Jadi tahun ini, karena adanya Covid-19, perjalanan haji dari seluruh dunia technically cancelled. 
Reallllly?
Yoyoy. Jadi emang sejak sebelum musim haji dimulai, Arab Saudi udah mengeluarkan aturan bahwa haji tahun ini cuma boleh diikuti oleh seribu orang, dan semuanya harus yang udah tinggal di Arab Saudi. Meaning, gaada calhaj yang dateng dari luar negeri boleh ikutan.
Emang biasanya yang naik haji ada berapa orang dalam setahun?
Banyak gengs, bisa nyampe 2,5 juta orang jemaah dari seluruh dunia.
Whoaaa…
Nah, selain jumlah jemaahnya yang dikurangi secara drastis, praktek pelaksanaan hajinya juga berubah banget gengs. Jadi selama ibadah, para calhaj ini harus pake masker. Terus salam melakukan ritual kayak salat maupun mengelilingi Ka’bah, mereka harus melakukan social distancing. Terus juga untuk bisa minum air zamzam yang biasanya bisa diambil sendiri sama jemaah dari sumbernya, kini udah dimasukin botol terlebih dahulu, baru dibagiin ke jemaah.
And the list still goes on?
Yep, gaboleh sharing sejadah, gaboleh nyium hajar aswad (batu hitam yang ada di Ka’bah), sampe wajib karantina tiap abis melakukan kegiatan ibadah.
 
I see… anything else?
Well, selain perubahan-perubahan tadi, haji tahun ini juga gaboleh diliput media. Instead, pemerintah Arab Saudi menyiarkan langsung liputan kegiatan ibadah haji yang menunjukkan para jemaah tengah melakukan kegiatan ibadah haji dengan cara “new normal”.

For when you’re getting used to working from home. . .

Sumber foto: msn.com
Google employees can relate.
 
Apparently, karyawan Google dibolehin WFH setidaknya sampai bulan Juli 2021.
Whoooaa..seriously?

Yes, not kidding here.  Awalnya, Google udah bilang kalau karyawannya boleh WFH sampai akhir 2020.  But, kebijakan ini baru aja diperpanjang jadi next summer.

Mau juga dong…

Lol.  Jadi, CEO Google, Sundar Pichai, bilang kalau perusahaannya udah membuka kembali 42 kantor Google di seluruh dunia.  Nah, supaya para karyawan bisa ‘plan ahead’ maka perusahaanya bikin pengumuman bahwa karyawannya boleh WFH sampai Juli tahun depan. Ini berlaku bagi karyawan yang nggak perlu ke kantor aja sih, untuk yang harus ke kantor, ya tetap ngantor.

I see…anything else?

Industri teknologi memang udah nge-lead dalam hal ‘remote work’ di masa pandemi. Perusahaan lain kayak Twitter dan Facebook juga bilang kalau mereka bakal ngizinin beberapa karyawannya untuk kerja jarak jauh dengan waktu yang tak terbatas, possibly forever.


For when you need something heartwarming to wrap up your work week…

Sumber foto: CNN International
Meet, these three young Indochina tigers.
Kabar gembira dari Thailand gengs, yang pada minggu lalu berhasil menangkap kamera tiga ekor harimau Indochina yang baru keliatan lagi setelah empat tahun menghilang. Jenis harimau yang udah critically endangered ini diperkirakan berjalan sekitar 80 kilometer dari habitat aslinya yang berada di dalam hutan tropis ke area hutan lainnya yang berada di perbatasan antara Thailand dan Myanmar. Penemuan ini juga ngirim sinyal positif karena berarti, area tempat para harimau ditemukan ini lumayan aman dan memiliki banyak mangsa sehingga mereka bergerak sejauh itu.
FYI gengs, dengan kondisi populasi harimau yang terus menurun saat ini, Thailand menjadi salah satu negara yang berhasil menjalankan program konservasi harimaunya di mana pada tahun 2016 lalu, Thailand punya target untuk meningkatkan populasi harimaunya sebanyak 50% pada tahun 2022. Sejak saat itu, Thailand kemudian mendirikan lembaga konservasi, menghukum secara tegas para pemburu liar, melatih rangers, sampe memberi penyuluhan pada warganya untuk menghindari konflik antara manusia dan hewan liar yang sering terjadi. Hasilnya, yha ditemukannya lagi si tiga harimau ini, among others.

“Tak ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir,”

Begitu kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman pas menjelaskan banwa Pilkada 2020 bakal terus lanjut di Bulan Desember nanti. Mas Arif menambahkan bahwa kalo emang pilkadanya bakal ditunda, gaada yang bisa prediksi bahwa pandeminya bakal berakhir atau enggak jadi yhaaa lanjut aja.
 
Same, Pak. Same.

Angel’s stories

1. Aku orang yang lumayan sering makan di luar karena kebetulan kegiatan yang dilakuin harus ketemu orang. Setiap aku pulang malam, biasanya aku nyari tempat makan yang keliatannya sepi atau bahkan gaada pengunjung. Bagi aku itu salah satu kegiatan yang mengisi energi positif dari aku karena di saat beli dagangan mereka. Ngga cuman kegiatan transaksi doang yang dilakukan, kadang aku juga ngajak mereka ngobrol. Karena bagi mereka hal sekecil diajak ngobrol pun bisa membuat mereka bahagia karena dianggap ada sebagai manusia.
-Sanchaka-
2. Aku punya temen kantor yang baik bangeeet padahal I know her life stories are not easy. Dia sebenernya karyawan outsourcing di tempat aku, dan dia yang membiayai keluarganya di kampung. Walaupun keadaannya bisa dibilang pas-pasan, dia literally always brings cat food everyday. Setiap hari setelah jam pulang kantor dia bakal muter-muter sekitar kantor-kosan dia untuk cari stray cat dan give them some food and water. Bahkan pernah dia rela-relain ke supermarket X naik gojek pp pas istirahat kantor (dia ga punya kendaraan sendiri) cuma untuk beli makanan kucing karena stok dia lagi habis hari itu. Apalagi di masa pandemi gini dia selalu kepikiran karena kucing-kucing jadi lebih susah cari sisa makanan. Jadi dia selalu siap sedia untuk ngasi makanan ke kucing-kucing sekitar kantor. Dia jadi inspirasiku untuk selalu berbuat baik ke sesama makhluk hidup, terlepas dari sesusah apapun kondisi kita. Selalu buat sendiri mikir, sudah berbuat baik apa hari ini? Semoga makin banyak orang baik ya di dunia <3
-Putri, Jakarta Pusat-
3. Pagi ini aku dapet DM dari adik sepupuku yg setiap malam video call sama aku. Seringkali aku capek dan bosen. Seharian kerja. Pulang sore. Belum harus in touch sama keluarga dulu di rumah. Belum harus ngobrol dengan my lover. Dia pasti langsung call aku di malam hari. DM pagi ini isinya: “I don’t want to be alone tonight“. Aku gak ngerti maksudnya apa. Dia masih SMP. Aku gak tau apa isi hatinya. Apakah dia literally butuh teman? Apakah dia memang sedang kesepian? Dapet DM kayak gini aku semakin semangat dan lupain rasa capek dan bosenku. Mungkin untuk saat ini cuma aku yang bisa kasih waktu buat dia. Dan itu cukup buat dia.
-Hapsara, Bekasi, @hapsarandhika-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)

Catch Me Up! Recommendations
If you love to explore other cultures, you’d love this beautiful short video and get to know the meaning of a ‘doppi’ in Uzbekistan.