Indonesia Negara Paling Relijius Di Dunia

20

For when you’ve been feeling religious…

Sumber foto: unsplash.com

Yhaaa gak heran gengs, karena penelitian terbaru dari PEW Research Center menunjukkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara paling relijius di dunia.

That’s very Godly of us…
Rite? Jadi penelitian yang dilakukan sama PEW Research Center bikin survei dengan total responden 38.426 orang di 34 negara tentang korelasi antara agama dan moralitas. Isi surveinya adalah pertanyaan: apakah orang perlu percaya pada tuhan untuk bisa lebih bermoral dan punya nilai-nilai baik?
 
And the answer is…
96 persen responden dari Indonesia dan Filipina sih yes, ya. Gatau kalo Mas Anang HEHEHE. Anyway, jawaban Indonesia dan Filipina ini adalah yang tertinggi, kemudian disusul sama Kenya di 95%, selanjutnya Brasil dan Tunisia dengan total 84%.
 
Whoaaa terus?
Nah sebaliknya, banyak negara-negara dengan pertumbuhan ekonomi tinggi kayak di Eropa barat justru nggak melihat ada hubungannya antara percaya sama Tuhan dan jadi orang yang bermoral. Contohnya di Perancis, yang 84% respondennya berpandangan bahwa yhaa gaada hubungannya. Begitu juga dengan Inggris yang 79% respondennya berpandangan serupa. Totalnya, ada 13 negara di Eropa yang punya pemahaman sama dengan Perancis dan Inggris.
I see…and? 
Well, PEW juga menyambungkan hasil penelitian ini dengan tingkat ekonomi, di mana responden yang tinggal di negara ber-GDP lebih rendah, aka yang yang pertumbuhan ekonominya nggak tinggi-tinggi banget, banyak yang bilang bahwa agama dibutuhkan untuk bisa bermoral. Salah satu contohnya adalah Kenya yang merupakan negara ber-GDP terendah, yang hampir seluruh respondennya memandang bahwa agama diperlukan untuk moral.
What about the US, and Russia?
Well, responden dari Rusia dan Amerika Serikat mengalami perubahaan pendapat dari tahun-tahun sebelumnya.  Kalau Rusia, jumlah responden yang percaya agama bisa membantu kita untuk bermoral meningkat 11%. Sebaliknya, di AS, responden yang nggak percaya agama bisa bikin kita bermoral itu naik 14%.
 
Alrite, anything else?
Not much has changed at the moment. Jadi hasil penelitian ini nggak banyak berubah dari penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa Benua Eropa tends to be less religious dibandingkan wilayah-wilayah lain di dunia.