APT29 a.k “Cozy Bear” Hacker Rusia Curi Data Amerika, Kereta Bandara Beroperasi Kembali, Angka PHK Semakin Meningkat, Cina Buka Kembali Bioskop

30

Hi, Tuesday.

It’s been cold and raining all day here in Catch Me Up! HQ and it made us want to stay in bed a little longer today. Maybe with some warm ginger tea, fuzzy socks, and our favorite show on Netflix. But since it’s still Tuesday, of course we can only dream about it. Rise and shine, hustlers! 

 

Who’s saying “I spy with my little eye….”?
Sumber foto: apnews.com
The US, The UK, and Canada.
 
On what?
On RussiaJadi weekend kemarin, ketiga negara tadi menyebut bahwa Negeri Beruang Merah itu tengah berusaha mencuri data super penting terkait pengembangan vaksin virus Covid-19 yang tengah dilakukan oleh ketiganya.
 
Is this some kind of James Bond sequel?
No, dude. Ini kejadian real life. Jadi US, UK dan Kanada baru aja mengeluarkan peringatan keamanan yang berasal dari informasi intelnya. Isinya, para intel itu menduga bahwa Rusia lagi berusaha untuk nge-hack data terkait vaksin Covid-19. Adapun yang diduga pelakunya adalah…
 
Meet, APT29 aka Cozy bear.
Yep, itu adalah nama grup hacking asal Rusia yang diduga ada hubungannya sama intel Rusia. FYI, kelompok ini juga yang disebut nge-hack akun email para anggota Partai Demokrat di AS pada Pilpres 2016 lalu.
 
Hah gimana cara nge-hack-nya?
Kalo menurut keterangan dari ketiganya, para hacker ini bikin malware yang dibuat khusus untuk bikin mereka bisa mengontrol, meng-upload, dan men-download data yang ada. Mereka juga diduga melakukan teknik phising, di mana hal itu bisa bikin orang memberikan data-data pentingnya kayak akses masuk dan password secara sukarela.
Whoaaa…
Right. Nah terkait soal upaya hacking ini, Cozy Bear diyakini melancarkan upayanya itu di institusi penelitian dan akademik yang terkait dengan pengembangan vaksin Covid-19 although ga jelas data apa yang mereka mau curi.
 
Tapi pengembangan vaksinnya aman kan?
Aman, para otoritas di negara-negara tadi menyebut bahwa upaya hacking ini nggak mengganggu proses pengembangan vaksin yang tengah mereka lakukan kok
Ok, terus negara-negara tadi pada bilang apa terkait upaya hacking ini?
Well, kalo kata UK: Tindakan Rusia ini adalah tindakan yang egois dan nggak bisa diterima, apa lagi karena menarget mereka yang lagi bekerja keras menangani pandemi.
Sedangkan menurut US: Pemerintahannya udah bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan data-data yang mereka miliki akan terus aman.
Dan Canada also said that… serangan cyber ini emang ditargetkan untuk mencuri data terkait vaksin yang tengah dikembangkan oleh negaranya dan berpotensi menghalangi proses penemuan yang tengah dilakukan.
 
Whoaaa did The Russians say anything, though?
Of course. Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov langsung menepis semua tuduhan tersebut dan bilang bahwa mereka nggak ada urusannya sama upaya pencurian data. Selain itu, Dmitry juga menyebut bahwa pihaknya nggak terima dengan tuduhan yang dilayangkan kepada Rusia.

Who’s changing their schedule?
Sumber foto: cnnindonesia.com
Definitely not my gebetan, who’s sticking to our date (virtually). 
 
Lol, good for you! 
We’re actually talking about Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta gengs. Jadi, PT Railink baru aja melakukan penyesuaian jadwal operasionalnya per Senin (20/7).
Oh ya? 
Iya, katanya jadwalnya disesuaikan berdasarkan 48 perjalanan KA yang tujuan akhirnya Stasiun Manggarai ke Stasiun Bandara Seokarno-Hatta dan sebaliknya.  FYI, kereta api bandara ini baru beroperasi lagi per 1 Juli lalu, yang pastinya dengan menerapkan protokol kesehatan.
Remind me of the protocols again, please.
Okaay.  Wear your face mask, keep your distance, check your body temperature, buy tickets online, wash your hands and exercise, and lapor ke petugas kalau sedang nggak enak badan.
Noted, go on. . 
Bu Indah Suryandari, Direktur Komersial PT. Railink, bilang kalau mereka juga menyediakan shuttle bus gratis bagi yang mau ke terminal tertentu. Katanya, penumpang bakal dijemput dan diturunin di titik kumpul yang udah ditentuin, like Terminal 2 Gate 3 keberangkatan dan Terminal 3 Gate keberangkatan. Shuttle bus-nya ada setiap 30 menit, antara jam 06:00 – 20:00.
I see…anything else?
Yes, for those of you yang emang harus ke bandara, harga tiket KA Bandara bisa dibeli di hampir seluruh kanal penjualan tiket baik online or offline.  Btw, Bu Indah bilang kalau harga tiketnya mulai dari Rp10 ribu gengs, sesuai sama tujuan stasiunnya.  Untuk info lebih lengkap, bisa check di sini.


What’s climbing higher than your social status?

Sumber foto: cnnindonesia.com
The unemployment rate.
Yep, angka pengangguran tanah air naik terus nih gengs. Angka terakhir dari Kementerian Ketenagakerjaan per 27 Mei lalu menunjukkan bahwa jumlah pekerja yang mengalami PHK udah tembus 3,06 juta orang.
 
What?
Iya, jadi rinciannya, tenaga kerja yang kena masalah PHK dan dirumahkan ini terbagi ke dalam beberapa kategori. Pertama, pekerja formal yang dirumahkan, itu jumlahnya ada 1.085.284 orang. Kedua, pekerja formal yang terkena PHK, jumlahnya ada 380.221 orang.
 
Terus kalo pekerja informal?
Nah, kalo pekerja informal yang terdampak corona, jumlahnya ada 318.959. Terus lagi untuk pekerja formal dan informal yang terdampak adalah sebanyak 1.757.464 orang. Terus juga ada calon pekerja migran Indonesia yang batal kerja sebanyak 34.179 orang, pemulangan magang sebanyak 465 orang, dan untuk data yang belum lengkap ada sebanyak 1.274.459.
 
That’s a lot…
Agree. Terkait data ini, Menakertrans Ibu Ida Fauziah bilang bahwa gara-gara pandemi ini, angka pengangguran diperkirakan bertambah dari 3 persen sampe 5 persen. Nah, hal ini tentunya jadi tantangan besar buat pemerintah.
 
Terus pemerintah mau ngapain?
Yha kerja-kerja-kerja donk. Kata Bu Ida, kementeriannya bakal mendorong peningkatan kewirausahaan, demi memperluas kesempatan kerja di dalam negeri.
 
Details, please…
Well, Bu Ida bilang, mulai tahun depan, pemerintah bakal melaksanakan program kewirausahaan yang terintegrasi dan berkelanjutan sehingga bisa secara efektif membentuk wirausaha-wirausaha baru dan meningkatkan wirausaha rintisan sehingga lebih produktif.
 
I see. Anything else?
Selain Bu Ida, Menteri Bappenas Suharso Monoarfa juga memprediksi bahwa jumlah pengangguran bisa nyampe 10,7 juta sampai 12,7 juta orang pada 2021. Pak Suharso bilang, proyeksi jumlah pengangguran itu bikin tingkat pengangguran terbuka (TPT) bakal mencapai kisaran 7,7 persen sampai 9,1 persen pada tahun depan.


For when the cinemas are finally reopening…

Sumber foto: bbc.com
In China.
Yep, setelah closed for business selama enam bulan lebih, bioskop-bioskop di seantaro China akhirnya diperbolehkan untuk kembali buka, meski teteup harus practicing social distancing. Keputusan ini diambil sama pemerintah setempat setelah status Covid-19 di negeri tirai bambu itu udah turun ke level low risk. Meski udah kembali buka, banyak aturan “new normal” yang harus dipatuhi, misalnya kapasitas kursi yang boleh diisi hanya 50% aja dibanding kapasitas sebelumnya. Selain itu, sebelum mulai nonton, para pengunjung juga bakal dicek suhunya, wajib pake masker selama di dalem bioskop, dan cuma boleh beli tiket secara online. Selain itu, para pengunjung juga harus duduk jauh-jauhan, at least satu meter jaraknya. Mereka juga nggak boleh makan dan minum selama nonton di bioskop.
 
Never again, took the good ol’ days for granted, guys…

“Everybody that has a baby gets a million dollars,”

Gitu isi janji kampanyenya rapper sekaligus businessman asal Amerika Serikat, Kanye West saat menggelar kampanye capresnya yang pertama di Charleston, South Carolina weekend kemarin. Yep, setelah ngumumin bakal maju nyapres, (IYA NYAPRES GUYS), Kanye mulai kampanye di negara-negara bagian, biar namanya bisa ada di surat suara.
 
Name us a more random thing in 2020 other than Kanye running for president. We’ll wait.

Angel’s stories

1. Yang kata orang tua bilang, “Jangan bangun siang, nanti rezekinya dipatok ayam,” was not a joke ternyata ya. Yang disepelekan memang akan selalu sepele sampai hal kurang baik terjadi.Tidur jam 6 pagi bangun jam 10.45 siang. Seperti manusia kebanyakan, bangun tidur ku terus cek hp. Kemudian menemukan pesan yang berbunyi: “Silakan kirimkan foto dokumen ini kembali, karena yang sebelumnya kurang jelas. Ditunggu maksimal hingga pukul 09.00, jika lewat silahkan antrian online kembali,” ujar pegawai dari salah satu perusahaan di bidang layanan tenaga kerja. Ha ha sangat disayangkan bukan? Namun ketika manusia berproses, ternyata efeknya kadang tidak terduga. Di situasi yang sewajarnya, sebagai manusia yang tidak sabaran dan mudah emosi, mengumpat, dan merutuki nasib adalah cara paling mudah untuk menanggapi hal tersebut. Tapi siapa sangka kalimat yang terlontar di dalam hati adalah: “Gapapa berarti belum waktunya untuk menerima rezeki. Tuhan tahu yang terbaik. Gaada yang tahu kan jika sejumlah dana ini diterima secepatnya, mungkin akan ada hal yang memicu menjadi boros. Semua hal akan selalu datang di waktu yang tepat.” Haha.. sebagian dari aku yang lain terkejut mendengarnya. Semua hal yang terjadi, selalu yang terbaik. Kalimat yang ku percayai beberapa tahun terakhir ini untuk tidak merutuki hal. Karena sesungguhnya banyak kemungkinan lain yang bisa mengarah ke hal tidak baik. Pukpuk untuk diri sendiri, selamat sudah menjadi lebih dewasa. Semoga bisa bermanfaat juga untuk yang lain. Have a nice day all 🙂
-Terima kasih kepada heen :)-
 
2. Kemarin sore pas lagi di jalan pulang abis kerja, ngeliat ada mobil minggir dan ngasih makanan ke bapak-bapak udah tua yang bawa barang jualan gitu. Di situ aku ngeliat langsung terenyuh banget, dan bikin aku mikir udah berbuat baik apa hari ini.. 🙁
-KF. Tangsel-
3. Hi, Catch Me Up! So, ingin berbagi cerita tentang hidupku yang super messed up, hehe. Aku baru aja recovered from mental breakdown yang alasannya bisa dibilang common, yes, patah hati (I had to cancel my engagement with an unfaithful partner). Tapi kita ga bisa meremehkan sebuah luka sekecil apapun itu, kan. Apalagi di musim yang carut marut begini, it’s really hard for me to stay sane. Jadi selama berbulan-bulan memulihkan eating disorder that makes me real sick jadi aku ga bisa kerja ditambah lagi di-rolling (4 hari kerja), income auto-jeblok, FYI aku ada tanggung jawab kedua orang tua yang masih sehat ya. I’m really broke and brokenhearted. Tapi dalam kondisi yang serba impossible, orang tua dan keluarga ga henti-hentinya support dan mengingatkan harus tetap welas asih sama orang lain dan jangan sampai berbuat yang menyakiti orang lain. Kalau ga bisa bantu dengan materi, ya dengan tenaga kita atau sedikit waktu kita. Ga harus dari hal besar, hal-hal kecil yang tiap hari aku dan ibu lakuin selama ini berbagi lauk sama tetangga-tetangga yang emang buat makan aja susah. Dan bener, ya karma baik emang real. Ga lama tiba-tiba aku dapet side job dari kenalan dan sekarang juga lagi masak-masak kecil untuk dijual di hari minggu, antusias pembeli luar biasa. Ya, jadi belajar harus banyak bersyukur atas apapun itu yang sudah diberikan Tuhan. Even in these hard times, we still can choose to do good things. And be a good one. Because it will come back to you no matter how!
-Crybaby – East Java-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)

Catch Me Up! Recommendations

Covid-19 might stop you from meeting people IRL, and that’s why virtual communication is so IMPORTANT. Sign up for this class, and you’ll get everything from personal branding, networking, to presentation skills. Psssst….it will be taught by international-experienced trainers aaaaaand…our favorite TV hosts. Sign up, sign up…