Corona Updates 20 Juli 2020

69

Hi, it’s your Covid-19 weekly roundup…

Sumber foto: Al-Jazeera
Because we know that as much as you hate it, all of us still need to know what’s going on in the world during Covid-19. So here’s aaaaaall you need to know, both nationally, and globally…
 
And let’s start from home…
  • Sampe kemarin, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia adalah sebanyak 86.521 kasus. Adapun jumlah pasien sembuh adalah 45.401, dan jumlah yang meninggal mencapai 4.143 orang.

  • Hingga saat ini, provinsi yang paling banyak memiliki kasus Covid-19 positif adalah Jawa Timur (18.033 kasus), DKI Jakarta (16,.236 kasus), Sulawesi Selatan (7.881 kasus), Jawa Tengah (6.632 kasus), dan Jawa Barat (5.461 kasus)

  • Adapun jumlah pasien Covid-19 yang sembuh dari Rumah Sakit Darurat (RS) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, adalah 4.789 orang, dari 7.085 pasien yang terdaftar.

  • Provinsi Jawa Barat baru aja memperpanjang PSBB secara proporsional di Kota/Kabupaten Bogor, Kota Depok, dan Kota/Kabupaten Bekasi mulai dari Sabtu (18/7) sampai 1 Agustus mendatang. FYI, proporsional yang dimaksud adalah pemberlakuan PSBB-nya disesuaikan sama level kecamatan, desa, dan kelurahan.

  • Sejak tanggal 5 Juni sampe 16 Juli lalu, Satpol PP DKI Jakarta mencatat ada 27.004 pelanggaran warga yang nggak pakai masker. Adapun sanksi untuk para pelanggar adalah berupa sanksi sosial dan denda, dan untuk sanksi denda, uang yang terkumpul udah mencapai tiga ratus jutaan lebih. Banyak ugha yha.

  • Nah, sedangkan untuk pelanggar PSBB in general, Pemprov DKI Jakarta juga berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 1,355 miliar. Adapun sanksi lain selain denda adalah sanksi sosial, pencabutan izin, sampai sanksi pidana.

  • Super uncool news, di mana dari hasil jajak pendapat yang dilakukan pemerintah terhadap 2.050 orang perawat di seluruh Indonesia, diketahui bahwa masih banyak perawat yang mengalami stigma negatif karena menangani pasien Covid-19. Dari hasil tersebut, diketahui bahwa 135 orang perawat pernah diminta meninggalkan tempat tinggalnya, 66 orang mengalami ancaman pengusiran, 160 orang dijauhi orang sekitar, dan 71 orang dijauhi keluarga karena stigma negatif.

  • Guysss kenapa pas kebijakan new normal, aka adaptasi kebiasaan baru, angka positif Covid-19 di Indonesia malah naik? Menurut Wapres Kiai Ma’ruf Amin sih, karena kita kurang menaati protokol kesehatan. OK.

  • Secara Pilkada Serentak 2020 rencananya bakal jadi digelar pada Desember mendatang, pemerintah mengingatkan masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan pas menjalani proses Pilkada, salah satunya kampanye. Kata Mendagri Tito Karnavian, kalo ada kandidat yang pas kampanye ketauan melanggar aturan protokol kesehatan (kayak arak-arakan dan konvoi), maka kandidat tersebut bisa dihukum, bahkan didiskualifikasi.
And let’s hear it, internationally…
  • Per kemarin, total kasus positif secara global udah mencapai 14.340.653 kasus, dengan total kematian 603.111 orang meninggal.

  • Amerika Serikat masih jadi negara dengan kasus Covid-19 positif terbanyak (3.730.312 kasus), disusul oleh Brazil (2.074.860 kasus), India (1.077.781 kasus), Russia (770.311 kasus) dan Afrika Selatan (350.879 kasus).

  • Per Hari Sabtu kemarin, WHO mendapat laporan kenaikan kasus harian sebanyak 259.848 kasus di seluruh dunia. Angka ini merupakan jumlah penambahan kasus tertinggi dalam jangka waktu 24 jam.

  • Kemarin, Presiden Iran Hassan Rouhani menyebutkan bahwa ada sekitar 25 juta warganya yang telah tertular Covid-19, dan 35 juta di antaranya beresiko tertular penyakit tersebut.

  • Meanwhile di Tel Aviv, Israel, terjadi demo besar-besaran pada malam minggu kemarin untuk memprotes kebijakan pemerintah dalam menghadapi corona. Selain itu, para demonstran juga menuntut perdana menteri Israel, Benjamin Netanyahu untuk mundur dari posisinya karena lagi menjalani sidang korupsi.

  • Untuk pertama kalinya dalam tiga bulan terakhir, kemarin, penambahan kasus positif di Afghanistan “hanya 60” kasus aja. Meski begitu, di hari yang sama, Kemenkesnya Afghanistan juga mengumumkan bahwa mereka cuma melakukan 194 tes secara nasional.

  • China akan menggelar tes massal di Urumqi, ibu kota provinsi Xinjiang, China, setelah ditemukan kasus baru Covid-19 di provinsi tersebut. Selain tes massal, pemerintah setempat juga menghentikan hampir seluruh akses penerbangan dan kereta di kota tersebut.

  • Kabar gembira dari Korea Selatan, yang pada Hari Minggu kemarin mengumumkan bahwa mayoritas kasus Covid-19 yang ada di negaranya berasal dari luar negeri. Hal ini membuat pemerintah setempat optimis bahwa penularan Covid-19 secara lokal di negaranya udah terkontrol. Selanjutnya untuk orang dari luar negeri yang masuk Korsel, mereka diwajibkan untuk teteup self-quarantine selama 14 hari.

  • Finally, a little update dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang bilang bahwa dia nggak akan memberlakukan aturan nasional yang mewajibkan warganya untuk pake masker. Menurut Trump, dia pengen orang-orang tetep bisa menikmati kebebasan dan dia nggak percaya bahwa kalo semua orang pake masker, terus virusnya bakal ilang gitu aja.