Corona Updates 14 Juli 2020

55

Who’s finally giving some updates?

Sumber foto: WHO.int
WHO aka World Health Organization.
 
Updates on what?
Inget nggak minggu lalu kita ngeberitain bahwa ada ratusan peneliti yang ngirim surat ke WHO untuk mengubah pedoman kesehatannya karena menurut penelitian mereka, virus Covid-19, bisa menular lewat udara?
 
Hm… lupa…
Yeuuu coba baca lagi here
 
I see. Any updates?
Nah jadi minggu lalu, beberapa hari setelah para peneliti mengirimkan surat itu, WHO kemudian mengumumkan hasil penelitian terbarunya yang isinya….jeng jeng…. bahwa dalam laporan penularan virus yang didapatkan WHO, diketahui bahwa ada kemungkinan penularan virus Covid-19 terjadi lewat udara, yang dibarengi juga dengan penularan melalui droplet. Penularan ini disebut bisa terjadi di tempat indoor dan ramai seperti dalam kegiatan latihan paduan suara, restoran, dan kelas-kelas fitnes.
 
WHOAAA
Iya, lebih jauh, studi WHO menyebutkan bahwa penularan juga terjadi di tempat-tempat tertutup kayak restoran, klub malam, tempat ibadah dan kantor di mana orang-orang bisa teriak, bicara dan bernyanyi. Dalam kondisi ini, khususnya di tempat yang ramai dan ventilasinya terbatas, maka kemungkinan penularan Covid-19 lewat udara tidak bisa diabaikan.
 
WADAW
Tenang tenang gengs, karena masih kata WHO, masih diperlukan studi lebih jauh untuk meneliti terkait penularan lewat udara ini. Bukti yang ada saat ini, kata WHO, masih menunjukkan bahwa penularan Covid-19 terjadi utamanya lewat droplet yang dihasilkan ketika orang batuk, bersin, ngobrol, atau nyanyi.
 
Still makes me uneasy though..
Same. Nah FYI gengs, dalam menjelaskan terkait penularan lewat udara ini, ada dua istilah yang perlu kamu pahami:
Airborne: yaitu situasi di mana seseorang menghasilkan partikel virus yang bisa “melayang” di udara dan nyampe di badan kamu hingga menyebabkan kamu ikut terinfeksi.
Aerosol: Adalah situasi di mana partikel virus yang kecil banget itu bisa melayang di udara dalam jangka waktu yang lama dan jarak yang lebih jauh.
 
So, which one should we more worry about?
BOTH, karena keduanya menunjukkan bahwa kamu bisa banget tertular Covid-19 lewat transmisi udara. Nah terkait hal ini, para ahli tetap mengimbau kamu untuk pake masker, social distancing, dan stay at home kalo memungkinkan.