Corona Updates 14 Juli 2020, Masjid Hagia Sophia, Lembaga Negara Bubar, Video Clip Blackpink

58

Who’s finally giving some updates?

Sumber foto: WHO.int
WHO aka World Health Organization.
 
Updates on what?
Inget nggak minggu lalu kita ngeberitain bahwa ada ratusan peneliti yang ngirim surat ke WHO untuk mengubah pedoman kesehatannya karena menurut penelitian mereka, virus Covid-19, bisa menular lewat udara?
 
Hm… lupa…
Yeuuu coba baca lagi here
 
I see. Any updates?
Nah jadi minggu lalu, beberapa hari setelah para peneliti mengirimkan surat itu, WHO kemudian mengumumkan hasil penelitian terbarunya yang isinya….jeng jeng…. bahwa dalam laporan penularan virus yang didapatkan WHO, diketahui bahwa ada kemungkinan penularan virus Covid-19 terjadi lewat udara, yang dibarengi juga dengan penularan melalui droplet. Penularan ini disebut bisa terjadi di tempat indoor dan ramai seperti dalam kegiatan latihan paduan suara, restoran, dan kelas-kelas fitnes.
 
WHOAAA
Iya, lebih jauh, studi WHO menyebutkan bahwa penularan juga terjadi di tempat-tempat tertutup kayak restoran, klub malam, tempat ibadah dan kantor di mana orang-orang bisa teriak, bicara dan bernyanyi. Dalam kondisi ini, khususnya di tempat yang ramai dan ventilasinya terbatas, maka kemungkinan penularan Covid-19 lewat udara tidak bisa diabaikan.
 
WADAW
Tenang tenang gengs, karena masih kata WHO, masih diperlukan studi lebih jauh untuk meneliti terkait penularan lewat udara ini. Bukti yang ada saat ini, kata WHO, masih menunjukkan bahwa penularan Covid-19 terjadi utamanya lewat droplet yang dihasilkan ketika orang batuk, bersin, ngobrol, atau nyanyi.
 
Still makes me uneasy though..
Same. Nah FYI gengs, dalam menjelaskan terkait penularan lewat udara ini, ada dua istilah yang perlu kamu pahami:
Airborne: yaitu situasi di mana seseorang menghasilkan partikel virus yang bisa “melayang” di udara dan nyampe di badan kamu hingga menyebabkan kamu ikut terinfeksi.
Aerosol: Adalah situasi di mana partikel virus yang kecil banget itu bisa melayang di udara dalam jangka waktu yang lama dan jarak yang lebih jauh.
 
So, which one should we more worry about?
BOTH, karena keduanya menunjukkan bahwa kamu bisa banget tertular Covid-19 lewat transmisi udara. Nah terkait hal ini, para ahli tetap mengimbau kamu untuk pake masker, social distancing, dan stay at home kalo memungkinkan.

What’s making some headlines in Turkey?

Sumber foto: Hurriyet Daily News
Hagia Sophia resmi jadi Mesjid lagi. 
Hah apa?
Iya, jadi minggu kemarin, Presiden Turki, Racep Tayyip Erdogan mengumumkan bahwa bangunan Hagia Sophia difungsikan kembali jadi Masjid.
Bentar-bentar. Hagia Sophia nih apa sih?
Dig in your old movie collections. Kalo kamu pernah nonton film James Bond yang Skyfall, Argo, atau Inferno, itu semua syutingnya di Hagia Sophia. Jadi Hagia Sophia yang terletak di Istanbul, Turki ini dibangun di tahun 500an (500AN!) sebagai katedral, kemudian di era pemerintahan Turki Usmani, bangunan yang gorg banget ini diubah fungsinya sebagai masjid…
 
Go on…
Nah kemudian di tahun 1935, waktu itu Turki dipimpin sama presiden sekuler, namanya Mustafa Kamal Attaturk. Beliau kemudian menerbitkan dekrit presiden yang mengubah Hagia Sophia dari masjid menjadi museum dan termasuk ke dalam warisan dunia. Nah, minggu lalu, presiden Turki saat ini, Erdogan, kemudian memerintahkan status museum ini dicabut dan kembali sebagai masjid setelah pengadilan membatalkan dekrit presiden yang dibuat Attaturk.
 
So, where are we going from here?
Yhaa immediately setelah aturan ini dicabut, tugas pengelolaan Hagia Sophia yang tadinya ada di bawah Kementerian Kebudayaan kemudian langsung beralih ke Kementerian Agamanya Turki. Erdogan bilang, Hagia Sophia juga udah mulai bisa dipake Jumatan pada 24 Juli mendatang.
Go on…
Selain itu, pemerintahannya Erdogan juga menegaskan bahwa ornamen kristen yang ada di bangunan tersebut bakal tetap dijaga, turis masih teteup bisa berkunjung, dan karena udah jadi masjid, entrance fee ke Hagia Sophia jadi ditiadakan, if that matters.
 
I wonder what everyone is thinking though…
Mixed up feeling. Langkah Erdogan ini dinilai banyak pihak bisa mengusik keharmonisan beragama di negaranya yang sudah berjalan puluhan tahun di bawah pemerintahan yang sekuler. Keputusan ini juga disesalkan oleh Paus Francis yang menyebut bahwa, in his words:  “My thoughts go to Istanbul. I think of Santa Sophia and I am very pained.”
Hmmm…ada lagi yang kecewa?
Banyak, khususnya dari para pemeluk Kristen Ortodoks. Negara-negara kayak Prancis, Rusia, Amerika Serikat, Yunani, dan banyak negara lain juga ikut menyatakan kekecewaannya atas keputusan Erdogan tersebut. Selain itu, sebagai organisasi yang menaungi status “warisan dunia”nya Hagia Sophia, UNESCO juga menyesali keputusan Erdogan karena gaada konsul apa-apa.
But I believe there’s some “yay” too…
Well, menurut riset yang dilakukan oleh Istanbul Economics Research, ditemukan bahwa 47 persen warga mendukung perubahan Hagia Sophia kembali menjadi masjid, sedangkan 38
persen lainnya tetap menginginan Hagia Sophia sebagai museum.

What’s getting skinnier??

Sumber foto: Detik.com

Definitely not my cat.
Yeaa nope. Tapi lembaga negara.

Maksudnya?

jadi kemarin, Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa dalam waktu dekat ini, bakal ada 18 lembaga negara yang dibubarkan.

Whoaaa kenapa?

Ya itu, untuk merampingkan organisasi negara aja. Kata Pak Jokowi, semakin ramping organisasi kan biayanya juga makin bisa ditekan. Dengan begitu, anggaran bisa dikembalikan ke kementerian terkait.

I see…

Pak Jokowi juga menyebut, dengan semakin ramping lembaga negara, maka pemerintahan juga bisa bergerak lebih cepat. Menurutnya, negara cepat bisa mengalahkan yang lambat, bukan negara besar mengalahkan negara kecil (?)

OK. Anything else?

Well, sejauh ini Pak Jokowi sih belum merinci lembaga negara mana aja yang bakal dibubarkan tapi yang jelas, bakal dilakukan dalam waktu dekat ini.


For when you’ve been enjoying Blackpink comeback song…

Sumber foto: Detikhot
Yuhuuu.. How you like that, guysss?
Despite your broken keyboards karena tombol reply-nya kamu tekan terus-terusan, ternyata video clipnya Blackpink yang baru ini juga menuai kontroversi. Hal ini karena dalam video klip yang dirilis pada tanggal 26 Juni 2020 lalu itu, ditemukan adanya patung dewa Ganesha yang merupakan dewa dalam kepercayaan Hindu. Patung dewa itu terlihat ada di belakang salah satu personel Blackpink, Lisa yang lagi duduk ng-rap di atas singgasana. Hal ini kemudian langsung memunculkan kritikan, khususnya dari para blink yang berasal dari India. Para netizen India ini menyebut bahwa sebagai dewa, patung Ganesha ini bukan prop untuk bikin video clip. Nggak lama setelah kritikan ini muncul, videonya Blackpink langsung kembali tayang, tapi kali ini tanpa Patung Ganesha. Selain itu, manajemen Blackpink, YG Entertainment juga menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan kesalahan yang tidak disengaja.

“Itu motivasi, bukan marah,”

Gitu kata Presiden Joko Widodo pas dikonfirmasi sama wartawan soal pernyataan keras yang sering disampaikannya kepada menteri pas lagi rapat kabinet. Kata pak Jokowi, itu teguran aja, biar para menteri termotivasi. Bukan marah.

Terus reshufflenya jadi gak paaa HEE

Angel’s Stories

1. Hai CMU team! Selamat pagi orang orang baik semoga selalu dalam lindungan-Nya. Cerita ini sebenernya sederhana sih.. Kan masanya lagi WFH nih ya, semuanya serba daring. Nah di masa masa daring ini tu aku sering banget liat di WA grup, WA story, IG story, gitu gitu pada ngeshare minta tolong buat sekedar ngisi kuisioner tugas ataupun ngevote/kasih like postingan buat tugas. Beberapa kali aku ikut tuh ngisi kuisioner/kasih like buat mereka walaupun kadang aku gak kenal sama mereka. Dari hal itu aku ngerasa seneng aja gitu bisa bantuin walaupun cuma sekedar ngisi kuisioner dengan beberapa pertanyaan atau sekedar kasih love buat postingan mereka which is itu bakal bantu mereka banget. Kita gak tau kan seberapa pengaruh satu love dari kita itu buat mereka. Cuma sekedar pencet aja mereka ngerasa kita itu sebagai heroes or angels dan mereka pasti akan ngebales kita dengan doa doa yang baik. So kebaikan sekecil apapun jangan disepelekan, karena kita gak tau, seberapa besar pengaruh kebaikan itu buat mereka, jangan lelah berbuat baik. Have a nice day everyone, stay safe and take care.
—Dari Kaki Gunung Merapi–
2. Jadi kemarin aku sama sahabatku sepedaan. Waktu perjalanan pulang kita beli makanan dulu. Lalu pas ke tempat parkir, sahabatku ini ngide buat bayar ke tukang parkir. Padahal tukang parkir pun ga narik kita dan setauku belum pernah liat sepeda bayar parkir. Lalu dia ini manggil tukang parkirnya dan dibayarlah. Aku lihat tukang parkir ini terharu banget, senyum dan ekspresinya waktu dibayar gabisa bohong deh. Padahal ya cuma 2rb. Jadi uang yg selama ini kita anggap sepele, namun bisa sangat berarti bagi orang lain. Ternyata untuk bisa membantu dan membahagiakan orang lain ga harus dengan uang yang banyak. Bangga deh punya sahabat kek dia.
-Magelang-
3. Hai, salam kenal untuk semua yang sudah berbagi cerita di Angel’s Stories. Makasih banyak karena sudah menginspirasi dengan bercerita dan berbuat baik yang kalian lakukan. Ternyata, banyak banget orang-orang baik di sekitar kita. Siapapun kamu, terimakasih sudah berjuang ❤
-R, Depok-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)