Corona Updates 13 Juli 2020

57

Hi, it’s your weekly Covid-19 updates again…

Sumber foto: CNN.com
Yep, we’re still here. Giving you updates on what’s going on nationally and globally in the Covid-universe. Here we go.
Nationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid019 di Indonesia mencapai 75.699 kasus, 35.638 sembuh, dan 3.606 meninggal.
  • Provinsi dengan kasus Covid-19 terbanyak adalah Jawa Timur (16.140 kasus), DKI Jakarta (14.113 kasus), Sulawesi Selatan (6.800 kasus), Jawa Tengah (5.403 kasus), dan Jawa Barat (5.027 kasus).
  • Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Pak Achmad Yurianto bilang bahwa kebanyakan kasus positif yang baru-baru ini adalah kasus orang tanpa gejala (OTG).  Pasien OTG itu berarti nggak punya keluhan dan nggak sakit, jadi nggak harus dirawat di Rumah Sakit.  Meski begitu, OTG wajib karantina mandiri supaya nggak nularin virusnya ke yang lain.
  • DKI Jakarta mencatat kenaikan jumlah kasus harian tertinggi kemarin, yaitu sebanyak 404 kasus baru. Menurut Gubernur DKI Jakarta Pak Anies Baswedan, dalam seminggu terakhir ini, DKI Jakarta udah tiga kali mengalami rekor baru penambahan kasus harian, dan yang kemarin itu adalah yang tertinggi.
  • Kementerian Agama bilang bahwa mulai hari ini, madrasah-madrasah yang ada di zona hijau akan diperbolehkan untuk memulai kegiatan belajar mengajar dengan bertatap muka. Meski begitu, teteup kegiatannya harus mematuhi protokol kesehatan yang ada.
  • Rektor dan Wakil Rektor USU (Universitas Sumatera Utara) baru aja dinyatakan positif corona, setelah melakukan tes swab.  Mereka termasuk pasien tanpa gejala (OTG), dan saat ini tengah melakukan isolasi mandiri.
  • Di Tangerang Selatan, masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) untuk tahun ajaran baru 2020/2021 dilakukan secara online.  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel, Taryono, bilang bahwa MPLS wajib secara online, dan nggak boleh dilakukan secara langsung di sekolah.
  • Kemarin, Gubernur Banten Wahidin Halim memutuskan bahwa provinsinya itu bakal memperpanjang PSBB di tiga wilayah, yakni: Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan Kabupaten Tangerang. FYI, ini perpanjangan PSBB yang keenam kali di Banten dan akan berlangsung sampai 26 Juli mendatang.
  • Memasuki tahun ajaran baru 2020-2021, Bupati Banyumas Achmad Husein melarang kepala sekolah di daerahnya untuk melakukan pungutan biaya dalam bentuk apapun. Menurutnya, saat ini ekonomi rakyat juga jadi terpuruk, jadi sekolah-sekolah SD dan SMP negeri gaboleh menarik pungutan dari wali murid dalam bentuk apapun. Sedangkan untuk pungutan yang udah dilakukan, Pak Bupati memerintahkan untuk segera dibalikin dalam waktu 30 hari.
  • Meski udah nggak ditemukan kasus baru per kemarin di Pontianak, Kalimantan Barat, namun pemerintah setempat tetap mengimbau warganya supaya tetap waspada. Hasil ini juga nggak serta merta bikin pemkot setempat menurunkan status jadi zona hijau.

Aaaand internationally…..

  • Per kemarin, total kasus Covid-19 secara global adalah 12.741.287 kasus, dan yang meninggal berjumlah 565.719 orang. Adapun negara-negara dengan kasus covid 19 terbanyak adalah Amerika Serikat (3.247.782 kasus), Brazil (1.839.850 kasus), India (849.522 kasus), Russia (726.036 kasus), Peru (322.710 kasus).

  • India kembali mencatat kasus tertinggi dalam sehari, yaitu 28.637 kasus pada minggu (12/7).  Hal ini mendorong pemerintah India untuk melakukan lockdown selama 1 minggu, di wilayah Banglore.

  • Aktris Bollywood Aishwarya Rai dan anak perempuannya dinyatakan positif tertular coronavirus. Hal ini diketahui setelah sehari sebelumnya, mertua Aishwarya yang juga aktor Bollywood, Amitabh Bachan dinyatakan terinfeksi Covid-19.

  • Thailand bakal melakukan uji coba vaksin pada manusia mulai November tahun ini.  Para peneliti di Thailand sedang menyiapkan 10.000 dosis agar vaksinnya bisa digunakan pada akhir tahun depan.  So far saat ini, tengah ada 19 calon vaksin yang sedang dikembangkan.

  • Kemarin, China baru aja mencatat tujuh kasus positif baru yang berasal dari luar negeri.  Pemerintah China juga menyebut bahwa tidak ada kasus infeksi lokal/domestik yang baru. Adapun total kasus Covid-19 di China saat ini adalah 83.594 kasus, dengan 4.634 orang meninggal.

  • Kehidupan di Taiwan udah bener-bener balik ke kondisi normal gengs. Minggu lalu, Taiwan baru aja menggelar festival film tanpa tanpa memberlakukan kebijakan social distancing, seiring dengan makin terkendalinya penularan Covid-19 di negara tersebut. Selain itu, pertandingan baseball di kota Taichung juga turut dihadiri oleh 10.000 fans. FYI saat ini, total kasus di Taiwan adalah 451 kasus dan tujuh orang meninggal.

  • Moving on to Europe, kasus positif corona di beberapa Negara Eropa naik lagi. Jerman mencatat ada 248 kasus baru, Italia ada 188 kasus baru, dan Yunani juga mencatat 41 kasus baru.

  • Ribuan orang melakukan aksi demonstrasi di Rabin Square, Tel Aviv, Israel untuk memprotes kebijakan pemerintahan di bawah Benyamin Netanyahu yang dinilai kurang memberikan insentif ekonomi kepada warganya yang terdampak Covid-19. FYI, angka pengangguran di Israel saat ini udah mencapai 21%, dan terus mengalami peningkatan yang signifikan.

  • Untuk pertama kalinya, presiden Amerika Serikat Donald Trump tertangkap kamera pake masker gengs! Jadi pemakaian masker ini dilakukan dalam kunjungannya ke sebuah rumah sakit di Bethesda, Maryland minggu lalu. Ketika dikonfirmasi terkait keputusannya untuk pake masker itu, Trump bilang yha namanya juga kunjungan ke rumah sakit, jadi harus pake masker lah. OK.