Corona Updates 13 Juli 2020, Pertunjukan Drone Korea Selatan, Pemilu Ditengah Pandemic

65

Hi, it’s your weekly Covid-19 updates again…

Sumber foto: CNN.com
Yep, we’re still here. Giving you updates on what’s going on nationally and globally in the Covid-universe. Here we go.
Nationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid019 di Indonesia mencapai 75.699 kasus, 35.638 sembuh, dan 3.606 meninggal.
  • Provinsi dengan kasus Covid-19 terbanyak adalah Jawa Timur (16.140 kasus), DKI Jakarta (14.113 kasus), Sulawesi Selatan (6.800 kasus), Jawa Tengah (5.403 kasus), dan Jawa Barat (5.027 kasus).
  • Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Pak Achmad Yurianto bilang bahwa kebanyakan kasus positif yang baru-baru ini adalah kasus orang tanpa gejala (OTG).  Pasien OTG itu berarti nggak punya keluhan dan nggak sakit, jadi nggak harus dirawat di Rumah Sakit.  Meski begitu, OTG wajib karantina mandiri supaya nggak nularin virusnya ke yang lain.
  • DKI Jakarta mencatat kenaikan jumlah kasus harian tertinggi kemarin, yaitu sebanyak 404 kasus baru. Menurut Gubernur DKI Jakarta Pak Anies Baswedan, dalam seminggu terakhir ini, DKI Jakarta udah tiga kali mengalami rekor baru penambahan kasus harian, dan yang kemarin itu adalah yang tertinggi.
  • Kementerian Agama bilang bahwa mulai hari ini, madrasah-madrasah yang ada di zona hijau akan diperbolehkan untuk memulai kegiatan belajar mengajar dengan bertatap muka. Meski begitu, teteup kegiatannya harus mematuhi protokol kesehatan yang ada.
  • Rektor dan Wakil Rektor USU (Universitas Sumatera Utara) baru aja dinyatakan positif corona, setelah melakukan tes swab.  Mereka termasuk pasien tanpa gejala (OTG), dan saat ini tengah melakukan isolasi mandiri.
  • Di Tangerang Selatan, masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) untuk tahun ajaran baru 2020/2021 dilakukan secara online.  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel, Taryono, bilang bahwa MPLS wajib secara online, dan nggak boleh dilakukan secara langsung di sekolah.
  • Kemarin, Gubernur Banten Wahidin Halim memutuskan bahwa provinsinya itu bakal memperpanjang PSBB di tiga wilayah, yakni: Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan Kabupaten Tangerang. FYI, ini perpanjangan PSBB yang keenam kali di Banten dan akan berlangsung sampai 26 Juli mendatang.
  • Memasuki tahun ajaran baru 2020-2021, Bupati Banyumas Achmad Husein melarang kepala sekolah di daerahnya untuk melakukan pungutan biaya dalam bentuk apapun. Menurutnya, saat ini ekonomi rakyat juga jadi terpuruk, jadi sekolah-sekolah SD dan SMP negeri gaboleh menarik pungutan dari wali murid dalam bentuk apapun. Sedangkan untuk pungutan yang udah dilakukan, Pak Bupati memerintahkan untuk segera dibalikin dalam waktu 30 hari.
  • Meski udah nggak ditemukan kasus baru per kemarin di Pontianak, Kalimantan Barat, namun pemerintah setempat tetap mengimbau warganya supaya tetap waspada. Hasil ini juga nggak serta merta bikin pemkot setempat menurunkan status jadi zona hijau.

Aaaand internationally…..

  • Per kemarin, total kasus Covid-19 secara global adalah 12.741.287 kasus, dan yang meninggal berjumlah 565.719 orang. Adapun negara-negara dengan kasus covid 19 terbanyak adalah Amerika Serikat (3.247.782 kasus), Brazil (1.839.850 kasus), India (849.522 kasus), Russia (726.036 kasus), Peru (322.710 kasus).

  • India kembali mencatat kasus tertinggi dalam sehari, yaitu 28.637 kasus pada minggu (12/7).  Hal ini mendorong pemerintah India untuk melakukan lockdown selama 1 minggu, di wilayah Banglore.

  • Aktris Bollywood Aishwarya Rai dan anak perempuannya dinyatakan positif tertular coronavirus. Hal ini diketahui setelah sehari sebelumnya, mertua Aishwarya yang juga aktor Bollywood, Amitabh Bachan dinyatakan terinfeksi Covid-19.

  • Thailand bakal melakukan uji coba vaksin pada manusia mulai November tahun ini.  Para peneliti di Thailand sedang menyiapkan 10.000 dosis agar vaksinnya bisa digunakan pada akhir tahun depan.  So far saat ini, tengah ada 19 calon vaksin yang sedang dikembangkan.

  • Kemarin, China baru aja mencatat tujuh kasus positif baru yang berasal dari luar negeri.  Pemerintah China juga menyebut bahwa tidak ada kasus infeksi lokal/domestik yang baru. Adapun total kasus Covid-19 di China saat ini adalah 83.594 kasus, dengan 4.634 orang meninggal.

  • Kehidupan di Taiwan udah bener-bener balik ke kondisi normal gengs. Minggu lalu, Taiwan baru aja menggelar festival film tanpa tanpa memberlakukan kebijakan social distancing, seiring dengan makin terkendalinya penularan Covid-19 di negara tersebut. Selain itu, pertandingan baseball di kota Taichung juga turut dihadiri oleh 10.000 fans. FYI saat ini, total kasus di Taiwan adalah 451 kasus dan tujuh orang meninggal.

  • Moving on to Europe, kasus positif corona di beberapa Negara Eropa naik lagi. Jerman mencatat ada 248 kasus baru, Italia ada 188 kasus baru, dan Yunani juga mencatat 41 kasus baru.

  • Ribuan orang melakukan aksi demonstrasi di Rabin Square, Tel Aviv, Israel untuk memprotes kebijakan pemerintahan di bawah Benyamin Netanyahu yang dinilai kurang memberikan insentif ekonomi kepada warganya yang terdampak Covid-19. FYI, angka pengangguran di Israel saat ini udah mencapai 21%, dan terus mengalami peningkatan yang signifikan.

  • Untuk pertama kalinya, presiden Amerika Serikat Donald Trump tertangkap kamera pake masker gengs! Jadi pemakaian masker ini dilakukan dalam kunjungannya ke sebuah rumah sakit di Bethesda, Maryland minggu lalu. Ketika dikonfirmasi terkait keputusannya untuk pake masker itu, Trump bilang yha namanya juga kunjungan ke rumah sakit, jadi harus pake masker lah. OK.

Who’s just held an election during the pandemic?

sumber foto: New York Times


Singapore.
Yep, negara tetangga itu Hari Jumat kemarin baru aja menggelar pemilihan umum untuk memilih anggota dewan yang bakal duduk di parlemen.
 
I think I need some background…
You got it. Jadi dalam pemilu itu. partai pemerintah, namanya PAP, stands for People’s Action Party (bukan post a pic!) memenangkan pemilu dengan memborong 83 kursi dari total 93 kursi parlemen. Adapun 10 kursi lagi dimenangkan oleh partai oposisi, namanya Worker’s Party.
 
Go on…
Nah, FYI gengs, PAP ini adalah partainya Perdana Menteri Singapura saat ini, PM Lee Hsien Loong. PAP telah menjadi partai pemerintah sejak tahun 1959, dan merupakan partai dengan masa berkuasa terlama di dunia saat ini, jika dibandingkan dengan partai politik lain yang dipilih melalui pemilu.
 
Whoaaa…
Iya gitu. Nah, meski menang, namun pada pemilu kali ini, dukungan terhadap PAP menurun. Hasil pemilu menunjukkan bahwa popular vote-nya PAP turun hingga 61,2%, dari pemilu sebelumnya lima tahun lalu yakni 70%.
Terus-terus…
Pada pemilu kali ini, voters turnout aka pemilih yang menggunakan hak pilihnya adalah 96%. Dan secara lagi pandemi, para pemilih ini juga wajib melakukan protokol kesehatan pas lagi mau nyoblos, kayak wajib social distancing, wajib pake masker, dan pake disinfektan.
 
Olrite. Anything else?
Meski lagi pandemi, diketahui bahwa sejak Bulan Februari lalu, ada 45 negara yang lanjut terus dalam menggelar pemilunya, dan ada 67 negara yang memilih untuk menunda pemilu. Indonesia sendiri yang tadinya mau menggelar Pilkada 2020 pada Bulan September ini kemudian memutuskan untuk mengundur pilkadanya ke akhir tahun.

When saying thank you is not enough…

sumber foto: www.inavateonthenet.net
Yep, don’t just say it, show it… (with drone).
Jadi minggu lalu, sebagai bentuk ucapan terima kasih atas kerja keras para tenaga kesehatan dalam upayanya menanggulangi virus Covid-19, pemerintah Korea Selatan meluncurkan 300 drone yang memancarkan cahaya tersinkronisasi yang berisi pesan ucapan terima kasih buat para tenaga kesehatan. Selain itu, pertunjukan drone yang berjalan 10 menit itu juga berisi pesan-pesan supaya warga tetap melakukan physical distancing, pake masker, dan selalu mencuci tangan. Nah, untuk menghindari terjadinya kerumunan, pertunjukkan drone yang dilakukan di atas sungai Han di ibu kota Seoul ini nggak disosialisasikan dari awal, jadi warga kaget gitu deh pas malem-malem tiba-tiba ada pertunjukan cahaya drone yang ciamik. Nyawww cute :3
 
Checkout the heartwarming drone videos here.

“Please scream inside your heart,”

Gitu bunyi himbauan yang disampaikan sama sebuah taman hiburan di Jepang, namanya Fuji Q-Highland kepada para pengunjungnya yang mau naik roller coaster. Taman hiburan yang baru aja dibuka lagi ini menyampaikan imbauan itu demi meminimalisir kemungkinan terjadinya penularan virus Covid-19 dari droplet yang dihasilkan dari teriakan orang.
Ini imbauan mau naik roller coaster atau pas kamu ga sengaja ketemu mantan di jalan sih?

Angel’s Stories
1. Mau berbagi cerita di sore hari selesai membaca Angel’s Stories Catch Me Up oleh A Hustler, Tangsel. Saya percaya ga ada yang namanya kebetulan bila semesta mendukung kebaikan untuk terjadi. Biasanya saya bacanya pagi di kantor, tapi hari itu sempatnya di sore hari sebelum pulang kantor. Di jalan pulang kantor, tepatnya di perempatan yang lagi lampu merah, motor saya dapat jalan kosong di sisi kiri jadi bisa nunggu lampu merahnya di depan bareng motor lainnya. Lalu tetiba ada 2 orang dewasa yang berpakaian lusuh, kotor, berantakan lewat menyebrang di depan saya. Seorang wanita dewasa yang sepertinya agak cacat, mencoba memanggil temannya seorang cowo tinggi yang menggendong anak kecil di punggungnya. Jalan si wanita ini tertinggal sampai harus terburu-buru karena si cowo ini cepet banget jalannya. Hati saya tersentuh melihat si wanita dewasa itu. Entah kenapa saya merasa harus menghampiri mereka ke jalan yang mereka tuju. Setelah lampu hijau, saya arahkan ke jalan yang mereka tuju dan menghampiri si wanita tersebut dan memberikan uang cash yang saya punya. Wanita itu cuman bingung dan berterima kasih. Saya yang berterima kasih karena telah dipertemukan dengan mereka dan belajar sesuatu yang berharga untuk dibawa pulang. Apa yang telah dibagikan oleh A hustler telah menginspirasi saya di sepanjang jalan pulang dan membagikannya kembali ke orang lain. “Jangan pernah berhenti berbuat baik” 🙂 Thanks.
-Bee, Bdg-
 
2. Belanja tanpa kantong plastik? Buat kita mudah ya pasti, udah punya stok tas belanja kan? Kebayang nggak kalau belanjanya via Ojol (gofood, gosend, grab,dst) itu gimana? Nyess banget kemarin dapat cerita dari Adik sepupu gue bahwa dia beli makanan via gofood dan abang drivernya nenteng makanannya sebelah tangan sambil ngendarain motor karena abangnya nggak punya tas belanja padahal dari tokonya nggak kasih. Terus akhirnya Adik gue ini kepikiran untuk beli beberapa foldable bag yang harganya cukup terjangkau (under 10k) tapi dengan kualitas oke dan dia bagi-bagiin gratis ke abang Ojol yang abis antar pesanan dia atau yang dia order buat anter jualan kue dia. Salut sih padahal Adik sepupu gue ini masih kuliahan dan mau nyisihin sedikit dari hasil sampingan jual kue dan makanannya buat berbagi.
-Gokiky-
3. Setelah melewati masa intern tiga bulan, akhirnya gue masuk masa probation! Dari awal gue masuk kerja (intern), kantor gue dah nerapin sistem WFH. Gue ngerasa kesulitan di situ. Nggak pernah ketemu orang, terkekang di kosan, kesulitan adaptasi membuat gue stres berbulan2 sampe fisik gue pun nggak mampu buat nanggung semua itu. Hingga pada akhirnya gue memutuskan untuk melakukan sesuatu hal yang nggak pernah gue lakukan. Ya, nelpon orang secara random! Gue coba saling cerita sama temen gue yang gue telpon. Mereka juga memiliki banyak keluhan seperti gue. Dan surprisingly gue merasa lebih baik setelah rutin ngelakuin ini. Gue sangat sangat berterima kasih sama temen-temen gue yang dah mau nyempetin waktunya buat ngobrol apapun sama gue. Mungkin di masa-masa ini emang segala sesuatu terlihat lebih sulit, jadi yuk kita berjuang sama-sama 🙂
-IA – Depok-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)