Corona Update 27 Juli 2020, Angka Penjualan Produk Unilever Meningkat

85

It’s your Covid-19 updates!

Sumber foto: aljazeera.com

This section, too, would probably be sitting here until next year. But seriously, if you had enough Covid-19 news, no worries, you can always skip this part and read it later. Because just like your kind boss, we understand…

Now let’s go, nationally…

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia adalah 98.778 kasus, 56.655 sembuh, dan 4.781 meninggal.
  • Provinsi Jawa Timur masih tertinggi kasusnya (20.256 kasus), dilanjut sama DKI Jakarta (18.741 kasus), Sulawesi Selatan (8.748 kasus), Jawa Tengah (8.336 kasus), dan Jawa Barat (5.988 kasus).
  • Ada lima provinsi yang nggak ada penambahan kasus per 26 Juli 2020, yaitu Aceh, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Utara.
  • Di Surabaya, ada 47 pedagang di Pasar Pabean yang reaktif Covid-19 setelah melakukan rapid test pada Sabtu (25/7) lalu. Rencananya, pihak pemkot akan melakukan tes di seluruh pasar tradisional yang ada di kota pahlawan itu.
  • Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menutup Pasar Sokaraja selama tiga hari, mulai hari ini karena ada lima pedagang yang positif corona.
  • Puskesmas Pangkajene, Kecamatan Maritenggae, Sulawesi Selatan ditutup sementara karena ada empat tenaga kesehatan yang positif covid-19. Hal yang sama juga terjadi pada satu puskesmas di Pamekasan, Pulau Madura ketika ditemukan lima orang perawat dan dua orang dokternya dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan tes swab.
  • Berdasarkan laporan WHO, diketahui bahwa Kasus Covid-19 di Banten telah berhasil turun 50 persen dalam waktu tiga minggu terakhir, yakni sejak 29 Juni hingga 19 Juli 2020. FYI, ada tiga wilayah di Banten yang sempat jadi daerah penyebaran Covid-19, yaitu Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Tiga daerah tersebut berbatasan langsung dengan DKI Jakarta sebagai episentrum corona.
  • Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan lagi bikin aturan gubernur (pergub) soal protokol kesehatan. Rencananya, bakal diatur bahwa pake masker adalah wajib dan kalo dilanggar, hukumannya bisa berupa denda atau hukuman lain.
  • Minggu kemarin, pemerintah lewat Menkeu Ibu Sri Mulyani dan Kemkominfo Pak Johnny G. Plate menyatakan bahwa pemerintah bakal ngasih insentif buat para pekerja dan industri media. Bantuan ini tentunya diberikan untuk membantu para pekerja yang menghadapi tekanan keuangan akibat virus corona.

Meanwhile, internationally….

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 16.076.713 kasus, dan 645.192 orang yang meninggal.
  • Negara dengan kasus Covid-19 terbanyak adalah Amerika Serikat (4.181.268 kasus), Brazil (2.394.513 kasus), India (1.385.685 kasus), Russia (811.073 kasus), dan Afrika Selatan (434.200 kasus).
  • Kemarin, Korea Utara baru aja me-lockdown satu kotanya yang berbatasan dengan Korea Selatan, namanya Kaesong, karena ada satu orang yang diduga terinfeksi virus Covid-19. Menurut kantor berita pemerintah KCNA, orang ini abis kabur ke Korea Selatan dan balik lagi ke Korut secara ilegal. FYI gengs, kalo orang ini beneran kena Covid-19, maka ini bakal jadi kasus pertama di Korut.
  • Vietnam kembali melaporkan dua kasus baru, setelah nggak mengalami penambahan kasus selama tiga bulan. Adapun kasus positif yang ditemukan adalah transmisi lokal, di provinsi Quang Ngai dan Da Nang City.  FYI, hingga saat ini total kasus Covid-19 di Vietnam jadi 420 kasus, tanpa kematian.
  • Pemerintah UK memutuskan aturan bagi wisatawan UK yang balik dari Spanyol untuk melakukan karantina mandiri selama dua minggu.
  • Perdana Menteri India Narendra Modi kemarin baru aja ngingetin warganya untuk super hati-hati seiring dengan jumlah kasus Covid-19 positif di negaranya yang udah hampir mencapai 1,4 juta kasus. FYI, dalam 24 jam terakhir, India juga mengalami penambahan kasus hingga mencapai 50.000.
  • Perusahaan vaksin asal Amerika Serikat, Moderna menyatakan bahwa pihaknya baru aja menerima dana bantuan sebesar US$472 juta dari pemerintah Amerika Serikat untuk menjalankan penelitiannya. Moderna bilang, dana ini bakal dipake untuk melakukan pengetesan tahap III yang merupakan tahap akhir dan akan dilakukan dengan jumlah sample yang lebih besar daripada tahap satu dan dua.
  • Taiwan baru aja memulai lagi layanan wisata kapal pesiarnya setelah sempat di-stop sejak pertengahan Bulan Maret lalu. Langkah ini diambil setelah saat ini, Taiwan cuma punya 11 kasus covid-19 dan nggak ada satupun kasus yang merupakan transmisi lokal.

What’s changed so much during the pandemics?

Sumber foto: Food Network

In addition to my plan? EVERYTHING.
Yep, but also…your consumption.
 
Eh?
Yuhuuu jadi ada yang menarik nih gengs soal pola konsumsi kamu yang berubah di masa pandemi ini. Jadi dalam data terbaru yang dirilis perusahaan Unilever US, ditemukan less and less people are buying deodorant.
 
Hah?
Iya, jadi dari data Unilever, yang punya brand deodoran Dove dan Axe, diketahui bahwa angka penjualan produk deodoran berkurang drastis sepanjang pandemi. Secara, orang pada nggak keluar rumah kan.
 
Whoaaa go on…
Nggak cuma penjualan deodoran yang berkurang gengs, namun penjualan produk-produk personal care lainnya kayak sampo dan skin care juga berkurang banget.
 
LULS. 
Yhaa meski begitu, ada juga nih produk bersih-bersih yang penjualannya naik, yaitu produk untuk bersih-bersih rumah. Hal ini karena, banyak warga yang berusaha bikin rumahnya lebih higienis demi mencegah penyebaran virus Covid-19. Selain itu, data penjualan Unilever juga menunjukkan bahwa orang jadi lebih sering mencuci bajunya aka do the laundry.
 
I see…
Nah, meanwhile nih gengs, angka penjualan es krim (Unilever juga pemilik brand es krim Magnum dan Ben and Jerry’s) justru meningkat. Menurut CEO Unilever Alan Jope, hal ini karena es krim jadi pilihan dessert buat orang-orang yang memilih untuk #dirumahaja. Adapun angka peningkatan penjualannya mencapai 26% antara April sampai Juni.

For when you want to start your week with a love story…

Sumber foto: CNN International
Meet, Robert and Jenice.
Siap-siap untuk tersentuh sama kisah cinta gengs. Jadi Robert dan Janice ini adalah pasangan asal Texas, Amerika Serikat yang bermula dari high school sweethearts dan sekarang udah menikah selama 45 tahun. Nah, sepanjang hubungan keduanya, Robert dan Janice berhasil sama-sama sembuh dari Covid-19, kanker, dan menjalani perawatan kemoterapi sampe selesai. Jadi awalnya, Robert udah pernah kena stroke di tahun 2012 dan 2016. Terus ga lama kemudian, Janice didiagnosa menderita kanker payudara dan harus dioperasi. Ketika pandemi Covid-19 muncul, keduanya juga dinyatakan positif, sehingga harus menjalani isolasi hingga dinyatakan sembuh. Totalnya, keduanya udah melewati stroke, kanker, Covid-19, perawatan kemoterapi, all of which, together.
 
Phewww bener-bener “in health and sick” ya…

“Surprise 🤗Tonight at midnight I’ll be releasing my entire brand new album of songs I’ve poured all of my whims, dreams, fears, and musings into. I wrote and recorded this music in isolation but got to collaborate with some musical heroes of mine.”

Demikian isi caption di Instagramnya Taylor Swift pada weekend kemarin ketika mengumumkan album kedelapannya, Folklore. Ga lama kemudian Taylor nge-share seluruh album yang berisi 16 lagu, dan video clip dari single pertamanya yang berjudul “Cardigan”.
 
One album, 16 songs, 1 video clip, all while we’re spending quarantine watching Netflix?

Angel’s stories

1. Hal pertama yang aku lakukan setelah bangun tidur adalah minum air putih, baca Catch Me Up, sambil nyetel affirmation atau meditation music. The Angel’s Stories selalu bikin mata menggenang. Banyak sekali kebaikan di dunia ini, jadi termotivasi untuk berbuat satu kebaikan setiap hari. Makasih ya untuk semua Angels buat cerita inspiratif kalian dan buat team Catch Me Up sudah mengakomodir sehingga cerita-ceritanya bisa sampai ke semua pembaca. I love how it makes me feel calm, confident and positive to start my day.
-Saralita-
2. Jadi hari Sabtu pulang kerja, temen aku ngabarin bahwa dia akan operasi Senin pagi. Aku kaget dong. Operasi tulang punggung. Jadi aku tetap kontakan ama dia untuk berusaha nyemangatin. Senin pas habis pulang kerja aku ke RS tempat dia dirawat, aku ketemu bapak-bapak. Dia gak bisa naik busway karena gak punya kartu. Aku yang waktu itu baru turun dan mau lihat HP karena buta arah, awalnya gak begitu merhatiin. Tapi ternyata setelah lihat map, bapaknya belum masuk juga, dan mukanya bingung banget. Akhirnya aku bantu pakai kartu aku. Next, nyampe RS aku ketemu temen aku. Ngobrolin beberapa hal dan saling ngingetin buat jaga kesehatan. Buat kamu, semangat ya, cepet sembuh, semoga kita bisa jalan-jalan lagi. Buat bapak semoga sampai tempat tujuan dengan aman ya. Buat kalian yang baca ini, jangan lupa jaga kesehatan! Jangan lupa juga ajak keluarga dan temen buat hidup sehat dan lebih baik.
-suduthening-
3. Di luar sana banyak banget source yang kasi tau CV itu gimana yang oke. Desain CV yang bagus, sampai ke template CV, kita tinggal edit dan isi sesuai pengalaman kita.Berapa banyak? Ratusaaannn… Lebiihhh…Taaappiii, kenapa masih banyak banget CV yang sama sekali ga menjual potensi diri si kandidatnya? Sampai dia bingung sendiri kok ga dipanggil-panggil padahal udah banyak banget CV ditebar, tapi ga satupun sesi interview didapatkan. Desain CV mentereng, tapi kontennya, B aja. Ya karena kebanyakan fokus di tampilan luar CV aja. Aku bukan jagoan banget dalam per-CV-an. Aku juga masih cari peluang kerja sampai sekarang (yes, don’t be surprised. Oh, and if you have People Development job vacancy, do let know *wink). Aku bukan recruiter, aku bukan lulusan Psikologi. Tapi aku beberapa kali screening CV, panggil kandidat based on their CVs, buat janji untuk interview, melakukan assessment baik untuk new hire atau new promotion, dan ikut mengambil keputusan dalam seleksi penerimaan karyawan. Jadi, posisi aku saat ini ada di tengah antara job seekers dan recruiters. Justru di kondisi serba baru gini, lebih bikin aku memihak ke Job Seekers sih.. Dengan sekelumit pengalaman pre-recruit-an-ku, aku akhirnya buat satu media yang sharing perspective-ku (perlu di garis bawahin nih, ini perspective-ku ya..) soal gimana aku menyeleksi karyawan dan apa aja sih yang sebenernya kami (para recruiters) lihat dari para kandidat. Aku juga buat kelas WA Group gratis on how you can maximize your CV. Hasilnya, ada yang ngabarin udah dipanggil untuk psikotest Jumat ini. Ada yang ngabarin email lamarannya berbalas undangan interview. Ada yang bilang, “Ko kami ga tau ini semasa kuliah ya..” (yaeyaaalaaahhh). Ada yang (InshaAllah) lagi nunggu offering letter setelah interview sama user. Dan aku gimana? Masih di sini. Huehehehehehe.. But I am very grateful and happy for them. Sering kan aku denger, “Bisanya orang yang lagi susah justru lebih mau bantu yang susah juga karena bisa sama-sama merasakan.” Yes, I couldn’t agree moreNow I am in that posisition. Udah ya curhatnya.. Semoga hari ini kalian semua terima kabar baik dari yang paling kalian harapkan (Amin paling kenceng). Oh hampir lupa. Media yang tadi aku maksud adalah akun IG @rumah.kreARVY dan aku juga ada di Maukerja Indonesia ya… See you on those two platforms, fellas.
-Devy Sofia. @rumah.kreARVY-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)
Catch Me Up! Recommendations
New to skin care game? Still does not know where to start? Well, here’s your comprehensive guide.