BMKG Prediksi Kemarau Indonesia

24

For when it’s been so hot lately…

Sumber foto: Beritagar.id
Yep, begitulah gengs, karena menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika aka BMKG, kita udah memasuki musim kemarau.
 
What?
Yep, dalam keterangannya kemarin, BMKG menyebut bahwa sebagian besar wilayah Indonesia udah memasuki musim kemarau. Yhaa intinya sampe akhir Juni kemarin, udah 64% wilayah Indonesia yang udah nyanyi “hareudang, hareudang, hareudang, panas, panas, panas….”
 
…..
Meanwhile, masih ada sekitar 35% daerah yang mengalami musim penghujan, salah satunya adalah wilayah Lawu Utara di Sulawesi Selatan yang baru aja dilanda banjir bandang pada minggu kemarin.
 
I see…kok bisa beda kayak gini?
Yha menurut BMKG sih karena emang pola cuaca dan iklim kita yang memang beragam. Jadi misalnya, untuk wilayah di sebelah selatan ekuator, kayak Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara itu udah masuk musim kemarau, sedangkan daerah Papua, Maluku, dan beberapa wilayah di Sulawesi masih mengalami musim hujan.
 
OK…anything else?
Nah menurut prediksinya BMKG, puncak musim kemarau ini bakal terjadi pada Bulan Agustus mendatang, karenanya, masyarakat diminta perlu mewaspadai terjadinya kekeringan dan kebakaran hutan.