Angka PHK Terus Meningkat

25

What’s climbing higher than your social status?

Sumber foto: cnnindonesia.com
The unemployment rate.
Yep, angka pengangguran tanah air naik terus nih gengs. Angka terakhir dari Kementerian Ketenagakerjaan per 27 Mei lalu menunjukkan bahwa jumlah pekerja yang mengalami PHK udah tembus 3,06 juta orang.
 
What?
Iya, jadi rinciannya, tenaga kerja yang kena masalah PHK dan dirumahkan ini terbagi ke dalam beberapa kategori. Pertama, pekerja formal yang dirumahkan, itu jumlahnya ada 1.085.284 orang. Kedua, pekerja formal yang terkena PHK, jumlahnya ada 380.221 orang.
 
Terus kalo pekerja informal?
Nah, kalo pekerja informal yang terdampak corona, jumlahnya ada 318.959. Terus lagi untuk pekerja formal dan informal yang terdampak adalah sebanyak 1.757.464 orang. Terus juga ada calon pekerja migran Indonesia yang batal kerja sebanyak 34.179 orang, pemulangan magang sebanyak 465 orang, dan untuk data yang belum lengkap ada sebanyak 1.274.459.
 
That’s a lot…
Agree. Terkait data ini, Menakertrans Ibu Ida Fauziah bilang bahwa gara-gara pandemi ini, angka pengangguran diperkirakan bertambah dari 3 persen sampe 5 persen. Nah, hal ini tentunya jadi tantangan besar buat pemerintah.
 
Terus pemerintah mau ngapain?
Yha kerja-kerja-kerja donk. Kata Bu Ida, kementeriannya bakal mendorong peningkatan kewirausahaan, demi memperluas kesempatan kerja di dalam negeri.
 
Details, please…
Well, Bu Ida bilang, mulai tahun depan, pemerintah bakal melaksanakan program kewirausahaan yang terintegrasi dan berkelanjutan sehingga bisa secara efektif membentuk wirausaha-wirausaha baru dan meningkatkan wirausaha rintisan sehingga lebih produktif.
 
I see. Anything else?

Selain Bu Ida, Menteri Bappenas Suharso Monoarfa juga memprediksi bahwa jumlah pengangguran bisa nyampe 10,7 juta sampai 12,7 juta orang pada 2021. Pak Suharso bilang, proyeksi jumlah pengangguran itu bikin tingkat pengangguran terbuka (TPT) bakal mencapai kisaran 7,7 persen sampai 9,1 persen pada tahun depan.